Kalau kamu suka traveling, terutama bepergian ke luar negeri, jaga baik-baik paspor kamu ya. Sebab, jika paspor kamu rusak sedikit saja, kamu akan tertahan di imigrasi bandara dan itu menyebabkan gagalnya semua rencana liburan yang sudah kamu susun.

Hal ini seperti yang dialami oleh Tegan Martin. Miss Universe Australia 2014 ini harus tinggal lebih lama di Bali karena ia tertahan pihak imigrasi saat akan meninggalkan Pulau Dewata tersebut. Ada apa?

Paspor Rusak Terkena Air

Paspor Rusak, Miss Universe Australia Tertahan di Imigrasi Bali Instagram.com/tegan.martin

Tegan harus tertahan di imigrasi Bali saat akan meninggalkan Pulau Dewata setelah liburan. Alasan Tegan ditahan adalah paspor yang rusak dan sedikit bergelombang lantaran terkena cairan. Padahal kalau diperhatikan lebih detail, paspor Tegan rusak di bagian ujungnya. Di mana ujung paspor atau tepatnya dekat dengan tulang buku, terkena air dan bergelombang.

Paspor Rusak, Miss Universe Australia Tertahan di Imigrasi Bali Instagram.com/tegan.martin

“Aku tidak diizinkan untuk terbang karena noda air di pasporku. Apakah orang lain pernah mengalami hal yang sama denganku?” tulis Tegan di akun Instagramnya.

Penyebab Tegan Tertahan

Paspor Rusak, Miss Universe Australia Tertahan di Imigrasi Bali Instagram.com/tegan.martin

Rusaknya paspor milik Tegan bukan masalah sepele. Sebab, bisa jadi data-data identitas diri yang ada di dalam paspor tersebut tidak terbaca dengan jelas saat Tegan melapor ingin meninggalkan wilayah Indonesia.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Pemeriksaan Masuk dan Keluar Wilayah Indonesia Pasal 31 yang berisi:

Pasal 31

Pemeriksaan Keimigrasian terhadap Orang Asing yang keluar

wilayah Indonesia dilakukan dengan tahapan:

a. memeriksa Dokumen Perjalanan;

b. melakukan wawancara;

c. memeriksa izin keluar atau Izin Masuk Kembali;

d. memindai Dokumen Perjalanan;

e. mengambil Data Biometrik;

f. memeriksa dalam daftar Penangkalan.

Bisa jadi jika paspor rusak, maka pemeriksaan data biometrik terganggu sehingga menghambat proses keimigrasian yang seharusnya dilakukan. Biometrik sendiri ialah proses perekaman karakteristik fisiologis berhubungan dengan bentuk tubuh, seperti identifikasi sidik jari, pengenalan wajah, telapak tangan, dan retina mata. Gunanya untuk mempermudah proses imigrasi.

Maskapai Penerbangan Ikut Terkena Dampaknya?

Paspor Rusak, Miss Universe Australia Tertahan di Imigrasi Bali Instagram.com/tegan.martin

Melansir The Sun, pihak maskapai penerbangan Jet Star terancam akan terkena denda sebesar $5 ribu atau setara Rp70 juta karena membawa penumpang berdokumen tidak lengkap masuk ke wilayah Indonesia.

Untuk mengatasi masalah ini, mengutip dari berbagai sumber, Tegan diminta oleh pihak imigrasi mengajukan pembuatan paspor baru untuk mengganti paspornya yang rusak sehingga memudahkannya untuk bepergian ke dalam maupun luar negeri.

Hingga artikel ini ditulis tidak diketahui bagaimana Tegan menyelesaikan masalah dokumennya tersebut. Namun, jika dilihat dari akun Instagram-nya, Tegan sudah kembali berada di Australia yang menandakan bahwa masalah paspornya sudah berhasil diatasi.

Baca Juga: Siapkan Koper & Paspormu, Inilah 5 Destinasi Wisata Impian Tahun 2019!