Harga yang relatif murah dan juga nyaman membuat transportasi kereta api kini menjadi pilihan favorit bagi sebagian travelers. Ditambah lagi, kualitas kereta api dan stasiun kereta api di Indonesia yang saat ini sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, membuat siapa saja dapat berpaling dan memilih bepergian dengan transportasi yang satu ini.

Meski begitu, ternyata, menggunakan kereta api sebagai pilihan transportasi kerap membuatmu dihinggapi perasaan bosan dan jenuh dengan panjangnya waktu perjalanan menuju tempat tujuan. Nah, biar kamu nggak bosan, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di kereta selama perjalanan panjang. Berikut 10 cara yang bisa kamu lakukan, Popbela akan merangkumnya untukmu. Simak selengkapnya ya!

1. Bermain game

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apiberseru.com

Bermain game online lewat ponsel kesayanganmu itu adalah salah satu cara yang dapat mengusir perasaan bosan yang melanda ketika dalam perjalanan jauh di kereta api. Nggak perlu khawatir baterai kamu akan lowbatt deh, kereta api Indonesia menyediakan colokan listrik di setiap kursinya kok. 

So, kamu bebas menggunakan ponselmu untuk bermain game tanpa perlu takut bateraimu jadi lowbatt dan ribet mencari colokan.

2. Bermain kartu bersama teman-teman

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://id.pinterest.com/asplashofawesom/

Bepergian bersama teman-teman akan selalu mengasyikkan, nggak terkecuali ketika kamu dalam perjalanan yang sama di atas satu kereta yang sama pula. Kamu tahu kartu Uno kan? Permainan kartu yang mencocokkan angka dan warna itu lho. Permainan itu sangat ampuh untuk dapat mengurangi kebosananmu ketika perasaan bosan menghampiri.

3. Jalan-jalan di sepanjang gerbong

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://www.pexels.com/@pixabay

Kalau kamu sudah nggak tahan dan jengah dengan situasi yang itu-itu saja, inilah saat yang tepat untuk jalan-jalan sejenak di sepanjang gerbong untuk mencari suasana baru dan menyegarkan pikiran. Kamu bisa berjalan ke arah toilet atau berdiri di samping toilet sambil menikmati pemandangan di luar sana dari dalam kereta. Dijamin deh, perasaan bosanmu akan teratasi seketika!

4. Tidur cantik selama perjalanan

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apidok.internet

Perjalanan jauh dan memakan waktu yang cukup panjang tentunya bakal melelahkan sekaligus membosankan. Agar kamu merasa waktu berjalan cepat, cara yang tepat untuk mengatasi kejenuhan dalam perjalanan adalah dengan tidur. Badanmu pun akan terasa lebih baik dan nggak pegal-pegal usai bangun tidur nanti. Kamu dapat melengkapi perjalananmu dengan membawa selimut agar tidurmu semakin nyaman dan pulas.

5. Menyetel musik favorit

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://www.pexels.com/@burst

Ketika sudah nggak ada bahan yang bisa dijadikan sebagai bahan obrolan atau mungkin kamu sedang bepergian seorang diri, nggak ada salahnya untuk segera memasang earphone dan memutar lagu favoritmu. 

Cara yang satu ini nggak hanya bisa mengusir kebosanan kamu selama berada di atas kereta lho, mendengarkan musik juga dapat membantumu menikmati perjalanan. So, jangan sampai kamu nggak mencoba cara yang satu ini ketika berada dalam perjalanan panjang ya.

6. Membaca buku

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://www.pexels.com/@burst

Waktu luang yang begitu panjang ketika berada di atas kereta dapat kamu manfaatkan dengan membaca buku. Selain dapat membunuh rasa bosan dan jenuh, membaca buku saat berada dalam perjalanan jauh dapat menambah pengetahuan kamu tentang destinasi yang sedang kamu tuju. 

Jangan ragu untuk coba cara mengusir bosan saat sedang berada di kereta yang satu ini ya!

7. Siapkan kamera untuk momen-momen tertentu

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://www.pexels.com/@oleg-magni

Banyak hal dan momen yang bisa kamu tangkap dengan kamera kesayanganmu itu, nggak terkecuali ketika kamu sedang berada di atas kereta. Meski diambil hanya sebatas dari gerbong kereta, hasil foto yang kamu abadikan tadi pasti akan punya kenangan dan nilai tersendiri nantinya. 

Percaya deh, jangan sampai kamu nggak mencoba cara yang satu ini untuk mengatasi rasa bosanmu ketika sedang dalam perjalanan jauh di atas kereta api ya.

8. Menonton film kesukaan

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta ApiPixabay.com/StockSnap

Menonton film nggak melulu harus di kamar sambil rebahan. Kamu juga bisa kok menonton film atau series kesukaanmu saat sedang berada di atas kereta. Cara yang satu ini dapat membantumu mengisi waktu luang yang begitu panjang ketika sedang dalam perjalanan jauh. Dijamin, waktumu akan terasa lebih cepat dari yang biasa.

9. Menjadi sketcher di dalam kereta

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apihttps://www.pexels.com/@messalaciulla

Nggak semua orang punya bakat dan jago menggambar apalagi dalam kondisi kereta yang terus bergoyang selama perjalanan yang kamu tempuh. Tapi, nggak ada salahnya untuk mencoba menggambar suasana gerbong dan pemandangan yang kamu jumpai selama berada di atas kereta. 

Waktu panjang yang kamu miliki nggak akan terbuang percuma kalau kamu menghabiskannya lewat cara yang satu ini.

10. Pesan makanan atau beli camilan

Ini Dia 10 Cara Mengusir Bosan Saat Perjalanan Jauh di Kereta Apidepositphotos.com

Siapa sih yang nggak suka makan? Di saat perjalanan jauh seperti yang saat ini sedang kamu lakukan sekarang, makan dapat menjadi salah satu kegiatan yang dapat membunuh rasa bosan. 

Nggak perlu khawatir kalau kamu kelupaan membawa camilan dari rumah, kereta api Indonesia menawarkan fasilitas yang begitu lengkap. Bahkan makanan yang dijual pun sangatlah beragam dan rasanya pun nggak perlu dipertanyakan lagi. Perjalanan panjangmu kali ini bakal jadi perjalanan yang menyenangkan dan nggak membosankan deh!

Nah, itulah 10 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengusir perasaan dan bosan yang kerap menghampiri ketika sedang berada dalam perjalanan jauh dengan kereta api. Kira-kira cara yang paling ampuh untuk kamu terapkan yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Ternate yang Wajib Dikunjungi saat Liburan!