Melakukan perjalanan melalui jalur darat memang seru. Pengalaman yang nggak terduga tentu saja ada, bahkan kamu bisa lihat pemandangan sekitar lebih leluasa. Walaupun begitu tetap ada tantangannya yaitu, medan jalan yang nggak mudah, lelah, harus tetap fokus, cek kondisi kendaraan, dan lain sebagainya. Kalau kamu hobi mengemudi dan perjalanan jauh ini bisa kamu atasi.

Selain menggunakan mobil sebagai transportasi saat jalan-jalan, kamu bisa menggunakan campervan. Mobil yang didesain ada tempat tidur, dapur, kamar mandi, bahkan ruang tamu mini. Perjalanan dan petualangan ini tentu saja menarik sekali. Kalau kamu pernah nonton vlog Ayudia dan Ditto di saluran YouTube, pasti setuju. 

Ada beberapa hal yang diperhatikan kalau mau liburan pakai campervan, nih. Cek di bawah ini ya.

Pemberhentian

Jalan-Jalan Pakai Campervan Ini yang Wajib Diperhatikanhttps://www.pexels.com/rawpixel

Kamu wajib punya peta pemberhentian agar kamu bisa istirahat dengan nyaman. Kamu juga butuh buang sampah, kotoran, mengisi bahan bakar, air dan daya listrik, belanja bahan makanan, dan lain sebagainya. Selain itu, nggak semua tempat menyediakan tempat parkir. Jadi, rencanakan di mana saja kamu akan berhenti. Jangan tunda dan menunggu malam. Karena, kamu nggak tahu lokasi saat semua bahan telah menipis. Jika ada pemandangan bagus jangan ragu untuk berhenti sebentar.

P3K

Jalan-Jalan Pakai Campervan Ini yang Wajib Diperhatikanhttps://www.pexels.com/rawpixel

Walaupun terlihat remeh dan semua teman perjalanan terlihat baik-baik saja, nggak ada salahnya untuk disiapkan. Hindari untuk menggantungkan dengan fasilitas yang disediakan oleh tempat sewa campervan. Paling nggak, siapkan untuk keperluan pribadi. Karena, kondisi dan ketahanan tubuh setiap orang berbeda-beda. Perjalanan panjang bisa mengubah itu. Jika ada sesuatu yang tiba-tiba, kamu nggak perlu mencari apotek atau tempat belanja. Apalagi jika sudah malam dan sedang jauh dari keramaian.

Persediaan Bahan Makanan

Jalan-Jalan Pakai Campervan Ini yang Wajib Diperhatikanhttps://www.pexels.com/rawpixel

Memang lebih mudah untuk membawa makanan instan atau bawa dari rumah. Namun jangan lupa, kamu butuh mengonsumsi makanan yang bergizi. Jika disediakan kompor dan alat masak, nggak ada salahnya untuk memasak. Jangan lupa untuk cek bahan makanan. Karena ini termasuk kebutuhan pokok selama kamu melakukan perjalanan. Jangan ragu untuk berhenti dan beli bahan makanan, jika menemukan tempat belanja. Atau, membeli makanan, kalau kamu terlalu lelah untuk masak.

Jaga Kerapian dan Kebersihan

Jalan-Jalan Pakai Campervan Ini yang Wajib Diperhatikanhttps://www.pexels.com/matheusbertelli

Rasa lelah memang bisa sedikit berkurang kalau melihat sekitar bersih dan rapi. Dalam campervan yang ruangnya terbatas, akan lebih terlihat sempit kalau berantakan. Jangan ragu luangkan waktu untuk menata kembali barang-barang yang kamu bawa. Sebab, selama perjalanan tentu ada barang kebutuhan yang kamu beli. Wajar kok jika barang bawaan bertambah. Asalkan jangan melebihi kapasitas dan muatan yang telah ditentukan.

Siap Tidur Di Mana Saja

Jalan-Jalan Pakai Campervan Ini yang Wajib Diperhatikanhttps://www.pexels.com/alancaldwell

Ada tiga pilihan, kamu bisa tidur di penginapan, campervan, atau mendirikan tenda. Kalau memilih di penginapan, kamu mengeluarkan uang lagi dan terasa lebih nyaman. Kalau memilih dua dan terakhir, kamu wajib tahu tempat mana saja yang mengizinkan campervan kamu singgah dan bisa berkemah. Karena nggak sembarangan tempat kamu bisa berhenti untuk bermalam. Alasannya tentu keamanan dan cuaca. Buatlah tempat tidur kamu nyaman dan hangat.

Jika bertemu dengan orang yang naik campervan dan juga sedang beristirahat jangan ragu untuk bertegur sapa. Secara nggak langsung kalian akan berbagi pengalaman perjalanan yang seru. Dan, jangan lupa untuk membawa uang tunai secukupnya.

Baca Juga: 7 Inspirasi Tenda Transparan yang Membuat Camping-mu Semakin Seru