Dari banyaknya macam tipe pasangan di dunia ini, tipe pasangan parasit adalah salah satu yang harus kamu hindari. Kenapa? Pasangan parasit itu membawa banyak pengaruh buruk, terlebih lagi jika berhubungan dengannya cuma bakal menambah bebanmu saja. Mulai dari sifatnya yang total bergantung pada pasangan, hingga sikap lengketnya yang membuatmu jadi nggak bebas dan terus dibebani dia.

Pokoknya jangan mau jika diikat oleh pasangan parasit, terutama jika dia memiliki lima ciri di bawah ini. Sebab hubungan itu seharusnya memberi rasa nyaman dan meringankan hidup, bukan malah semakin membuatmu terbebani dan susah. Segera putusin kalau pasanganmu seperti ini! 

1. Bergantung penuh padamu termasuk kebutuhan finansial hidupnya

5 Ciri Pasangan Parasit, Cuma Jadi Beban Hidup!Pexels.com/Mikhail Nilov

Ciri pasangan parasit yang harus kamu putusin ialah pasangan yang sejak awal hubungan sudah bergantung penuh padamu, bahkan termasuk perihal kebutuhan finansial hidupnya sendiri. Seperti meminta setengah penghasilanmu setiap bulannya untuk kebutuhannya, memintamu membayar biaya pendidikannya, atau hal-hal lainnya yang menguras isi dompetmu.

Kelihatan banget parasitnya dari bagaimana dia dengan enteng membebanimu dengan kebutuhan hidupnya. Bukannya bahagia, berhubungan dengan tipe pasangan seperti ini hanya akan membuatmu mengurus hidupnya, padahal dirimu pun memiliki kebutuhan hidup sendiri. 

2. Kamu yang selalu menanggung biaya kencan sendirian

5 Ciri Pasangan Parasit, Cuma Jadi Beban Hidup!eLoveDates

Membagi biaya kencan secara seimbang dengan pasangan merupakan hal yang biasa dilakukan. Tujuannya adalah supaya tidak membebani salah satu pihak saja. Jadi kalau kamu sendiri yang selalu menanggung biaya kencan kalian tanpa ada kesepakatan sebelumnya, itu juga ciri yang ditunjukkan tipe pasangan parasit.

Sebab jadinya memberatkanmu, bahkan penghasilanmu selama sebulan bisa-bisa habis kalau terus bersama pasangan seperti ini.

3. Menuntutmu untuk mengurus orangtua dan keluarganya

5 Ciri Pasangan Parasit, Cuma Jadi Beban Hidup!Pexels.com/Nicole Michalou

Ciri yang ketiga ini bisa dibilang cukup keterlaluan, di mana tipe pasangan parasit tidak hanya ingin dirinya diurus olehmu akan tetapi dia pun juga menuntutmu untuk mengurus orangtua dan keluarganya. Dia menyembunyikan sisi parasitnya di balik alasan cinta, bahwa kalau kamu mencintainya seharusnya tak keberatan untuk mengurus keluarganya.

Kamu harus benar-benar sadar di sini, jangan mau dimanipulasi olehnya untuk mengabdikan dirimu untuk tipe pasangan parasit seperti ini. Menunjukkan kepedulian pada keluarga pasangan tentu harus, akan tetapi bukan berarti kamu bertanggung jawab penuh atas mereka. 

4. Memonopoli dirimu dan hal-hal yang kamu miliki untuk dirinya sendiri

5 Ciri Pasangan Parasit, Cuma Jadi Beban Hidup!Pexels.com/Rodnae Productions

Ciri pasangan parasit yang keempat ialah dirinya yang memonopoli dirimu untuk dirinya sendiri. Bergantung dan mengandalkanmu untuk banyak hal, dan tak puas dengan itu dia pun juga menguasai hal-hal yang kamu miliki untuk dirinya sendiri.

Entah itu kendaraan yang kamu miliki, rekening tabungan, barang-barang mewah yang biasa kamu pakai, atau bahkan ponselmu. Pokoknya dengan alasan statusnya sebagai pasanganmu dia jadi besar kepala dan merasa berhak atas semua hal yang kamu miliki. 

5. Cemburu buta jika kamu dekat dengan orang lain dan sangat mengekang

5 Ciri Pasangan Parasit, Cuma Jadi Beban Hidup!clickrelationships.org

Terakhir, tipe pasangan parasit bisa kamu lihat dari ciri yang satu ini, yaitu dirinya yang selalu cemburu buta jika kamu dekat dengan orang lain. Mungkin karena dirinya yang sudah terlanjur nyaman untuk bergantung padamu, jadinya takut jika kamu dekat dengan orang lain dan direbut.

Makanya cemburu buta ini juga bakal diikuti dengan sikap mengekang yang pada akhirnya tidak hanya dirimu yang dia batasi, namun kebebasan hidupmu pun bakal ia rebut. Pokoknya kamu itu miliknya karena hanya dengan bergantung padamulah dia bisa hidup, namanya juga parasit, kan. 

Segera putusin kalau pasanganmu adalah tipe parasit dengan beberapa ciri tadi. Tidak ada manfaatnya untuk terus bersamanya, bahkan hanya akan menambah beban hidup dan menyusahkanmu saja. Imbangilah cintamu dengan logika, ya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "Membebani Hidup, 5 Ciri Pasangan Parasit Ini Wajib Kamu Putusin"

Baca Juga: Walau Tak Selingkuh, Ini 5 Tanda Pasangan Mulai Nggak Setia

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Tentang Toxic Relationship

Baca Juga: 7 Hal Keren yang Terjadi Ketika Kamu Berhasil Menerapkan Self-Love