Merebaknya serial drama Korea yang memperlihatkan bagaimana cantiknya kota di sana membuat kita berkhayal ingin segera mengunjunginya suatu hari nanti. Di sana, kita akan merasakan pengalaman tak terlupakan yang akan berkesan seumur hidup.

Seoul menjadi ibukota sekaligus kota di Korea Selatan yang sering dijadikan sebagai latar lokasi serial dan film Korea. Namun, karena sudah sering melihatnya di dalam layar, lama kelamaan kita menjadi hafal dan menganggapnya sesuatu yang biasa.

Jika kamu ingin merasakan liburan yang anti-mainstream, deretan kota di Korea Selatan ini bisa kamu pilih. Sebab, selain nggak biasa, kota-kota ini masuk ke dalam daftar kota terbaik versi FluentU.com untuk dikunjungi. Apa saja?

1. Incheon

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiHrs.com

Jika kamu pernah ke Korea Selatan, nama Incheon mungkin sudah tak asing lagi bagimu bukan? Sebab, di kota inilah terdapat bandara internasional berada yang melayani penerbangan dari dan ke seluruh penjuru dunia.

Incheon berada di sebelah timur dari Seoul dan letaknya berbatasan langsung dengan ibukota Korea Selatan itu. Meski termasuk kota metropolitan yang modern, Incheon tidak seramai Seoul. Bahkan di dalam kota ini, terdapat berbagai fasilitas yang membuatmu tak perlu keluar kota untuk menikmatinya. Misalnya, beragam transportasi umum sudah terintegrasi dengan baik, fasilitas pendidikan yang lengkap, taman hiburan, hingga taman terbuka hijau di setiap sudutnya.

2. Pohang

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiKorea.stripes.com

Kamu yang menyukai pantai pasti akan betah berlama-lama di Pohang. Kota satu ini memiliki pantai yang indah dengan patung berbentuk tangan yang ikonik.

Selain sebagai lokasi pabrik dan industri baja terbesar di dunia, yakni Posco, Pohang juga dikenal sebagai kota untuk beristirahat yang nyaman. Di sini terdapat banyak jalur hiking yang indah. Jalur ini didesain untuk beragam pendaki, mulai dari pendaki pemula, hingga profesional. Kamu bisa mencobanya di Pohang.

Pohang juga memiliki Gyeongju dan Gua Seokguram yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Dijamin kamu nggak akan kehabisan kegiatan untuk mengeksplorasi tempat ini.

3. Pulau Jeju

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiSCMP.com

Kamu yang pernah menonton Squid Game pasti masih ingat adegan saat Kang Sae Byeok yang bercerita pada Ji Yeong soal keinginannya mengunjungi Pulau Jeju. Keindahan pulau tersebut membuat Kang Sae Byeok sangat mendambakan bisa mendatanginya suatu saat nanti.

Bukan hanya Kang Sae Byeok, turis mancanegara dan bahkan orang Korea sendiri sangat menyukai Pulau Jeju. Pulau ini memiliki iklim hampir tropis yang hangat, sehingga sangat digemari sebagai destinasi liburan mereka.

Biasanya, orang Korea memilih Pulau Jeju sebagai lokasi bulan madu mereka. Sebab, pulau ini terkenal akan keromantisannya dan tak kalah dengan Paris atau Venesia. 

Di Pulau Jeju terdapat taman hiburan Love Land dan pasa tradisional Shining Light Field Flea Market. Untuk tempat menginap, di sini terdapat banyak sekali hotel bintang lima yang bisa kamu pilih sesuai dengan budget yang kamu punya.

4. Gwangju

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiBefreetour.com

Gwangju menjadi saksi bisu sejarah politik Korea Selatan. Pada tahun 1980 pemberontakan pro-demokrasi yang terjadi di Korea Selatan bermula dari kota ini. 

Terlepas dari sejarah politik, Gwangju juga dikenal sebagai kota seni dan budaya kontemporer Korea Selatan. Kamu yang sangat mencintai dunia seni bisa betah berlama-lama di kota ini untuk mengeksplorasinya.

Di sini kamu dapat menikmati banyak pertunjukan seni yang memuaskan mata. Mulai dari museum, galeri seni, hingga teater. Tapi, jika kamu lebih suka menikmati pemandangan alam dan berkegiatan di luar ruangan, kamu bisa mengunjungi Taman Nasional Gunung Mudeung yang buka sepanjang tahun.

5. Jeonju

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiKlook.com

Jika kamu tidak menyukai hiruk pikuk kota besar, Kota Jeonju bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu singgahi. Kota ini memiliki satu wilayah unik yang disebut Desa Hanok. Desa ini menjadi favorit para pelancong karena memiliki bangunan yang mempertahankan arsitektur khas abad pertengahan Korea. 

Meski kota kecil, Jeonju juga menjadi tuan rumah untuk festival internasional tahunan Festival Sori Internasional. Dalam festival ini akan disajikan beragam pertunjukan musik, film dan karya seni lainnya. Selain itu, terdapat pula makanan-makanan tradisional khas Korea yang bisa kamu cicipi di sini.

6. Cheongju

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk DikunjungiVisitkorea.or.id

Terakhir ada Cheongju. Di kota kecil ini kamu akan dapat melihat saksi sejarah politik Korea Selatan di masa kuno. Maka dari itu, beberapa bangunan bersejarah yang autentik masih dapat kamu saksikan hingga hari ini.

Cheongju juga menjadi rumah bagi beberapa institusi pendidikan besar Korea Selatan. Salah satunya, yakni Akademi Angkatan Udara Korea. 

Berbeda dengan kota lainnya, Cheongju merupakan kota sungai di Korea Selatan. Banyak jalan layang dibangun di atas sungai tersebut untuk mempermudah mobilitas masyarakatnya. Salah satu sungai terbesar di Cheongju adalah Sungai Geum dan Musimcheon.

7. Imsil

Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk Dikunjungikorea.net

Inilah kawasan yang disebut sebagai kota keju. Kabupaten Imsil terletak di provinsi Jeolla Utara dan terkenal dengan keindahan alamnya yang rimbun. Di sini, kamu bisa hiking, trekking dan merasakan kesembuhan batin lewat udara sejuk dan keindahan alam yang memukau dari pegunungan Baeknyeonsan, Godoeksan dan Seongsusan.

Ditambah lagi, perairan Sungai Seomjingang yang tenang, yang memiliki kisah bajak laut pernah berlayar ke daerah itu untuk melakukan invasi, tetapi mereka ketakutan setelah mendengar ratusan ribu kodok yang marah. Inilah sebabnya mengapa sungai itu dinamai 'seom', atau 'kodok'.

Kota ini pula yang satu-satunya menawarkan wisata keju. Bahkan memiliki taman hiburan yang didedikasikan untuk keju! The Imsil Cheese Theme Park adalah wahana untuk mempelajari lebih lanjut tentang industri keju di Korea Selatan. 

Itulah tadi daftar kota terbaik di Korea Selatan yang cocok untuk dikunjungi selain Seoul. Jadi, mau ke mana dulu, nih?

Baca Juga: Ingin Pindah ke Korea Selatan? Simak Dulu 11 Fakta Menariknya!

Baca Juga: Destinasi Wisata Anti-Mainstream, 10 Pantai Terbaik di Korea Selatan

Baca Juga: 8 Hal Unik di Korea Selatan yang Banyak Orang Tidak Tahu