5 Kriteria Penting Saat Mencari Pasangan Hidup

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan Hidup

Supaya pernikahanmu berjalan langgeng dan harmoni

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan Hidup

Pernikahan adalah hubungan yang lebih serius tingkatannya dibanding pacaran. Kamu dan pasangan akan saling memegang komitmen dan menjalani kehidupan rumah tangga bersama. Hidup bersama dalam waktu lama, tentu kamu nggak mau kalau sampai salah pilih pasangan, kan? 

Itulah kenapa demi mendapatkan pasangan yang tepat, kamu harus menetapkan standar atau kriteria pasangan hidup yang kamu cari. Nggak perlu standar yang terlalu tinggi, tapi pastikan dia bertanggung jawab atas hidupnya dan nggak neko-neko. Lima di antaranya bisa kamu simak dalam pembahasan berikut ini. 

1. Mencintaimu karena pribadimu

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan HidupPexels.com/Josh Willink

Wajar bila seseorang awalnya tertarik pada penampilan atau hal lainnya, tapi pastikan bahwa kamu memilih pasangan hidup yang mencintai pribadimu. Ini merupakan standar dasar yang perlu dimiliki supaya menikah dengan bahagia nantinya. 

Karena kecantikan dan ketampanan bakal memudar seiring bertambahnya usia, akan tetapi ketika dia mencintai pribadimu cintanya tak akan pudar meski kamu tua nanti. Karena saat menikah yang kita hadapi adalah kepribadian pasangan, penampilan fisik atau kesuksesan karier nggak bisa mempertahankan perasaan cinta. 

2. Bisa diajak deep talk dan mau belajar memahami

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan HidupPexels.com/Andre Furtado

Hal selanjutnya yang harus kamu tetapkan pada saat mencari pasangan hidup ialah pastikan dia merupakan orang yang bisa diajak deep talk. Bukan hanya sebagai pendengar yang baik saja, akan tetapi dia yang mau belajar memahami dirimu. 

Karena komunikasi tidak akan cukup jika tidak dibarengi dengan pengertian dan pemahaman. Dan hal ini sangatlah penting dalam pernikahan karena dialah yang akan menjadi partner hidupmu untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan kelak. 

3. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan keluarganya

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan HidupPexels.com/Asad Photo Maldives

Standar ketiga yang harus kamu tetapkan saat mencari pasangan hidup ialah pastikan dia tipe orang yang bertanggung jawab. Maksudnya bertanggung jawab di sini, yaitu dia bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan juga keluarganya. 

Dia bertanggung jawab atas setiap sikap dan perkataannya, hal-hal di dalam pekerjaan pun tidak pernah ia abaikan. Selain itu, ia juga harus bisa bertanggung jawab terhadap keluarga, misalnya membantu merawat orangtua yang sudah tua, atau membantu menyekolahkan adiknya hingga lulus dari pendidikan yang layak. Dari sini kamu bisa lihat bahwa dia akan bertanggung jawab ketika menikah denganmu kelak. 

4. Family oriented

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan HidupPexels.com/Vera Arsic

Standar keempat yang juga nggak kalah penting saat mencari pasangan hidup ialah pastikan kamu memilih tipe pasangan family oriented. Di mana dia tahu bagaimana menentukan prioritas hidupnya dan tetap mengutamakan keluarga. 

Tipe pasangan yang seperti ini biasanya nggak neko-neko kalau menjalin hubungan. Selain itu ia juga akan menyayangi keluargamu karena dia tahu betapa pentingnya peran keluarga di dalam hidup kita. Pokoknya idaman banget untuk dijadikan pasangan hidup. 

5. Punya prinsip yang benar dalam menjalani hidup

5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan HidupPexels.com/Min An

Kalau mau mencari pasangan hidup yang baik untuk dirimu, maka pastikan kamu menetapkan standar yang keempat ini, yaitu dia harus punya prinsip yang benar dalam menjalani hidup. Cari tahu apakah prinsip hidupnya sejalan denganmu atau tidak. 

Melalui prinsip hidup yang dia pegang, kamu bisa melihat apakah dia punya pola pikir yang lurus dan benar. Karena kalau pola pikirnya dan prinsipnya salah, bisa-bisa kamu malah diajak ke jalan yang sesat ketika menikah dengannya nanti. Pokoknya pastikan dia nggak neko-neko dalam menjalani hidupnya. 

Jangan pernah menurunkan standarmu hanya demi lebih mudah mendapatkan pasangan hidup, karena kamu memang harus mencari dan memilih pasangan hidup terbaik. Setidaknya harus memenuhi lima standar tadi supaya pernikahanmu langgeng dan harmonis. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Kriteria yang Perlu Kamu Tetapkan dalam Pencarian Pasangan Hidup"

Baca Juga: 7 Tahapan Penting untuk Menemukan Pasangan Hidup yang Tepat

Baca Juga: 5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu Penting

Baca Juga: Kelebihan Cowok Introvert Sehingga Layak Dijadikan Pasangan Hidup

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

Support System Terbaik Artinya Apa? Ini Cara Memperkuat Ikatannya

Support System Terbaik Artinya Apa? Ini Cara Memperkuat Ikatannya

trending

Trending

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

20 Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar, Dilirik HRD!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Dating

Dongyun ‘DRIPPIN’ Dirumorkan Berpacaran dengan Sasaeng, Ini Buktinya

Dongyun ‘DRIPPIN’ Dirumorkan Berpacaran dengan Sasaeng, Ini Buktinya