Pemerintah baru saja mengumumkan pemangkasan jumlah hari cuti bersama tahun 2021 pada akhir Februari 2021 lalu. Keputusan jumlah cuti yang awalnya tujuh hari, dipangkas menjadi dua hari ini, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diputuskan pada rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Cuti Bersama 2021. Tentunya pertimbangan dan keputusan ini tidak jauh dari fakta angka kasus COVID-19 di Indonesia.

Waktu liburan yang semakin singkat ini tentunya mengubah rencana perjalanan yang mungkin sudah mulai kita atur. Namun, jangan khawatir, Bela. Kamu masih bisa melakukan next normal traveling, yaitu dengan staycation di dekat tempat tinggal kamu. 

Staycation bisa menjadi pilihan untuk melepas penat dengan waktu liburan yang cukup singkat. Liburan ini juga relatif aman, karena kamu hanya perlu tinggal di suatu akomodasi yang aman dan nyaman dengan suasana yang berbeda dari rumah.

Namun, mungkin beberapa dari kamu sudah bosan dengan hiburan yang ada di dekat rumah. Padahal, jika kamu mau mencari tahu, ada beberapa hidden gems di kota kamu yang bisa kamu kunjungi saat staycation. Nah, beberapa hidden gems yang tersebar di Pulau Jawa yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk staycation dengan aman dan nyaman! Simak daftarnya berikut ini.

1. Taman Wisata Mangrove, Jakarta Utara

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/twa_mangrove

Meski kamu tinggal di Jakarta yang padat penduduknya dan merupakan kota yang sangat sibuk, kamu masih bisa tetap menikmati keindahan alam hutan mangrove, lho! Salah satunya adalah Taman Wisata Mangrove yang terletak di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. 

Selain kamu bisa berelaksasi, kamu juga bisa belajar tentang hutan mangrove di sini. Di Taman Wisata Mangrove, juga menawarkan berbagai macam penginapan yang sangat nyaman dengan pemandangan hutan dan suasananya yang rindang. Cocok banget, nih, untuk mencari suasana kerja baru jika kamu bosan di rumah.

2. Pasir Putih, Jakarta Utara

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/eatandcapture

Masih di Jakarta Utara, kamu bisa menikmati pantai buatan satu-satunya di Jakarta, yakni Pantai Putih. Pantai ini dilengkapi dengan wilayah pedestrian yang luas dan jalur sepeda. Kamu juga disuguhi banyak wisata kuliner yang buka hingga malam hari. Lokasinya yang tidak jauh dari pusat keramaian, Pantai Indah Kapuk juga membuat kamu mempunyai lebih banyak pilihan makanan. Betah, deh, staycation di sini.

3. Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/wibisono.ari

Sebagai orang Jakarta, tidak sah jika kita tidak mengenal lebih dekat dengan suku yang menempati Kota Jakarta, yakni Suku Betawi. Kamu bisa mengenal sejarah dan adat istiadat Suku Betawi secara menyenangkan dengan melakukan rekreasi ke Kampung Betawi, Setu Babakan, Jakarta Selatan. 

Kampung Betawi ini merupakan tempat cagar budaya Betawi agar tidak punah. Di sana, kamu akan melihat berbagai kesenian Betawi, wisata air, hingga wisata kuliner yang tentunya menyajikan makanan khas betawi seperti kerak telor, laksa, dan tauge goreng.

4. Hutan Kota Srengseng, Jakarta Barat

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/tasblockindo

Satu lagi hutan di tengah kota, yang bisa kamu kunjungi saat memilih untuk staycation di Jakarta, yaitu Hutan Kota Srengseng. Hutan yang berada di Jakarta Barat ini merupakan tempat terbuka yang dijadikan tempat resapan air agar tidak terjadi banjir. Hutan Kota Srengseng ini ditumbuhi berbagai macam tumbuhan, seperti pohon akasia dan flamboyan. Cocok banget untuk kamu yang suka berolahraga atau sekadar berjalan kaki, nih!

5. Bukit Moko, Bandung

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/bukitmoko

Bagi kamu yang tinggal Bandung, kamu juga bisa, lho, menikmati pemandangan alam yang tidak bisa dinikmati orang di kota lain. Salah satunya kamu bisa memandangi hingga puas keindahan kelap kelip bintang malam di Bukit Moko yang terletak di Cimenyan, Bandung. 

Dari ketinggian Bukit Moko, kamu bisa melihat secara keseluruhan Kota Bandung dari atas. Kamu juga bisa menikmati kerindangan pohon pinus selama kamu mendaki. Di sana juga tersedia area perkemahan untuk mendapatkan pengalaman menginap yang tak terlupakan.

6. Grojogan Lepo Dlingo, Yogyakarta

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/iwank_markzaid

Yogyakarta memang sering menjadi tempat wisata, tetapi bagi kamu yang tinggal di sana, mungkin bosan dengan destinasi wisata turis. Untuk melepas penat, kamu bisa menikmati wisata alam air terjun yang ada di Yogyakarta, salah satunya Grojogan Lepo Dlingo yang terletak di Gunung Kidul. 

Bagi kamu yang senang berenang, Grojogan Lepo Dlingo menawarkan kolam alam yang mempunyai air jernih untuk kamu coba. Jaraknya dari Kota Yogyakarta kurang lebih membutuhkan waktu satu jam dengan kendaraan roda empat.

7. Mangrove Gunung Anyar, Surabaya

7 Tempat Wisata Tersembunyi di Pulau Jawa yang Nggak Ramai WisatawanInstagram.com/lovesuroboyo

Kota Pahlawan Indonesia ini juga menyimpan wisata alam yang patut kamu kunjungi saat staycation, lho! Mangrove Gunung Anyar salah satunya. Wisata ini menyuguhkan hutan mangrove yang sejuk, indah, dan asri tanpa memungut biaya apapun kepada pengunjungnya. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang tinggal di Surabaya untuk meninggalkan sejenak kebisingan kota. 

Tujuh hidden gem yang berada di Pulau Jawa tersebut, dapat menjadi pilihan kamu yang ingin staycation dengan waktu yang singkat. Selain tempat-tempat yang disebutkan di atas, kamu juga bisa staycation di kota yang terdekat dengan tempat tinggal kamu untuk menenangkan pikiran sejenak dari kesibukan. Namun, perlu diingat, mau di mana pun kamu staycation, jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. 

Perhatikan juga penginapan yang kamu pilih untuk kamu tinggali. Carilah penginapan yang bisa menjamin kebersihan dan keamanannya, seperti RedDoorz, platform multi-brand perhotelan dan akomodasi terbesar di Asia Tenggara, yang mempunyai sertifikat HygienePass. 

“RedDoorz berkomitmen menyediakan penginapan yang aman dan nyaman untuk berlibur di mana pun dan kapan pun. Para pelanggan juga tidak perlu takut untuk menginap di akomodasi RedDoorz, karena kami telah memberikan sertifikasi HygienePass mitra-mitra properti kami, yang pastinya memberikan kepastian kebersihan dan keamanan,” kata PR Manager of RedDoorz Indonesia, Vinda Karuna.

HygienePass merupakan program sertifikasi akomodasi untuk akomodasi dan mitra properti RedDoorz, yang bekerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dalam menciptakan standar baru protokol keamanan dan kebersihan yang baru. Hingga saat ini RedDoorz sudah memberikan sertifikasi kepada lebih dari 700 mitra propertinya yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi, nggak perlu khawatir lagi, kan, untuk staycation di dalam kota. Sebab, banyak pilihan lokasi penginapan yang bisa kamu pilih.

Baca Juga: Nggak Harus Mahal, Inilah 7 Ide Staycation Untukmu

Baca Juga: Mau Staycation? Perhatikan Dulu Aturan di Masa Pandemi ini!

Baca Juga: Sejuk dan Dingin, Inilah 7 Staycation Alam di Bandung