Menginap di hotel saat travelling ataupun staycation memang sangat menyenangkan. Karena kita ingin merasakan kenyamanan istirahat saat mengunjungi tempat baru di suatu kota. Namun, ada etika maupun pemeriksaan pribadi yang perlu kamu lakukan demi kenyamanan sendiri juga, lho.

Ada hal-hal yang boleh dan nggak bisa dilakukan saat kamu menginap di hotel. Salah-salah, kamu malah bisa dikenakan denda dan sanksi. Inilah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat menginap di hotel.

1. Merusak perabot hotel dan merahasiakannya

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ jcomp

Ketidaksengajaan mungkin saja terjadi, seperti merusak perabot atau memecahkan perlengkapan yang ada di hotel maupun di kamar. Merahasiakan tentang hal ini dapat membahayakan dan merugikan staf atau calon tamu berikutnya. Pecahan kaca yang sangat kecil dan bahkan bening sering nggak disadari oleh housekeeper.

Nggak hanya bisa melukai, pecahan kaca juga sangat berbahaya untuk para balita.

2. Memasak dengan peralatan yang bukan semestinya

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ nensuria

Mungkin memasak akan menghemat pengeluaranmu saat travelling. Bahkan kamu berpikiran untuk membawa peralatan memasak portable saat di hotel. Akan tetapi, hal ini nggak bisa kamu lakukan jika di hotel nggak mempunyai dapur di kamarnya.

Peralatan masak ini bisa memicu sistem alarm kebakaran hotel dan menyebabkan kebakaran yang sebenarnya. Jadi ada beberapa alternatif untuk hemat ya, Bela!

3. Meninggalkan perhiasan atau bawaan berharga di koper atau lemari

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ freepik

Saat menginap beberapa hari di hotel, mungkin kamu berpikiran untuk meninggalkan perhiasan atau bawaan berharga lainnya di koper atau lemari. Akan tetapi hal ini nggak menutup kemungkinan akan terjadinya pencurian.

Beberapa hotel menyediakan brankas untuk menyimpan beberapa benda berhargamu. Pakai fasilitas itu demi keamanan ya, Bela.

4. Lupa memeriksa tempat tidur

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ rawpexel

Terkadang rasa lelah setelah perjalanan membuatmu langsung rebahan di tempat tidur. Tetapi hal ini akan membahayakanmu saat lupa memeriksa tempat tidur. Bisa jadi ada serangga atau binatang yang ada di bawah selimut.

Oleh karena itu, periksa setiap sudut hotel yang kamu tinggali terlebih dahulu.

5. Menjaga pintu kamar mandi terbuka saat mandi

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ jcomp

Nggak ada yang salah ketika kamu ingin menikmati mandi air panas di hotel. Tetapi waspadalah dengan apa yang terjadi dengan uap air panas tersebut. Mandi dengan air panas di hotel bisa menimbulkan banyak uap yang dapat memicu sistem alarm kebakaran hotel menyala.

6. Tetap menggunakan bantal yang bernoda dan bau

Hindari Hal ini Saat Menginap di Hotelfreepik.com/ natalystep

Jika kamu melihat bantal yang ada di tempat tidur bernoda dan berbau, hubungi housekeeper dan jangan pernah menggunakannya. Bisa jadi noda dan bau disebabkan karena pencucian yang nggak bersih.

Daripada terjadi alergi di tubuhmu, jauhkan benda-benda itu darimu.

Baca Juga: Solo Traveler, Persiapkan Dulu Hal Ini!