Di Indonesia, Pulau Jawa adalah pulau paling padat, dan mungkin akan semakin padat setiap tahunnya mengingat ada ratusan ribu orang yang mengadu nasib ke pulau ini, terutama Jakarta.

Tapi, nyatanya kepadatan Pulau Jawa tidak ada apa-apanya di mata dunia. Menurut worldatlas.com, dibandingkan dengan Pulau Jawa, 10 pulau ini jauh lebih padat, lho!

1. Santa Cruz del Isolte, Kolombia

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Dunialabrujulaverde.com

Terletak tidak jauh dari pantai Kolombia, Santa Cruz del Isolte sebenarnya hanya pulau kecil yang didiami oleh banyak penduduknya. Bayangkan saja, dengan luas hanya 2,4 hektar, pulau ini dihuni sekitar seribu orang. Bukan hanya dipadati manusia, pulau ini juga dipadati rumah warga, sekolah, toko, restoran bahkan sampai ada beberapa rumah yang dibangun di atas permukaan laut.

2. Ap Lei Chau, Hong Kong

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniattnotes.com

Dihubungkan dengan jembatan empat jalur, Ap Lei Chau di Hong Kong jelas lebih padat dari Santa Cruz del Isolte. Dengan luas hanya 1,32 km persegi, pulau kecil ini dihuni oleh nyaris 90 ribu orang. Karena lahan terbatas, kebanyakan penduduk tinggal di apartemen.

Meski begitu, Ap Lei Chau juga merupakan pusat bisnis sekaligus hiburan, tidak heran jika ada banyak turis yang melancong ke sini.

3. Pulau Migingo, Kenya

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Dunianairobiwire.com

Awalnya tidak ada yang tertarik tinggal di pulau perbatasan antara Kenya dan Uganda ini, hingga seorang nelayan mendirikan rumah di sini tahun 2002. Namun siapa sangka jika pulau seluas setengah lapangan bola ini justru menyimpan berkah tersendiri bagi nelayan tersebut.

Bagaimana tidak, setiap malam tangkapannya selalu banyak dan akhirnya membuat penduduk lain memutuskan pindah. Sekarang ada sekitar 200 orang tinggal di pulau Migingo lengkap dengan rumah mereka, bahkan pemerintah Kenya dan Uganda pun berebut untuk mendapatkan pulau ini.

4. Fadiouth, Senegal

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniatwitter.com/coulibalybirame

Memiliki luas 0,15 km persegi, Fadiouth terletak tidak jauh dari Petite Cote of Senegal, dan hanya dihubungkan dengan jembatan kayu. Meski kecil, pulau ini dihuni oleh sekitar 9 ribu orang yang membuat pulau ini jadi begitu padat.

Satu hal yang unik dari pulau ini adalah hampir seluruh permukaannya dipenuhi cangkang kerang. Kebanyakan penduduk memang nelayan yang menggantungkan hidupnya pada kerang sejak beberapa abad lalu. Sehingga tidak heran, jika sekarang pulau ini bukan hanya penuh dengan manusia tapi juga cangkang kerang.

5. Malé, Maladewa

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniabudgetmaldives.com

Pulau Malé merupakan ibu kota Maladewa. Dan sama seperti kebanyakan ibu kota lainnya, pulau satu ini juga penuh manusia. Sekadar informasi, pulau ini memiliki luas 1,952 km dengan populasi sekitar 90 ribu jiwa. Sayangnya, berbeda dengan Ap Lei Chau yang jadi pusat bisnis dan hiburan, pulau ini justru jadi langganan banjir setiap tahunnya.

6. Ebeye, Kepulauan Marshall

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di DuniaCourtesy of NASA via nairobiwire.com

Tidak seperti kebanyakan pulau indah dengan kehidupan menyenangkan, pulau Ebeye justru dipenuhi kesedihan. Pulau Ebeye merupakan rumah bagi pengungsi. Mereka meninggalkan tanah mereka di Bikini Atoll dan Rongelap Atoll setelah Amerika Serikat mengubah tempat tinggal mereka jadi tempat untuk uji coba nuklir.

Sekarang ada sekitar 15 ribu orang yang tinggal di pulau seluas 0,360 km persegi. Kebanyakan dari mereka masih muda, pengangguran, dan terpaksa tinggal di pulau yang kotor.

7. Ilha de Moçambique, Mozambik

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniailhademocambique.co.mz

Dengan luas hanya 1,5 km persegi, kamu nggak akan menyangka jika pulau ini dihuni oleh sekitar 54 ribu orang. Ilha de Moçambique sendiri merupakan pulau yang kaya akan sejarah beserta peninggalannya yang berasal dari abad ke 16.

Jika kamu memiliki kesempatan berkunjung, kamu bisa mengunjungi benteng Portugis, Gereja Nossa Senhora de Baluarte, dan museum-museum yang siap menceritakan kisah pulau padat ini di masa lalu.

8. Manhattan, New York

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniaairpano.org.cn

Dibandingkan dengan pulau-pulau sebelumnya, Manhattan di New York jelas merupakan yang paling maju sekaligus paling ramai. Bayangkan saja dengan luas hanya 59,47 km persegi, pulau ini merupakan rumah bagi 2 juta orang, juga merupakan rumah bagi tempat-tempat menarik seperti Times Square, Central Park, Empire State Building dan Grand Central Station.

9. Pulau Salsette, India

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniainc42.com

Kamu mungkin asing dengan pulau Salsette, tapi bagaimana dengan nama Mumbai? Nah kalau yang ini, kamu pasti kenal! Wilayah Mumbai berada di pulau Salsette, yang merupakan salah satu pulau paling padat di dunia.

Pulau ini hanya memiliki luas 619 km persegi yang sebenarnya cukup luas untuk dihuni beberapa ribu orang. Masalahnya, penduduk pulau ini mencapai 15 juta jiwa dan akan terus bertambah setiap tahunnya.

10. Saintle Saint-Louis, Paris

Bukan Pulau Jawa, Ini 10 Pulau Terpadat di Duniauncommoncaribbean.com

Saintle Saint-Louis merupakan salah satu pulau alami yang dimiliki oleh sungai Seine. Dulu pulau ini merupakan tempat untuk menggembala ternak. Sekarang, Saintle Saint-Louis yang hanya seluas 0,11 km persegi ini memiliki populasi nyaris tiga ribu jiwa.

Meski padat, Saintle Saint-Louis bukanlah tempat kumuh atau menyedihkan. Kebalikannya, pulau ini justru dipenuhi rumah-rumah berkelas, restoran, hotel, serta pertokoan yang berjajar rapi.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "10 Pulau Terpadat di Dunia, Ternyata Jawa Bukan Salah Satunya!"

Baca Juga: Wisata Bawah Laut di 5 Pulau Eksotis Indonesia Bagian Timur

Baca Juga: 7 Pulau Indah di Sumatera Barat Ini Bikin Lupa kalau Lagi di Indonesia

Baca Juga: 10 Pulau Eksotis di Kroasia yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan