Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain? Simak 7 Tipsnya Ini

Yuk, praktikkan dalam kehidupan sehari-sehari!

Bagaimana Cara Menghargai Orang Lain? Simak 7 Tipsnya Ini

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Sebagai makhluk sosial, kita akan selalu membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu, kita perlu menjaga hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita. Ini dimulai dari memahami bagaimana cara menghargai orang lain dengan baik. Dengan menghargai orang lain, kita pun mampu menciptakan rasa percaya dan memupuk rasa aman dalam suatu hubungan.

Bagaimana cara menghargai orang lain?

Menghargai orang lain nggak cuma berarti sikap kepedulian antar sesama saja, Bela, tetapi ini juga menandakan bahwa kamu memiliki kerendahan hati dan nggak bersikap egois. Nah, berikut Popbela telah merangkum 7 cara menghargai orang lain yang dikutip dari laman Happier Human berikut ini. Keep scrolling!

1. Jadilah pendengar yang baik

Cara menghargai orang lain yang pertama adalah belajar menjadi pendengar yang baik. Ini berarti kamu perlu berlatih mendengarkan secara aktif, di mana kamu secara utuh hadir dalam setiap percakapanmu dengan orang lain.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berlatih mendengarkan secara aktif, di antaranya melihat mata orang lain yang sedang bercerita dan memberikan beberapa pertanyaan sebagai bentuk kamu benar-benar menyimak ucapannya.

Penting untuk dicatat bahwa ketika mendengarkan secara aktif, hindari memotong pembicaraan lawan bicaramu, Bela. Apabila kamu memotong ucapannya, itu berarti kamu nggak menghargai apa yang lawan bicaramu katakan. 

2. Berusahalah untuk memahami orang lain

Belajar memahami orang lain mungkin jadi cara menghargai orang lain selanjutnya yang cukup menantang. Ini karena, memahami orang lain berarti membiarkan orang lain memiliki sudut pandang maupun pendapat yang bersebrangan dengan kita. Terutama di zaman sekarang, perbedaan terkadang malah menciptakan perdebatan nggak sehat, hingga memunculkan rasa kebencian.

Padahal, perbedaan akan memperkaya sudut pandang kita. Nggak berarti kamu harus menyetujui pendapat orang lain yang nggak sesuai dengan opini pribadi kamu kok, Bela. Hanya saja, kamu bisa memperkaya wawasanmu tentang latar belakang di balik tindakan dan pemikiran orang lain yang berbeda denganmu.

3. Meminta maaf ketika berbuat kesalahan

Di zaman sekarang, mungkin kamu sering mendapati banyak orang yang malah marah ketika ia berbuat kesalahan kepada orang lain, dibandingkan meminta maaf. Ini nggak cuma menunjukkan arogansi saja, tapi juga menunjukkan perilaku ketidakmampuan menghargai orang lain dengan baik.

Kalau kamu berbuat kesalahan, entah pada keluarga, teman, hingga orang yang nggak kamu kenal sekalipun, akui kesalahanmu lalu minta maaflah dengan tulus. Ini akan menunjukkan betapa kamu memiliki empati dan kerendahan hati.

Cara ini pula lah yang akan membantumu punya hubungan yang harmonis dengan siapa pun, Bela.

4. Bersikap sopan

Sejak kita kecil, orangtua hingga guru di sekolah selalu mengajarkan nilai-nilai kesopanan kepada kita. Dimulai dari membiasakan diri mengucap salam, hingga selalu bertutur kata yang baik.

Namun sayangnya, di zaman sekarang banyak orang yang kehilangan sopan santunnya. Di dunia maya, banyak yang dengan mudahnya mencaci dibalik akun palsu. Sedangkan di dunia nyata, banyak yang bersikap arogan dan dengan mudahnya berkata kasar.

Jika kamu mau tahu bagaimana cara menghargai orang lain, maka kamu harus selalu bersikap sopan dan santun kepada orang lain.

5. Selalu ucapkan terima kasih

Cara menghargai orang lain selanjutnya adalah mengucapkan terima kasih atas apa yang orang lain lakukan terhadapmu. 'Terima kasih' sendiri merupakan satu dari 3 kata ajaib atau magic words, selain 'tolong' dan 'maaf', yang mampu memberikan dampak positif di dalam sebuah hubungan. Selalu pastikan bahwa kamu mengucapkan 'terima kasih' dengan tulus, ya. 

Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa orang-orang yang dihargai oleh pasangannya merasakan lebih banyak kepuasan dalam hubungan dan cenderung untuk tetap bersama pasangannya.

6. Berikan dukungan kepada orang lain

Kita semua tentu akan saling membutuhkan satu sama lain. Maka dari itu, cara menghargai orang lain selanjutnya adalah dengan memberikan dukungan atau bantuan, baik berupa dukungan fisik maupun emosional. Dengan menawarkan dukungan, kamu menunjukkan kepedulianmu terhadap orang lain.

7. Selalu tepati janjimu

Siapa sih yang nggak sebal jika orang lain nggak menepati janjinya? Selain menunjukkan sikap nggak menghargai, ingkar janji merupakan sebuah bentuk ketidaksopanan. Maka dari itu, untuk menghargai orang lain, kamu perlu selalu menepati janjimu. Jika kamu selalu ingkar janji kepada orang lain, bisa mengakibatkan hubungan yang buruk dan hilangnya kepercayaan. 

Itulah tadi bagaimana cara menghargai orang lain yang penting untuk kamu praktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Bela!

Baca Juga: Lebih dari Terima Kasih, Ini 6 Cara Menunjukkan Kamu Menghargai Teman

Baca Juga: Saling Menghargai, 5 Batasan Ini Harus Tetap Ada Meski Sudah Menikah

Baca Juga: 9 Tanda Laki-Laki yang Menghargai Perempuan

  • Share Artikel

TOPIC