Indonesia terkenal dengan beragam budayanya. Dari ujung Sabang hingga Merauke, banyak sekali budaya yang bisa kita eksplorasi dan pelajari. Banyaknya budaya inilah yang membuat Indonesia menjadi beragam dan kaya.

Berawal dari keragaman budaya tersebut, Clean & Clear mengajak enam remaja perempuan pemenang kompetisi perjalanan ‘Cerita Indonesia Kita’ yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia hari ini memulai perjalanannya ke Yogyakarta untuk mengeksplorasi keberagaman serta kebudayaan yang terdapat di daerah tersebut. Rangkaian acara yang diadakan mulai dari tanggal 7-9 November 2018 ini merupakan kelanjutan dari gerakan ‘Cerita Indonesia Kita’ yang diluncurkan Clean & Clear Indonesia di bulan Agustus 2018 lalu untuk mengajak remaja puteri Indonesia merayakan indahnya keberagaman sehingga mereka dapat tampil percaya diri apapun latar belakang, kondisi ataupun warna dan jenis kulit mereka.

“Melalui perjalanan ini dan interaksi langsung dengan remaja lokal di Yogyakarta, mereka akan menemukan berbagai keberagaman dalam hal kebudayaan, kebiasaan ataupun hal-hal lainnya yang mungkin tidak biasa mereka temui di wilayahnya masing-masing. Kami berharap mereka nantinya bisa menerima keberagaman serta menghargai perbedaan yang terdapat pada diri setiap orang, termasuk diri mereka sendiri, sehingga mereka lebih percaya diri untuk meraih potensi mereka secara maksimal,” ungkap Rian Surachman, Brand Manager Clean & Clear Indonesia.

Lokasi mana saja yang dieksplorasi selama kunjungan di Yogyakarta? Baca ulasannya berikut ini yuk.

Wisata Sejarah, Budaya, dan Seni Jawa, serta Eksplorasi Wisata Alam di Hari Pertama

Cintai Keberagaman Lewat Eksplorasi Seni dan Budaya YogyakartaPopbela.com/Clean & Clear Indonesia

Perjalanan hari pertama dimulai dengan mengunjungi Museum Ullen Sentalu untuk mengenal seni dan budaya Jawa. Selama di museum ini, para remaja tersebut dibawa dalam tur untuk mempelajari warisan sejarah mengenai budaya Jawa kuno serta segala aturannya, dinasti Mataram, koleksi bermacam-macam batik dan makna yang mendalam di setiap coraknya, termasuk tokoh-tokoh inspiratif yang berperan besar terhadap perkembangan kebudayaan Jawa.

Melanjutkan perjalanan di hari pertama setelah mengenal kebudayaan dan sejarah lebih dalam, enam remaja terpilih tersebut kemudian diajak untuk merasakan salah satu keindahan alam Yogyakarta, yaitu menyusuri Goa Pindul. Selama menyusuri Goa Pindul, mereka diajak untuk mengesampingkan perbedaan dan bekerja sama untuk melewati goa yang cukup gelap ini secara bersama-sama dalam kelompok dalam rangka memupuk rasa toleransi dan kebersamaan.

Cintai Keberagaman Lewat Eksplorasi Seni dan Budaya YogyakartaInstagram.com/kadekarini

Beranjak ke kunjungan terakhir di hari pertama, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi salah satu situs budaya dan sejarah yang mendunia yang juga masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO, yaitu Candi Ratu Boko. Pada sesi ini, mereka mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah candi ini yang merupakan sebuah wihara sebelum dipergunakan menjadi keraton yang lengkap dengan fasilitas pertahanannya.

Berinteraksi Langsung dengan Kebudayaan Jawa di Hari Kedua

Cintai Keberagaman Lewat Eksplorasi Seni dan Budaya YogyakartaPopbela.com/Clean & Clear Indonesia

Perjalanan di hari kedua tak kalah seru, para remaja puteri terpilih ini untuk menjelajahi keindahan Candi Borobudur, sekaligus mengenal dan berinteraksi langsung dengan kesenian Jawa. Perjalanan hari kedua dimulai dengan bersepeda mengunjungi kerajinan topeng dimana para pemenang berkesempatan mengikuti pelatihan melukis topeng kayu. Setelah itu, enam remaja perempuan ini mendapatkan pengalaman berlatih tari tradisional khas Jawa bersama remaja lokal di sanggar tari.

Puas belajar menari, remaja perempuan bersama dengan travel blogger, Kadek Arini melanjutkan perjalanan ke Candi Borobudur. Teriknya siang hari itu nggak menyurutkan semangat mereka untuk mengeksplorasi bangunan bersejarah peninggalan Dinasti Syailendra tersebut.

Cintai Keberagaman Lewat Eksplorasi Seni dan Budaya YogyakartaPopbela.com/Clean & Clear Indonesia

“Selain menikmati keindahannya, para remaja puteri  juga dapat mengetahui cerita dari sebuah tempat bersejarah  berinteraksi secara langsung agar dapat merangkul setiap perbedaan budaya yang mereka temui. Melalui kegiatan ini, para generasi muda diharapkan mampu untuk menghargai kekayaan ragam budaya Indonesia,” ujar Kadek Arini.

Indonesia memang beragam budayanya. Sejarah dan seninya patut kita eksplorasi dan ketahui lebih jauh. Selain bisa membuat kita bangga terhadap kekayaan bangsa, keberagaman ini bisa memupuk rasa persaudaraan antar sesama warga Indonesia. Kamu berminat juga untuk mengeksplorasi kebudayaan Indonesia, Bela?

Baca Juga: 7 Hostel di Yogyakarta dengan Harga di Bawah Rp150 Ribu