Bulan Ramadan akan menjadi bulan yang sangat dinantikan oleh umat Musiim. Pasalnya, mereka akan mengekspresikan kegiatan religiusnya dengan berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam. Nggak hanya itu, umat Muslim juga diharuskan untuk menahan hawa nafsu. Akan tetapi, walaupun berpuasa hal ini nggak melunturkan para travellers untuk menjelajah berbagai negara. Bahkan negara ini merupakan destinasi wisata yang kerap kali dikunjungi saat bulan Ramadan. Negara mana sajakah itu?

1. Indonesia

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanpexels.com/ artitwpd

Selama Bulan Ramadan, beberapa restoran dan tempat makan akan menjadi sepi daripada hari biasanya. Bahkan terdapat warteg yang ditutupi oleh gorden yang merupakan bentuk rasa toleransi oleh umat Muslim yang melakukan puasa. Banyak tempat bernuansa Muslim yang dapat dijelajahi, dari masjid yang bernilai arsitektur tinggi hingga budaya yang mandarah daging di Indonesia seperti menyalakan kembang api saat malam Lebaran.

2. Malaysia

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/freestockcenter

Kehidupan akan berjalan seperti biasanya, seperti di kota-kota besar di Malaysia, Kuala Lumpur, George Town. Tetapi di kota kecil ataupun pinggiran kota seperti Kota Bharu dan Kuala Terengganu, suasa akan tenang pada siang hari dan akan ramai pada siang hari. Di negara Malaysia ini juga menandai akhir Bulan Ramadan dengan libur nasional dan Idul Fitri seperti layaknya Indonesia.

3. Iran

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanpexels.com/ suloletta

Tiap harinya di Bulan Ramadan, warga Iran menyukai sajian buka puasa yang manis termasuk zoolbiah dan bamieh (terbuat dari gula dan adonan berbahan dasar pati). Di negara ini juga terdapat destinasi wisata yang buka biasa seperti Bulan Ramadan.

4. Singapore

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/freestockcenter

Walaupun umat Muslim di negara ini masih tergolong minoritas, tetapi Bulan Ramadan adalah salah satu waktu yang paling menyenangkan untuk dihabiskan di Singapore. Kamu bisa mengunjungi bazar yang muncul di seluruh Geylang Serai, yang terletak di Kawasan Melayu. Disini juga akan ramai dan semarak dengan banyak jajanan khas negara ini.

5. Brunei

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/brgfx

Setelah matahari terbenam, jalan-jalan di Brunei menjadi hidup ketika orang-orang menikmati makanan di saat buka puasa. Di bazar Ramadan, kamu akan menemukan banyak hidangan lokal dan desserts yang lezat. Tetapi pada siang hari, kamu harus merasakan waktu seperti biasanya.

6. Afrika Selatan

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanpexels.com/ Pixabay

Islam merupakan agama terbesar kedua di Afrika Selatan. Rumah yang berwarna Bo-Kaap di bawah Signal Hill memberikan latar Ramadan yang indah di Cape Town. Kota yang sedang naik daun ini adalah rumah bagi komunitas besar Melayu dan masjid tertua Afrika Selatan di Dorp Street. Terbuka untuk umum yang menawarkan pemandangan terbaik Table Mountain.

7. Oman

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanunsplash.com/ Anfal Shamsudeen

Manfaatkan tarif khusus hotel selama Bulan Ramadan dan unjungi Muscat, ibukota Oman. Di sini kamu dapat menikmati warisan negara yang kaya akan sejarah. Kamu dapat menikmati keindahan museum di sepanjang hari dan di malam hari kamu dapat bergabung di kerumunan orang yang berjalan ramai-ramai setelah berbuka puasa.

8. Morroco

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/mrsiraphol

Casablanca adalah rumah bagi Masjid Hassan II, salah satu peninggalan arsitektur Muslim di dunia. Mi Marrakech, kamu dapat menyaksikan pemandangan memukau dari ribuan orang yang berdoa di bawah matahari sore dan menjelajahi bazar untuk mencari hidangan khas Morroco.

9. Qatar

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/ user7941389

Awal buka puasa ditandai dengan penembakan Meriam setiap harinya. Setelah itu orang-orang membuka tenda-tenda Ramadan untuk makan malam prasmanan dan melakukan perayaan. Anak-anak juga berkeliling untuk menyanyikan lagu-lagu yang disebut tradisi Gurangao.

10. United Arab Emirates

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanunsplash.com/ Roman Logov

Di pusat perdagangan Arab, kamu dapat menemukan berbagai acara buka puasa yang mewah di mana kamu akan makan seperti sultan di berbagai hotel mewah. Di Dubai, kamu dapat menemukan tenda bergaya Badui yang menawarkan shisha dan belly dancing untuk berbuka puasa.

11. Turki

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanunsplash.com/ Daniela Cuevas

Seperti kebanyakan negara mayoritas umat Muslim, Turki menjadi hidup pada malam hari setelah buka puasa. Menjadi kebiasaan saat penabuh gendang pergi berjalan di tengah malam untuk membangunkan orang saat sahur.

12. Mesir

Destinasi Wisata Saat Bulan Ramadanfreepik.com/pakhnyushchyy

Kairo akan sunyi selama dua jam setiap harinya ketika orang-orang berbuka puasa. Setelah itu keramaian akan terjadi kembali. Orang Mesir yang kaya raya akan mengadakan pesta besar-besaran untuk orang yang kekurangan dengan berbagai makanan yang banyak.

Baca Juga: 8 Tips Jaga Semangat Kerja Saat Sedang Berpuasa