Kaya akan sejarah, Indonesia merupakan negara yang mempunyai cerita yang patut untuk diketahui. Sejarah-sejarah yang ditinggalkan di antaranya adalah candi. Sebuah monumen bangunan keagamaan dari peradapan Hindu-Buddha.

Tak hanya berwisata, mengunjungi candi juga dapat digunakan untuk tempat belajar dan tempat mempelajari kehidupan di masa lalu. Bagaimana, kamu tertarik? Inilah beberapa candi yang bisa masuk dalam destinasi wisata kamu ya, Bela!

1. Candi Borobudur

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/ardikemara/

Candi yang masuk ke salah satu keajaiban dunia ini adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah. Banyak wisatawan domestik dan mancanegara mendatanginya. Arsitekturnya yang juga sangat memukau yang terdiri dari tiga susunan Arupadhatu, Rupadhatu dan Kamadhatu ini adalah peninggalan Kerajaan Buddha.

2. Candi Prambanan

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/woeland_2nd/

Apakah kamu masih ingat tentang cerita Roro Jonggrang yang menceritakan tentang Bandung Bondowoso membangun candi dalam satu malam? Nah Candi Prambanan lah yang dimaksud. Berlokasi di Kabupaten Sleman, Yogyakarta sekarang di pelataran candi ini sering diadakan event seperti Sendatari Ramayana dan Prambanan Jazz.

3. Candi Dieng

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/prabasuyasa_23/

Candi Dieng berlokasi di kaki pegunungan Dieng, Wonosobo. Berjumlah tujuh buah bangunan, nama-namanya diambil dari nama pewayangan seperti Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Dwarawati dan Candi Bima. Candi peninggalan kerajaan Hindu ini merupakan bangunan keagamaan yang tertua di Jawa. Selain Candi Dieng, di Kawasan Dieng juga masih banyak destinasi wisata yang pastinya tak hanya cukup dinikmati sehari saja, seperti Telaga Warna, Batu Pandang Ratapan Angin, Telaga Pengilon, Sikunir, Kawah Sikidang dan masih banyak lainnya.

4. Candi Gedong Songo

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/rajib_pw/

Terletak di Kabupaten Semarang, pemandangan sunrise-nya sering diburu para wisatawan. Meski Namanya Candi Gedong Songo, jumlah candiinya ternyata hanya lima buah. Bukan terletak pada satu Kawasan namun masing-masing candinya tersebar satu sama lain. Jalanan yang menanjak harus kamu tempuh jika ingin mencapai candinya. Tak perlu khawatir capek, karena di tempat wisata ini juga menyediakan sewa kuda untukmu. Pemandangan dari pegunungan bisa membuat kamu terpesona. 

5. Candi Sewu

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/masmeya/

Jika kamu sedang mengunjungi Candi Prambanan, jangan lewatkan juga kesempatan untuk mendatangi Candi Sewu. Candi Sewu merupakan candi Buddha terbesar kedua di Indonesia. Lokasinya berada di Sleman. Seperti halnya Candi Gedong Songo, Candi Sewu juga serupa, meski Namanya “sewu” ternyata candinya kurang lebih terdapat 249 bangunan. Ada yang khas dari candi ini, yaitu kamu akan mendapatkan Arca Dwarapala berukuran 2,3 meter di setiap pintu masuknya. Nilai plusnya adalah terdapat sunset yang menarik hati.

6. Candi Cetho

Megah dan Bersejarah, Ini Daftar Candi yang Memukau untuk Destinasimuwww.instagram.com/theopranindya/

Terletak di Karanganyar, Solo lokasinya berada di lereng Gunung Lawu. Pemandangannya yang indah karena hamparan kebun teh di sekelilingnya. Candi peninggalan Hindu ini sering digunakan untuk pemujaan bertapa para penganut kepercayaan Kejawen. Jika kamu ingin menikmati pemandangan sunrise dari ketinggian, datanglah pagi hari. Bagaimana, apa kamu tertarik Bela?

Baca Juga: Wah Memukau! Inilah Cara Mengambil Foto Saat Travelling dengan Dia