Travelling bersama pasangan merupakan hal yang menyenangkan. Tinggal pilih aja, mau jadi backpacker atau tim koper? Kalau lebih memilih menjadi pasangan traveler yang ingin lebih bertualang ala backpacker, sudah tentu kamu harus merencanakan perjalanan dengan menyesuaikan budget. Jangan khawatir Bela, jika kamu berpikir untuk tetap mengajak pasangan pergi traveling, inilah tips traveling hemat dengan pasangan. 

1. Planning

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganrawpixel.com/

Jika kamu bepergian ke tempat yang jauh dan nggak punya banyak budget untuk ini, rencanakanlah dengan sematang mungkin. Itu merupakan langkah pertama yang baik, hitunglah berapa uangmu dan pasangan, estimasi budget di tempat yang ingin kamu kunjungi. Research pada penginapan, tempat makan, dan destinasi utama. Jangan malu untuk sharing dengan pasangan berapa limit budget maksimal kalian.

2. Siap untuk menabung sebelumnya

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganrawpixel.com/

Jika ada waktu tersisa sampai kamu berencana melakukan traveling, menabunglah dari sekarang. Kamu dapat memasak makanan di rumah agar budget makan di luar lebih terkontrol, berhentilah membeli barang-barang yang sudah kamu punya seperti sepatu, tas, ataupun make up. Menabunglah sebanyak kamu bisa, karena ketika kamu melakukan traveling akan berkesan dengan mengunjungi destinasi yang kamu dan pasangan inginkan.

3. Hiburan ekstra

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganrawpixel.com/

Kamu perlu menyadari bahwa traveling yang kamu lakukan adalah tentang kamu dan pasangan menikmati waktu yang berkualitas. Karena ini acara kalian, kamu nggak perlu menghabiskan uang untuk acara, pesta dan apapun. Di mana kamu bepergian bersama adalah untuk mencoba hal-hal baru. Jadilah bijak dengan bagaimana kamu menghabiskan waktu bersama.

4. Ingat, waktu adalah uang

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganrawpixel.com/

Seperti yang diketahui bersama, waktu adalah sesuatu yang perlu kamu atur dengan baik. Ini karena semua waktu ekstra berarti pengeluaran tambahan untuk penginapan, makanan dan akomodasi. Karena itu, pastikan untuk mengalokasikan waktu yang diperlukan untuk setiap kegiatan sebelum kamu memulai traveling.

5. Pemilihan penginapan juga menentukan

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganpexels.com/ Quang Nguyen Vinh

Penginapan merupakan hal yang penting dari biaya perjalananmu. Para travellers yang akan menghemat budget sepertimu, pilihlah situs aplikasi booking yang terjangkau daripada mengutamakan hotel berbintang. Kamu bisa memilih hotel yang lebih berukuran kecil asalkan pertahankan beberapa faktor seperti keamanan, dan akses yang mudah.

6. Kompromi dengan dirimu sendiri

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganpexels.com/ Matthis Villars

Kamu nggak perlu menyangkal bahwa liburan yang kamu inginkan akan kamu habiskan dengan orang yang terkasih, Jika kamu menginginkan destinasi yang mahal dan prestige, cobalah untuk pergi ke tempat yang dekat tetapi mempunyai destinasi yang tak kalah bagusnya.

Contohnya kamu dapat mengunjungi Malang, Banyuwangi ataupun Jogja terlebih dahulu sebelum kamu merancanakan pergi ke Labuan Bajo, Raja Ampat ataupun Pulau Derawan.

7. Ikut paket gabungan

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganfancycrave.com/

Dalam beberapa hal, mengambil paket gabungan dapat membantu menghemat budget-mu ketika kamu nggak mengetahui banyak hal tentang destinasi yang kamu akan tuju. Ambil beberapa tawaran paket untuk lebih menghemat ya Bela. Cerdas dalam mengalokasikan dana akan lebih bijak asalkan semua destinasi dalam paket dapat berjalan sesuai planning.

8. Tak perlu membeli souvenir

Nikmati Waktu Berdua, Ini Tips Traveling Hemat dengan Pasanganpexels.com/ Artem Bali

Ingatlah, hal yang kamu rencanakan dari awal adalah traveling bersama pasangan. Perjalanan itu benar-benar tentang kamu dan pasangan, jadi tak perlu membeli souvenir untuk orang lain. Sesuaikan dengan anggaranmu. Lebih baik kamu membuat kenangan yang dibuat bersama pasanganmu daripada untuk orang lain.

Baca Juga: Paket Wisata Bandung Murah Bikin Liburanmu Lebih Terencana