Banyak orang menjadikan harta, penampilan, atau bahkan status sosial sebagai alasan memilih pasangan. Padahal, sebenarnya ada yang lebih penting dari itu. Kamu harus tahu betapa pentingnya untuk memilih pasangan, apalagi pasangan hidup dari karakter dan sifat-sifat yang ia miliki. Sebab, ini baik untukmu dan juga hubunganmu. Simak 5 alasan pentingnya memilih pasangan hidup dari karakter dan sifatnya berikut ini agar kamu lebih memahami, ya!

1. Kamu nggak mudah bosan

5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu PentingPixabay.com/Pexels

Alasan yang pertama ialah kamu nggak akan mudah bosan, kenapa begitu? Karena kalau memilih berdasarkan karakter dan sifat yang dia miliki, maka artinya kamu cocok dengan kepribadiannya. Selain itu, kamu juga merasa nyaman dan bisa menjadi diri sendiri karena tidak ada perasaan tertekan ketika berhadapan denganya. Karakter seseorang juga nggak gampang berubah, berbeda dengan harta ataupun status sosial yang tak bisa dijamin bertahan lama.

2. Tak banyak konflik

5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu PentingPixabay.com/Mircea Iancu

Kalau sudah cocok dengan orang secara karakter, maka hubungan pun akan terasa menyenangkan dan minim konflik. Memiliki pasangan hidup seperti ini akan menyenangkan untuk kehidupan pernikahanmu. Harta bisa dicari, tapi sifat seseorang yang cocok dengan kita itu yang sulit ditemukan.

3. Saling memahami

5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu PentingPixabay.com/Tú Anh

Banyak sekali orang yang memiliki harapan khusus saat memilih pasangan hidup, dan ketika keinginan itu tidak terkabul, maka hanya kekecewaan yang tersisa. Maka dari itu, kamu coba hindari hal itu ya. Pilih dan carilah pasangan hidup yang memang pribadinya cocok denganmu, bukan karena ada suatu hal yang kamu inginkan darinya. Sebab, hubungan di dalam pernikahan itu akan sangat baik jika didasari oleh perasaan saling memahami.

4. Selalu ada alasan untuk bertahan

5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu PentingPixabay.com/StockSnap

Yang mencintai dan memilih karena fisik akan bosan dan pergi jika fisik itu tak lagi bagus di matanya. Yang memilih karena harta juga akan pergi saat dia berada di titik rendah. Jadi yang paling tulus dan kuat bertahan adalah jika kamu memilihnya berdasarkan karakter. Yang mana komunikasi dan kedekatan sifat membuatmu punya banyak alasan untuk bertahan dengannya di saat situasi sulit. Bukankah pernikahan adalah komitmen untuk tetap bersama di kala suka maupun duka?

5. Kamu akan merasa nyaman bersamanya

5 Alasan Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya Itu PentingPixabay.com/S. Hermann & F. Richter

Alasan terakhir, yaitu kenyamanan bersamanya adalah yang terpenting. Karena kalau sudah nyaman, hati pun akan sulit untuk pindah. Hari-hari yang kamu jalani bersamanya juga akan terasa ringan dan berarti karena perasaan saling nyaman itu. 

Itulah tadi beberapa alasan betapa pentingnya untuk memilih pasangan hidup dari karakter dan sifat yang dimilikinya. Ingatlah hal ini dan jangan sampai salah pilih ya, Bela.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Pentingnya Memilih Pasangan Hidup dari Karakter & Sifatnya"

Baca Juga: Nggak Usah Pakai Kode, Ini Cara Ajak Pasangan untuk Menikahimu