Jalan-jalan ke tempat baru memang seru. Biasanya kamu akan menggunakan transportasi umum dan lokal. Memang lebih praktis dan pengeluaran bisa dihemat. Atau, kamu bisa memilih untuk pakai agen perjalanan kalau memang ingin lebih nyaman. Tapi, selagi masih muda dan kuat, mencoba hal baru dalam menempuh perjalanan pasti dilakukan.

Mengunjungi tempat baru dengan menggunakan jalur darat dan pakai kendaraan pribadi, memang butuh dana yang lebih. Dan, kamu wajib punya SIM internasional kalau ingin berkendara di luar negeri. Beberapa tempat dan rute telah kamu siapkan. Memang telihat nggak praktis, tapi sensasi ini kamu rasakan.

1. Lebih optimis dan bijak

Menjelajah dengan Berkendara Lewat Jalur Darat, Ini yang Kamu Rasakanpexels.com/Riccardo Bresciani

Melakukan perjalanan di tempat yang kamu nggak kenal sebelumnya memang menjadi tantangan. Kamu mulai terbiasa mengandalkan peta dan petunjuk jalan. Peluang tersesat pun bisa jadi lebih besar. Kemampuanmu dalam menganalisa jalan juga bertambah. Walaupun tersesat, namun mengerti arah mata angin, kamu bisa menemukan rute keluar. Dan, nggak gampang panik. Selain itu, kamu juga dapat pengalaman mengemudi dengan setir kanan atau kiri.

2. Menemukan tempat baru

Menjelajah dengan Berkendara Lewat Jalur Darat, Ini yang Kamu Rasakanpexels.com/bruce mars

Mengemudi sambil melihat pemandangan baru adalah pengalaman yang paling menyenangkan. Kamu pun nggak ragu untuk mencoba hal baru dan mendokumentasikan. Karena, setiap momen belum tentu terulang kembali. Nggak jarang ketika dalam perjalanan, kamu menemukan tempat yang menarik kemudian berhenti. Ini nggak bisa kamu lakukan kalau naik transportasi umum, lho. Menemukan permata tersembunyi berupa tempat wisata dan kuliner ini sangat bisa terjadi.

3. Banyak tantangan seru

Menjelajah dengan Berkendara Lewat Jalur Darat, Ini yang Kamu Rasakanpexels.com/Pixabay

Selama perjalanan darat menggunakan kendaraan banyak hal-hal yang sebenarnya biasa terjadi, tapi menakjubkan buat kamu. Misalnya, menempuh jalan menanjak dan berkelok di saat hujan. Kamu pun akan lebih berhati-hari dan meningkatkan kewaspadaan. Atau berada di tempat yang asri, tapi mengalami kemacetan karena padat kendaraan juga bisa. Dalam perjalanan seperti ini, ada tantangan seperti isi bensin sendiri kalau kamu memilih luar negeri dan mengganti ban di jalanan.

4. Menumbuhkan jiwa petualang

Menjelajah dengan Berkendara Lewat Jalur Darat, Ini yang Kamu Rasakanpexels.com/Skitterphoto

Memilih perjalanan yang seperti ini akan memancing diri untuk bisa menggali sesuatu yang ada dan membuat penasaran. Misalnya, mencoba lewat jalan dan makanan baru, mencoba gaya hidup yang lebih sederhana karena perjalanan masih jauh dan lain sebagainya. Ada kebiasaan baru yang terbentuk saat kamu ambil perjalanan seperti ini. Kalau positif boleh kamu kembangkan, tapi hindari untuk merepotkan orang lain karena keegoisan diri sendiri.

5. Mengetahui karakter teman satu perjalanan

Menjelajah dengan Berkendara Lewat Jalur Darat, Ini yang Kamu Rasakanpexels.com/Artem Bali

Perjalanan lewat jalur darat memang paling seru bersama teman. Kamu bisa memecahkan masalah nggak sendirian. Di sisi lain, kamu akan memahami watak asli teman-teman yang ikut perjalanan bersama kamu. Jika ada yang egois dan merepotkan pasti akan melatih kesabaran, harus bersikap lebih netral agar semua sama-sama nyaman. Jika ada yang sedikit kurang berkenan kamu bisa bertoleransi. Nggak hanya itu, kamu pun punya kesan tersendiri mengenai mereka.

Sebelum bertualang dengan kendaraan, ada baiknya kamu cek kondisinya terlebih dahulu. Jangan lupa membawa konsumsi yang cukup untuk berjaga-jaga.

Baca Juga: Inilah 3 Manfaat Penting Ketika Kamu Pergi ke Tempat Umum Sendirian