10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Juga

Surga para penunggang ombak

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Juga

Berselancar biasanya dikaitkan dengan gulungan ombak terbaik seperti yang ditemukan di negara bagian Hawaii dan California di Amerika Serikat, dan negara-negara seperti Australia dan Indonesia.

Para penunggang ombak ini akan dengan senang hati berselancar memecah ombak. Dari memberi makan adrenalin dalam diri hingga kedamaian menyatu dengan alam semesta, berselancar memiliki semuanya. Belum lagi pantai yang mengagumkan dan ombak yang bergulung-gulung sepanjang hari itu.

Dunia ini penuh dengan tempat menakjubkan untuk mencapai surganya para peselancar. Untuk itu Popbela ingin membagikan rekomendasi 10 tempat berselancar terbaik di dunia yang bisa kamu kunjungi. Di mana sajakah tempat tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Gold Coast, Australia

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugaexpatra.com

Berkah sebuah film selancar klasik tahun 60-an Endless Summer, para peselancar sudah tahu salah satu surga untuk berselancar di sebuah pantai di Gold Coast, Queensland, Australia. 

Memiliki ombak yang cukup konsisten sepanjang tahun, menjadikan tempat ini rumah bagi banyak kompetisi selancar internasional. Pantai sempurna sepanjang 43 mil ini punya cukup ruang untuk menampung banyak peselancar. 

Gold Coast adalah tempat yang bagus untuk berselancar sepanjang tahun, tetapi ombak terbesar dan terbaik ada di bulan Desember hingga Februari. Jika kamu sedang mencari tantangan, inilah saatnya untuk datang ke Gold Coast.

2. Jeffrey’s Bay, Afrika Selatan

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugatodosurf.com

Tempat selanjutnya ini bahkan direkomendasikan oleh banyak peselancar profesional karena terkenal dengan supertubes atau gulungan ombak kanan yang fenomenal. Tempat ini telah menjadi surga sekaligus neraka bagi para peselancar selama bertahun-tahun. Tempat tersebut berada di Pantai Jeffrey, Afrika Selatan. 

"J-Bay" menyediakan pilihan 10 bagian yang berbeda dan populer bagi peselancar tingkat tinggi maupun longboarders. Namun, kamu harus berhati-hati dengan arusnya, pastikan selalu memakai surf booties dan memiliki papan yang kuat. 

Ombak di Jeffreys Bay termasuk yang paling epik di dunia. Tingginya bisa mencapai 8-10 kaki, dan sangat cocok untuk berselancar. Jeffrey's Bay bukanlah tujuan selancar untuk peselancar menengah, tempat ini direkomendasikan untuk peselancar profesional karena ombaknya yang menantang.

3. Bukit Peninsula / Uluwatu, Bali, Indonesia

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugadestinasian.com

Indonesia adalah rumah bagi beberapa selancar terbaik di dunia ini. Diberkati dengan kepulauan yang memiliki pantai dengan beragam pilihan ombak, mulai dari ombak pantai dasar pasir hingga ombak karang yang sangat dangkal, dan semua yang ada di antaranya.

Salah satu surga peselancar selanjutnya berada di Indonesia, tepatnya di Bukit Peninsula atau Pantai Uluwatu, Bali. Gugusan ombak kelas atas yang luar biasa, ombak di sini bisa mencapai ketinggian 20 kaki, dan arusnya sangat kuat. Pantai-pantai di sana juga menarik sebagai tempat terbaik untuk surfing bagi para profesional, karena mempunyai gelombang besar dan tepian pantai yang sedikit berkarang.

Selain berselancar, kamu bisa melihat keindahan dunia lain dari Pura Uluwatu, yang menghadap ke lepas pantai. Ada beberapa sekolah selancar yang bagus di Uluwatu, dan penduduk setempat sangat ramah dan bersahabat. Waktu terbaik untuk berselancar di Uluwatu adalah pada bulan April hingga Oktober.

4. Malibu, California, Amerika Serikat

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugabritannica.com

Dengan pantainya yang luas, perairan biru kehijauan, udara asin, dan ombak yang sempurna, tidak ada tujuan selancar yang lebih baik di kawasan Los Angeles selain di Malibu. Ini rumah bagi para pemecah ombak, baik yang sudah andal maupun yang baru pertama kali menginjakan kaki di atas papan.

Waktu terbaik dalam setahun untuk berselancar di Malibu Surfrider Beach adalah Agustus dan September, saat badai Samudra Pasifik menghasilkan gelombang besar yang berkualitas. Rata-rata, ombak di Malibu berkisar antara dua hingga empat kaki, tetapi selama gelombang musim panas dan musim gugur, kamu mungkin menemukan ombak setinggi delapan kaki yang terus-menerus terkelupas melintasi garis pantai.

5. Oahu, Hawaii, Amerika Serikat

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugadarkroom.baltimoresun.com

Percaya atau tidak, orang telah berselancar di Hawaii sejak abad ke-4. CNN menobatkan Oahu's Pipeline sebagai tempat selancar nomor 1 di dunia, meskipun hanya para ahli yang dapat menaiki ombak legendaris setinggi 6 meter ini. Tempat terbaik untuk para ahli selama bulan-bulan musim dingin dan pemula selama musim semi. 

Pesisir Utara Oahu terkenal dengan ombaknya yang besar dan beberapa tempat penginapan pantai terbesar dan terbaik di dunia, dapat ditemukan di sini. Tak heran jika tempat ini juga kerap dijadikan lokasi kompetisi World Surf League yang bergengsi dn menentukan posisi seorang atlet selancar.

Untuk selancar terbaik di Hawaii, pergilah ke Sunset Beach di North Shore. Ini adalah salah satu tempat selancar dengan ombak yang luar biasa. Di sanalah akan menemukan Pipeline, salah satu ombak terberat di dunia.

6. Ericeira, Portugal

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugaapollo.no

Ericeria adalah Rumah Kejuaraan Selancar Tur Dunia ASP di pantai Ribeira d'Ilhas, Ericeira sebagai tujuan selancar yang spektakuler dengan standar apapun.

Karena memiliki 9 pantai selancar terbaik dan standar lingkungan yang tinggi, pada tahun 2011 Ericeira dijadikan Cagar Selancar Dunia pertama di Eropa. Itu juga dekat dengan lebih dari 30 tempat selancar lainnya di wilayah tersebut yang dekat dengan Ibu Kota Portugis, Lisbon.

Selain ombak, Ericeira menawarkan pesona asli desa nelayan tradisional Portugis dan pemandangan alam melimpah yang terkenal di kawasan ini.

7. Hossegor, Prancis

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugaoceanadventure.surf/

Surga penunggang ombak lainnya di Benua Eropa, terdapat di Hossegor, yang terletak di pantai Landes Prancis barat daya, menawarkan bermil-mil pantai yang indah dan beberapa barrel pro-level mengesankan yang mengingatkan pada penawaran surfing terbaik di Hawaii.

Setiap tahun di bulan September, profesional berkompetisi di Quicksilver Pro France di Hossegor. Hossegor adalah salah satu tempat selancar paling konsisten di Prancis dan kamu akan mendapatkan ombak di sini kapan pun kamu datang. Pada bulan Juli dan Agustus ombaknya kecil dan menyenangkan, selebihnya akan menjadi bulan puncak utama bagi para peselancar dari seluruh dunia.

8. Teahupo'o, Tahiti

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugadok. internet

Selanjutnya ada Teahupo'o, di Tahiti, Prancis Polinesia sebagai salah satu tujuan selancar terbaik di dunia, terkenal dengan ombaknya yang besar yang bisa mencapai hingga 30 kaki. Teahupo'o terletak di pesisir selatan Tahiti dan hanya bisa dicapai dengan perahu. Ada beberapa resor yang terletak di daerah tersebut, tetapi sebagian besar tidak berkembang.

Ini adalah tempat kompetisi selancar tahunan Billabong Pro Tahiti, bagian dari World Championship Tour (WCT) dari sirkuit selancar Association of Surfing Professionals World Tour, dan dulunya menjadi one stop di World Tour of the International Bodyboarding Association.

9. Popoyo, Nicaragua

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Juganicaragua-travels.com

Tempat yang terkenal di dunia ini memiliki ombaknya yang besar dan kondisi selancar yang menantang. Ombak di sini bisa mencapai ketinggian 20 kaki, dan arusnya sangat kuat. Popoyo adalah tempat selancar yang terletak di Nikaragua. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Popoyo adalah dari Desember hingga April. Ombaknya paling besar dan cuaca paling menyenangkan selama bulan-bulan ini.

Peselancar yang antusias datang dari seluruh dunia untuk menunggangi ombak di garis pantai yang indah ini, dan tempat ini dianggap sebagai tempat yang sempurna untuk belajar berselancar di Nikaragua.

10. Pulau Mentawai, Indonesia

10 Rekomendasi Tempat Berselancar Terbaik di Dunia, Ada Indonesia Jugamahalosurfexperience.com

Untuk beberapa ombak paling legendaris di seluruh dunia dipadukan dengan lokasi yang eksotis dan masih alami, lakukan perjalanan jauh ke Kepulauan Mentawai, Indonesia. 

Melansir Agenda Indonesia, Kabupaten Mentawai di Provinsi Sumatera Barat terkenal sebagai salah satu lokasi selancar terbaik sejak tahun 1993. Kepulauan ini dikunjungi sedikitnya empat ribu peselancar asing setiap tahunnya pada musim obak, yakni pada bulan Maret hingga September. 

Ada 70 pulau di rangkaian Mentawai, tetapi untuk ombak terbaik dan paling konsisten, pergilah ke Pagi, Siparo, dan Siberut. Sesampai di sana, kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh dari lepas pantai, jadi temukan pemandu lokal untuk membantu menemukan tempat selancar terbaik. Tempat yang paling terkenal di antaranya Bankvaults dan Macaronis untuk peselancar tingkat lanjut, dan Gilligan untuk mereka yang memiliki keterampilan lebih rendah.

Demikianlah 10 rekomendasi tempat selancar terbaik di seluruh dunia. Dari ke-10 tempat di atas manakah yang sangat ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pantai Biru yang Indah di Bangka Selatan

Baca Juga: Bagaikan Surga, Ini 5 Pantai Eksotis Tersembunyi di Indonesia

Baca Juga: Ini 7 Alasan Mengapa Krui Sama Menyenangkannya dengan Bali

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Tempat Nongkrong di Bogor yang Hits dan Wajib Dikunjungi

10 Tempat Nongkrong di Bogor yang Hits dan Wajib Dikunjungi

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

7 Coffee Shop Terbaru yang Instagrammable di Semarang

7 Coffee Shop Terbaru yang Instagrammable di Semarang