Asyik, liburan telah tiba nih! Tiket penerbangan sudah di tangan, surat cuti sudah disetujui atasan, koper dan barang bawaan sudah dikemas dan sebentar lagi taksi online akan mengantarkanmu ke bandara. Artinya saatnya bersenang-senang bersama orang terkasih. 

Tapi tunggu dulu, supaya liburanmu semakin menyenangkan ada hal-hal simpel tetapi sangat bermanfaat yang bisa kamu lakukan, seperti 7 tips ini yang akan membantu membuat acara liburanmu semakin sempurna. 

1. Siapkan akses Google Maps offline

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat TravelingPexels.com / Pixabay

Kalau paket datamu menyala tentu tak akan masalah tetapi bagaimana jika terjadi sebaliknya? Padahal kamu sangat membutuhkannya untuk mengetahui lokasi tujuanmu, ditambah minimnya akses Wi-Fi karena kamu sering bepergian alias tidak stay di satu tempat seperti resto atau hotel, maka supaya aktivitasmu tetap berjalan lancar siapkan Google Maps mode offline agar tetap berfungsi meskipun tidak dalam keadaan online.

2. Pindai dokumen penting dan kirimkan melalui email ke dirimu sendiri

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat TravelingUnsplash.com / Fransesca Tirico

Saat bepergian ke luar kota ataupun pindah negara, ada baiknya kamu membiasakan untuk memindai atau mengkopi dokumen-dokumen penting seperti tiket perjalanan, KTP dan Passport sebagai cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan. Boleh berupa fotocopy atau soft copy. Caranya mudah saja, kamu bisa mengirimkannya hasil foto dokumen-dokumenmu ke alamat e-mail-mu sendiri sebagai cadangan.

3. Isi daya ponselmu lebih cepat menggunakan Airplane Mode

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Travelingmsn.com

Saat bepergian penggunaan smartphone akan maksimal banget sebagai browser, maps, sarana komunikasi, merekam sampai dengan berswafoto saat melihat pemandangan indah atau objek foto menarik. Otomatis kondisi tersebut akan mempercepat smartphonemu dalam kondisi low battery

Solusi supaya baterai tetap awet, ketika melakukan pengisian daya, atur menggunakan setting airplane mode agar bisa terisi dengan cepat. Mengapa airplane mode karena pada setting tersebut tidak ada sinyal yang masuk sehingga akan mempercepat proses pengisian, tetapi persiapkan diri karena otomatis kamu nggak bisa dihubungi atau ber-WhatsApp ria untuk sementara waktu ya.

4. Bagikan, save dan cadangkan di Google Photos

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Travelingmsn.com

Kalau berlibur sudah pasti ponselmu mendadak kebanjiran foto dan video liburan yang bisa memenuhi memori ponsel. Tentu ingin semuanya tersimpan dengan rapi di gadget dan laptopmu kan? Jangan khawatir tanpa harus menghapus, kamu cukup bagikan, cadangkan dan save di penyimpanan digital seperti Google Photo yang bisa kamu akses sewaktu-waktu. So, memori ponselmu akan tetap aman dan dokumentasimu tetep maksimal. 

5. Isi daya gadget menggunakan outlet USB di TV kamar hotel

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat TravelingUnsplash.com / Loewe Technologie

Kalau berlibur sudah pasti gadget seperti smartphone, kamera dan videocam akan berfungsi maksimal alhasil baterainya pun cepat habis. Jika semua colokan yang bercabang telah terpakai, jangan khawatir kamu bisa tetap menggunakan colokan USB di sisi TV Flat kamu dengan kabel penghubung. Seru kan, tetep bisa untuk menonton TV sekaligus mengisi daya. 

6. Jika kamar hotel tidak memiliki meja, gunakan papan setrika sebagai penggantinya

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat TravelingPexels.com / Daan Stevens

Adakalanya untuk menghemat budget traveling kamu menyiasati menginap di hotel yang low budget namun tetap nyaman. Alhasil standar ruangan pun berbeda dengan hotel berbintang. Misalnya di kamarmu tak disediakan meja, coba cek lemari penginapan tersebut biasanya tersedia meja seterika. Wah, bisa kamu alihfungsikan sebagai meja nih jika tersedia. 

7. Cek dan ketikkan info penerbanganmu ke Google untuk melihat apakah jadwalmu sudah sesuai dengan tiket yang telah kamu beli

Ini 7 Hal Brilian Yang Bisa Kamu Terapkan Saat Travelingpopsugartech.com

Khawatir jadwal penerbangan di situs dan tiket yang kamu miliki tidak sesuai? Coba cek melalui Google dan ketikkan nama penerbanganmu. Kemudian cocokkan tujuan dan jam keberangkatan ya, hati-hati jangan sampai terlambat sampai bandara ya. 

Selamat berlibur!

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Harus Travelling di Alam