Mencari tahu informasi suatu negara sebagai referensi untuk liburan selanjutnya memang wajar.  Kamu pun penasaran keunikan beberapa negara yang menjadi incaran para petualang, tapi belum banyak orang tahu. Walaupun ada yang sudah populer. Ini juga bisa menambah pengetahuan kamu, lho.

Sebab, hobi jalan-jalan dan hanya tahu informasi umum saja akan membosankan. Ketika kamu menemukan hal unik dari suatu negara, rasa penasaran untuk membuktikan akan muncul. Dan kamu akan berusaha membuktikannya suatu hari nanti.

Pulau Baljenac

Perluas Pengetahuan Jalan-Jalan dengan Tahu 5 Keunikan Negara Iniwww.croatia-times.com

Merupakan salah satu pulau di kawasan Kroasia. Termasuk pulau kecil yang luasnya kurang lebih 14 hektar. Pulau ini pada awalnya hanyalah sebuah lahan kosong, yang pada akhirnya digunakan untuk perkebunan. Namun nggak bertahan lama karena akses yang cukup rumit dan harus pulang pergi dari Pulau Baljenac ke tempat tinggal masing-masing melalui jalur laut. Saat ini, Pulau Baljenac nggak berpenghuni.

Jika dilihat dari udara, pulau ini terlihat seperti pola sidik jari. Pola yang terlihat ini sebenarnya adalah batas-batas perkebunan yang terbuat dari batu. Untuk menandakan petak lahan tersebut dikelola oleh siapa. Pulau ini dibiarkan kosong dan nggak menghancurkan tembok pembatas yang telah dibangun. Justru ini menjadi daya tarik wisatawan.

Nauru

Perluas Pengetahuan Jalan-Jalan dengan Tahu 5 Keunikan Negara Iniunsplash.com/Winston Chen

Merupakan salah satu negara kepulauan terkecil di dunia yang terletak di kawasan Mikronesia. Jika kamu mencari tahu di mesin pencari, kamu akan menemukan fakta kalau sebagian besar penduduk di negara ini mengalami obesitas. Sebabnya adalah perekonomian mereka yang belum terlalu kuat dan ketersediaan pangan dari alam yang terbatas. Efeknya, mereka mengimpor makanan dan minuman, termasuk air.

Selain itu, Nauru adalah salah satu negara tanpa tentara. Australia merupakan negara yang bertanggung jawab atas keamanan di Nauru. Selain itu, Nauru mempunyai bahasa nasional, namun yang dipakai sehari-hari adalah Bahasa Inggris. Kelebihannya adalah, Nauru punya pantai yang sangat cantik.

Jaipur

Perluas Pengetahuan Jalan-Jalan dengan Tahu 5 Keunikan Negara Inipexels.com/Mrudula Thakur

India juga merupakan salah satu negara yang menarik minat wisatawan asing. Beragam alasan mulai dari budaya, makanan, hiburan, hingga untuk mencari tempat baru. India memang punya kota yang menarik wisatawan yaitu, Delhi, Agra, dan Jaipur. Bicara tentang Jaipur, kota ini dikenal sebagai wilayah yang berwarna merah muda. Karena, ada beberapa arsitektur yang berwarna merah muda.

Kamu bisa mengunjungi Hawa Mahal sebagai bangunan ikonik Jaipur. Bisa juga ke City Palace kalau penasaran seperti apa tata kota tua di Jaipur. Bagi kamu yang suka dengan fotografi, wajib ambil banyak gambar ketika singgah di Jaipur. Jangan lupa juga untuk melihat Pitam Niwas Chowk & Chandra Mahal. Bangunan dan arsitektur ini juga didominasi dengan warna merah muda.

Chefchaouen

Perluas Pengetahuan Jalan-Jalan dengan Tahu 5 Keunikan Negara Iniunsplash.com/Robert Brands

Selain kota dengan dominasi warna merah muda pada bangunannya, ada juga yang berwarna biru. Terletak di salah satu kawasan Maroko, Turki. Chefchaouen nama kotanya. Disini kamu akan melihat warna biru di seluruh bangunannya. Kota ini dangat tenang dan nyaman. Kalau ingin berlibur dengan kota yang nggak berisik, Chefchaouen bisa menjadi pilihan.

Kamu pun bisa mengambil banyak foto, karena desain kota ini sangat cantik. Beragam alasan bisa kamu temukan kenapa kota ini berwarna biru. Salah satunya adalah, supaya terlihat dingin dan sejuk, ketika musim panas berlangsung. Kalau nggak mau terlalu ramai, kamu bisa mengunjungi kota ini di awal musim gugur atau di akhir musim semi.

Matmata

Perluas Pengetahuan Jalan-Jalan dengan Tahu 5 Keunikan Negara Inipixabay.com/Ulysse

Menjadi salah satu lokasi syuting film star Wars, kota ini memang memiliki keunikan tersendiri. Disebut juga dengan kota gua. Berlokasi di sebelah selatan Tunisia. Merupakan desa kecil dengan arsitektur yang nggak biasa, yaitu pemukiman berada dalam bawah tanah. Para penduduk menggali tanah dan mendesainnya sebagai tempat tinggal. Latar belakang sejarah dan geografis menjadi salah satu penyebab dibangunnya desa bawah tanah.

Berkunjung kesana atau melihat video dokumenternya kamu akan dibuat kagum. Karena, mereka membangun bangunan di bawah tanah dengan pondasi yang kuat dan nggak mudah roboh. Dalam satu lubang, mereka punya ruangan-ruangan seperti rumah pada umumnya. Dan satu jalur khusus agar bisa terhubung satu dengan lainnya.

Selamat jalan-jalan. Jangan lupa bawa cerita yang seru.

Baca Juga: Destinasi Wisata Indah hingga Menggemaskan di Negara Tirai Bambu