Traveling merupakan kegiatan yang menyenangkan, selain melepas penat dari rutinitas kamu juga bisa menampah pengetahuan melalui destinasi yang kamu kunjungi. Tetapi Bela, sejauh mana sih persiapan kamu melakukan traveling? Atau hanya berangkat-berangkat saja?

Banyak hal yang harus disiapkan sebelum traveling, nggak bisa istan. Menjadi kebiasaan, inilah beberapa kebiasaan buruk travelling orang Indonesia.

1. Pesan tiket dadakan

Kebiasaan Buruk 'Traveler' Zaman 'Now' yang Harus Dihindaripexels.com/ Torsten Dettlaff

Tiket transportasi maupun akomodasi menjadi hal yang harus kamu perkirakan sebelum berangkat. Kebanyakan dari kamu sering memesan tiket dadakan, resikonya nggak hanya rencana liburanmu yang tertunda karena tiket sudah habis, kamu pun juga mungkin mendapatkan tiket dengan harga lebih mahal.

Nggak ada salahnya untuk kamu riset beberapa e-commerce ataupun website maskapai agar kamu tahu ada potongan harga maupun promo yang berlaku. Dengan seperti itu, kamu bisa mengurangi budget travelling-mu bukan?

2. Lebih sering update media sosial daripada menikmati destinasi

Kebiasaan Buruk 'Traveler' Zaman 'Now' yang Harus Dihindaripexels.com/ Jeremy Levin

Setelah sampai ke destinasi yang kamu tuju, mungkin kamu sering melakukan hal ini. Yaps, lebih seriing meng-update ke media sosial daripada berinteraksi dan menikmati secara langsung. Bolehlah kamu mengabadikan momen dengan memotret ataupun mengambil video di destinasimu, akan tetapi yang harus kamu ingat kamu travelling untuk dirimu sendiri ya Bela!

Bukan untuk followers ataupun orang lain. Jadi, take your time!

3. Salah kostum

Kebiasaan Buruk 'Traveler' Zaman 'Now' yang Harus Dihindarishutterstock.com/ Kzenon

Salah kostum mungkin hal yang terkesan sepele tetapi akan mengurangi esensi travelling-mu. Kamu bisa melakukan riset tentang outfit apa yang cocok dan nyaman dipakai di destinasimu itu. Menggunakan pakaian tebal ataupun dengan casual.

Jangan sampai kamu pergi ke Labuan Bajo dengan mantel tebal dan sepatu yang membuat kakimu terluka. Nggak harus baru, kamu bisa menggunakan pakaian yang sudah ada di rumah. Kostum juga berpengaruh ya Bela untuk traveling-mu yang berkesan.

4. Kurang riset terhadap budaya warga lokal

Kebiasaan Buruk 'Traveler' Zaman 'Now' yang Harus Dihindaripexels.com/ Oleksandr Pidvalnyi

Warga lokal di destinasimu merupakan mereka yang akan berinteraksi selama kamu melakukan traveling. Kehadiranmu akan meninggalkan kesan kepada mereka begitupun sebaliknya. Oleh karena itu, nggak ada salahnya bukan untuk saling menghormati?

Kamu bisa mencari tahu bagaimana budaya yang dianut di sana, karena hal-hal yang kecil seperti tata cara kamu berkomunikasi, berpakaian bahkan tata kramamu bisa dianggap salah jika kamu nggak tahu sebelumnya.

Baca Juga: Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!

Baca Juga: 10 Foto Mengecewakan Saat Turis Berkunjung ke Lokasi Wisata Terkenal

Baca Juga: Potret Kucing dan Anjing yang Selalu Traveling Bersama