Bali, kota penuh budaya yang memiliki daya tarik besar untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Banyak tipe wisatawan yang datang, solo travelers, bersama pasangan, bersama keluarga ataupun bersama sahabat-sahabat mereka. Selain pantai, Bali memiliki hamparan hijaunya alam bahkan budaya yang bisa membuat siapapun terpukau. Banyak cara untuk menikmati keindahan Bali.

Tenang saja, jika kamu belum pernah ke sana, inilah hal-hal yang wajib kamu ketahui. Simak yuk!

1. Sewa Motor

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahutheblondeabroad.com/

Satu hal yang kamu harus ingat adalah Bali merupakan kota yang ramah lingkungan. Kamu bisa menikmati sisi lain Bali dengan berjalan kaki ataupun menyewa motor. Jika kamu mengandalkan transportasi online, itu mungkin akan membantumu. Namun, kamu akan lebih leluasa untuk mengeksplor berbagai tempat di Bali dengan motor sewaan. Psstt... menyewa motor juga akan lebih hemat dibandingkan naik transportasi online lho!

2. Sediakan Uang Tunai

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahurawpixel.com/

Yang kamu butuhkan selanjutnya adalah uang tunai. Karena beberapa toko dan restoran bahkan wahana di Bali hanya menerima uang tunai sebagai transaksinya. Walaupun banyak ATM di sana, akan lebih memudahkan jika kamu mempunyai cadangan uang tunai, bukan?

3. Jelajahi Kawasan Selain Ubud

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahutheblondeabroad.com/

Banyak tempat lain yang bisa kamu kunjungi selain Seminyak dan Ubud. Eksplor dan jelajahi Bali ke bagian utara, air terjun bahkan hamparan sawah akan kamu temui di sana. Di antaranya kamu bisa menemukan Sawah Jatiluwih, Air terjun Aling Aling dan Gua Pantai Suluban.

4. Estimasikan Pengeluaranmu

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahupexels.com/ Pixabay

Meskipun Bali merupakan destinasi yang mudah dan nggak terlalu mahal, kamu juga perlu untuk memperhitungkan budget-mu. Karena banyak toko aksesoris dan souvenir khas Bali, makanan dan hal-hal nggak terduga lainnya bisa membuat kamu lupa kontrol. Hhmm, jangan sampai ini terjadi padamu ya.

5. Akomodasi

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahutheblondeabroad.com/

Jika kamu akan ke Bali sendirian atau solo travelling, ada banyak pilihan hostel yang bagus untukmu. Ini akan bisa sangat mudah untukmu terhubung dengan wisatawan lain juga. Namun, jika kamu datang dengan rombongan sahabat atau keluarga, kamu bisa menyewa villa pribadi. Tenang saja, untuk harga kamu bisa menyesuaikan dan terjangkau di kantong. Jangan malas untuk mencari info ya!

6. Makanlah di Restoran Lokal

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahutheblondeabroad.com/

Tahukah kamu jika Bali mempunyai banyak makanan tradisional yang layak diacungi jempol akan cita rasanya? Yaps, kamu bisa mencicipinya saat datang ke sana. Kamu bisa mendatangi restoran lokal dengan menu-menu tradisional khas Bali andalan mereka.

7. Sewa Driver

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahutheblondeabroad.com/

Untukmu yang ingin sepenuhnya menikmati Bali dengan lebih dekat, kamu bisa menyewa seorang driver. Gunakan jasa sewa ini saat kamu datang rombongan ya Bela, ini akan lebih menghemat budget travelling-mu.

8. Luangkan Waktu untuk Spa

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahurawpixel.com/

Hal yang juga terkenal di Bali adalah spa. Berbagai layanan spa bisa kamu dapatkan mulai dengan harga terjangkau hingga fasilitas yang lengkap dan mewah. Kamu bisa mendapatkan spa dengan aromaterapi seharga mulai dari Rp80 ribu untuk satu jam. Bagaimana, kamu tertarik?

9. Monyet di Ubud

Pertama Kali ke Bali? Ini 9 Hal yang Harus Kamu Tahupexels.com/ Sebastian Voortman

Hal yang wajib kamu kunjungi adalah hutan monyet di Ubud. Hal ini dikarenakan Ubud dikenal dengan hutan bagi ratusan monyet. Berhati-hatilah jika monyet bisa menjadi agresif terhadap wisatawan. Untuk mengurangi hal itu terjadi, kamu bisa berpakaian yang simple dan nggak membawa banyak aksesoris. Salah-salah mereka malah mengambilnya lho!

Baca Juga: Jauh dari Hiruk Pikuk Kota, Destinasi Banyuwangi Ini Wajib Dikunjungi