Ada pepatah yang mengatakan bahwa perempuan akan menjadi ratu jika bersama orang yang tepat, begitu pula dengan lelaki. Karena sebenarnya seberapapun besar cinta yang dimiliki, namun jika tak bisa menghargaimu dengan benar, maka ia pun tak bisa memualiakan dirimu sebagai pasangannya.

Lalu, bagaimanakah kriteria menghargai pasangan yang baik itu? Untuk itu, Popbela akan membahas beberapa ciri di antaranya di bawah ini. Jika pasanganmu melakukannya, maka itu berarti dia tahu bagaimana cara menghargai dirimu dengan baik dan benar. Yuk, simak!

1. Tidak meremehkan pendapat atau masukan darimu sekecil apa pun itu

Tahu Batasan, Ini 5 Tanda Pasangan Menghargaimu dengan BaikUnsplash.com/Taylor Hernandez

Seorang pasangan terlihat sekali sangat menghargaimu ketika ia tidak meremehkan pendapat atau masukan darimu sekecil apa pun itu. Jadi, ketika diskusi atau ngobrol tentang sesuatu, obrolan kalian berjalan dengan sehat dan baik karena bisa saling menghargai. Lagi pula, dibanding meremehkan pendapatmu, ia justru senang kamu mau diajak tukar pikiran dengannya. Pasangan yang seperti ini layak untuk kamu pertahankan.

2. Berteman dengan lawan jenis, tapi tetap dengan batasan

Tahu Batasan, Ini 5 Tanda Pasangan Menghargaimu dengan BaikUnsplash.com/Felix Rostig

Teman-temannya boleh saja lawan jenis atau bahkan menyukainya, akan tetapi dia tahu batasan wajar dalam berteman dan itu karena ia sayang dan menghargaimu sebagai pasangannya. Dia berusaha untuk tidak mengkhianati kepercayaanmu padanya dalam menjalin hubungan pertemanan.

3. Tidak merasa berhak mengatur hidupmu dengan menggunakan statusnya sebagai pasangan

Tahu Batasan, Ini 5 Tanda Pasangan Menghargaimu dengan BaikUnsplash.com/Amanda Sixmith

Dia tahu batasannya sebagai seorang pasangan dan paham bahwa meskipun berpacaran, namun kamu tetap berhak atas hidupmu sendiri. Karena tak dapat dipungkiri kalau ada sebagian orang yang sok ngatur hidup pasangannya saat berhubungan, kan.

4. Memberi afeksi sayang yang sewajarnya karena menghargaimu dan menjaga kepercayaan orangtua

Tahu Batasan, Ini 5 Tanda Pasangan Menghargaimu dengan BaikUnsplash.com/Jakob Owens

Dia tahu kalau kesucianmu harus dia jaga jika kalian belum menikah. Sehingga saat menunjukkan rasa sayangnya padamu pun ia sampaikan dari pelukan hangatnya, cium pipi, atau bentuk afeksi sayang lainnya yang masih tergolong wajar.

5. Marah dan emosinya tidak keterlaluan karena nggak mau menyakiti perasaanmu

Tahu Batasan, Ini 5 Tanda Pasangan Menghargaimu dengan BaikUnsplash.com/Milan Popovic

Ia rela menahan diri dan mengontrol emosinya sendiri supaya tidak berakhir melukai hatimu. Yang mana itu artinya dirimu sangatlah berharga baginya, sehingga semarah apa pun dia ia tetap ingat bahwa dirimu menang pantas dihargai, status sebagai pasangan tak lantas membuatnya besar kepala.

Tak cuma sekadar kata, kalau pasanganmu memiliki ciri tadi maka jelas ia pun tahu bagaimana caranya menghargai dirimu dengan baik. Yang mana ia tahu batasannya sebagai pasangan.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Tahu Batas, Ini 5 Ciri Pasangan yang Benar Menghargaimu dengan Baik"

Baca Juga: Senangnya! Ini 5 Tanda Pasangan Tergila-gila dan Selalu Rindu padamu

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Perempuan Berkualitas yang Jadi Idaman Laki-Laki

Baca Juga: Ini 6 Pertanda Bahwa Si Dia Tak Akan Pernah Menikahi Kamu