Membicarakan soal liburan, seolah tidak ada habisnya. Akan ada banyak cara untuk menikmati liburan atau berkunjung ke lokasi wisata yang kita tuju. Cara menikmatinya pun juga beragam, salah satunya dengan berkendara melalui jalan darat.

Kalau biasanya kamu menikmati Amerika Serikat dengan menaiki bus atau kereta, coba sesekali nikmati perjalanan daratnya yuk. Dijamin kamu akan dibuat terpana dengan pemandangan alamnya.

Berikut ini ada tujuh perjalanan darat apik di Amerika Serikat yang sesekali harus kamu kunjungi. Di mana saja ya?

1. Top of the Rockies Scenic Byway, Colorado

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum Terkenali25kia.com

Perjalanan darat ini memiliki tiga rute terpisah yang akhirnya bertemu di Leadville, Colorado. Kamu tidak harus melewati ketiganya jika ingin berkunjung ke sana. Karena masing-masing rute punya waktu yang cukup singkat untuk dilalui. Yang pertama kamu bisa pergi lewati lima gunung besar yang mengelilingi Leadville. Dua di antara gunung itu merupakan yang tertinggi di negara bagian tersebut.

Untuk merasakan pengalaman luar biasa ini kamu bisa melalui Tennessee Pass dan menyeberangi Continental Divide untuk mencapai Kota Minturn yang megah dengan ladang bunga liar yang luar biasa. Lalu jika kamu melalui rute Independence Pass menuju Aspen memiliki pemandangan yang luar biasa dari Rockies dan Twin Lakes. Kamu juga bisa mengemudi di sepanjang Sungai Arkansas melalui Fremont Pass ke Copper Mountain sangat ideal untuk menemukan peternakan, tambang tua dan beberapa satwa liar Colorado.

2. Overseas Highway, Florida

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum TerkenalDok. Internet

The Overseas Highway adalah salah satu jalan paling unik di negara ini. Alasannya, karena pada dasarnya pulau ini melalui banyak tempat liburan terpanas di Florida seperti Islamorada (rumah dari perusahaan pembuat bir Florida) dan Marathon (rumah dari Long Key State Park). Ada The Seven-Mile Bridge yang menjadi primadona rute ini. Jadi pastikan untuk menyeberang di siang hari untuk dapat melihat pemandangan luas yang menyenangkan hati.

Kamu juga bisa berenang bersama lumba-lumba di Dolphin Research Center di Grassy Key, snorkeling dengan makhluk laut di John Pennekamp Coral Reef State Park dan selfie di Southernmost Point Buoy, bagian selatan terjauh yang bisa kamu dapatkan di benua Amerika.

3. Columbia River Highway, Oregon

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum Terkenaltraveloregon.com

Jalan ini merupakan yang pertama yang secara resmi dinyatakan sebagai National Historic Landmark. Rute Columbia River Highway berawal dari Troutdale, Oregon, dan kamu akan segera melihat Columbia River George yang indah. Bersiap-siap untuk melalui jalanan serupa roller-coaster yang membuatmu kaget saat kamu melewati Crown Point setinggi 600 kaki ke arah Sungai Columbia yang dirancang khusus untuk kamu yang suka menjelajah jalan.

Setidaknya ada enam air terjun terkenal yang akan kamu lewati nanti di rute ini. Salah satunya Multnomah Falls, di mana kamu bisa melihat pemandangan jembatan yang menakjubkan. Setibanya di Kota Mosier, kamu bisa menelusuri terowongan lava rock di Mark O. Hatfield Trailhead. Jalan ini akan berakhir setelah sekitar 70 mil melewati The Dalles, dekat dengan Sunshine Mill Winery.

4. Hana Coast Highway, Hawaii

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum TerkenalDok. Internet

Pulau Maui di Hawaii adalah tujuan kamu untuk suasana romansa tropis. Banyaknya air terjun, pantai pasir hitam, dan pohon kayu putih di sepanjang jalan raya hutan hujan membuat perjalanan ini benar-benar sepadan dengan tingkat kesulitan yang akan kamu hadapi. Meskipun hanya berjarak 52 mil, namun kamu akan merasakan perjalanan dua sampai tiga jam lamanya.

5. Trail of the Ancients Scenic Byway, New Mexico

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum TerkenalDok. Internet

Jika kamu berminat untuk berpanas-panasan, Trail of the Ancients Scenic Byway akan sangat cocok denganmu. Terdapat Chacho Canyon di sebelah barat Albuquerque yang merupakan sebuah situs upacara penting bagi masyarakat Pueblo di sekitaran tahun 850 dan 1250 masehi. Setelah melewati lembah luar biasa, lanjutkanlah berkendara ke selatan melalui kota-kota Crownpoint dan Grants menuju El Morro Monumen Nasional yang memiliki 2 ribu atau lebih tanda tangan para wisatawan di atas batu pasir selama berabad-abad.

Untuk kamu yang menyukai seni, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke timur melalui Zuni Reservation di Zuni Pueblo, komunitas seni yang masih mempraktikkan tradisi leluhur dan cara hidup yang kuno. Jika tidak ingin berwisata sendirian, kamu juga bisa mengikuti tur gurun sepanjang 360 mil di Farmington, di mana kamu dapat melihat Monumen Nasional Reruntuhan Aztec dan Reruntuhan Salmon, yang keduanya berasal dari tahun 1050-an.

6. The Black Hills dan Badlands, South Dakota

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum Terkenalrevealedamerica.com

Black Hills dan Taman Nasional Badlands di South Dakota menawarkan 5 juta hektar padang rumput, hutan dan formasi batuan. Kamu bisa memulai perjalananmu dari Badlands Loop State Scenic Byway dekat Kota Interior. Setelahnya kamu bisa menuju utara ke Spearfish Canyon, rumah batu kapur merah muda setinggi langit dan air terjun yang cantik. Lanjut ke jalan berliku dan lalui Black Hills National Forest untuk memeriksa Crazy Horse Memorial, Custer State Park dan Mount Rushmore. Seru!

7. North Shore Scenic Drive, Minnesota

7 Perjalanan Darat Apik di Amerika yang Belum TerkenalDok. Internet

Untuk pengalaman perjalanan darat lainnya kamu bisa berkendara di sepanjang pantai danau air tawar terbesar di dunia yaitu Danau Superior. Walau mungkin kamu akan merasakan sulitnya sinyal ponsel, namun kamu akan mendapatkan pengalaman yang tidak akan terlupakan di sini. Rutemu bisa dimulai di Duluth dan ke utara. Melewati banyak mercusuar yang menghiasi garis pantai berbatu di kananmu dan Pegunungan Sawtooth jauh di sebelah kirimu.

Masih di rute yang sama, di tempat lain ada pula pohon pinus dan pohon birch yang berjajar rapi memanjakan matamu. Kamu akan melihat pantai saat kamu sampai di 142 mil perjalananmu. Satu hal yang wajib dicatat, Danau Superior terkenal sangat dingin dan mencapai 65 derajat Fahrenheit di bulan-bulan terpanas tahun ini. Namun, saat puncak musim panas hadir mungkin kamu akan sangat membutuhkannya.

Baca Juga: Siapkan Koper & Paspormu, Inilah 5 Destinasi Wisata Impian Tahun 2019!