Setiap kamu melakukan traveling ke tempat baru, pastilah ada tantangan, keraguan dan rasa canggung kepada warga lokal. Traveling-mu kali itu mungkin adalah lokasi yang pertama kali kamu kunjungi, yang menjadi pertanyaan, bagaimana kamu dapat menempatkan dirimu dan menyesuaikan diri?

Di tempat baru kamu nggak bisa memprediksi apa yang akan terjadi padamu dan keadaan sekitar. Jangan khawatir, ada beberapa trik yang membantumu cepat beradaptasi ketika kamu melakukan traveling di tempat baru.

1. Jangan lupa bawa uang tunai

Cara Menyesuaikan Diri di Tempat Traveling Baruunsplash.com/ Sharon McCutcheon

Jika kamu melakukan traveling di luar negeri pastikan kamu mempunyai uang tunai. Dengan begitu kamu bisa naik transportasi online, mendapatkan kartu SIM lokal atau sekedar menikmati kopi di kedai kopi terdekat.

Bayangkan jika kamu nggak mempunyai uang cash sama sekali di tempat baru, mungkin bisa dengan mengandalkan kartu kredit, tetapi bagaimana jadinya jika mengalami trouble?

2. Catat alamat penting

Cara Menyesuaikan Diri di Tempat Traveling Baruunsplash.com/Kevin Angels√ł

Mengingat nama jalan di luar negeri ataupun tempat baru bukanlah hal yang mudah untuk sebagian orang, oleh karena itu catat alamat akomodasimu itu sangat penting. Kamu nggak boleh mengandalkan Wi-Fi gratis di kafe untuk mengakses maps, ataupun mengandalkan pengemudi taksi yang kamu tumpangi, yang perlu kamu lakukan adalah memotret gambar jalannya dan mengambil kartu nama di mana kamu tinggal.

3. Orientasi dirimu dengan Google Maps

Cara Menyesuaikan Diri di Tempat Traveling Baruunsplash.com/Sebastian Hietsch

Google Maps adalah aplikasi yang bagus dan harus kamu unduh sebelum melakukan traveling. Karna GPS yang bisa kamu sambungkan, kamu bisa mengetahui posisimu saat it, bahkan dapat menggunakan aplikasi untuk menavigasi melalui tempat-tempat asing. Baik Anda mencari restoran, pantai, atau rute ke destinasi berikutnya.

Pastikan ponselmu sudah terisi oleh paket internet ya, Bela.

4. Dapatkan tips dari warga lokal

Cara Menyesuaikan Diri di Tempat Traveling Baruunsplash.com/Sorasak

Jika kamu melakukan traveling sangat disarankan untuk melakukan komunikasi dua arah dengan warga lokal. Hal ini akan memberimu banyak informasi, baik dari tempat yang ok di tempatmu berada bahkan kamu bisa diundang ke acara mereka sebagai tamu. Wah, menarik bukan?

5. Pelajari bahasa lokal

Cara Menyesuaikan Diri di Tempat Traveling Baruunsplash.com/Raul Cacho Oses

Nggak ada salahnya sebelum traveling ke dalam ataupun luar negeri kamu bisa mempelajari sedikit bahasa lokalnya. Nggak harus banyak, mungkin kalimat umum yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jangan takut untuk salah mengucapkannya, karena bahasa lokal akan mencerminkan kamu interest dengan tempat yang kamu kunjungi. Jika beruntung, kamu bisa mendapatkan diskon lho saat bertransaksi di sana.

Baca Juga: Cara Travelling Hemat di Paris