Bela, sudah kunjungi halaman situs pencarian Google hari ini? Jika sudah, kamu akan melihat tulisan Google yang didesain sedemikian rupa dan menampilkan penampakan alam serta flora fauna di sekitarnya. Google doodle hari ini merepresentasinya Taman Nasional Lorentz yang ada di Papua, Indonesia. Taman Nasional Lorentz ini bisa disebut sebagai salah satu taman nasional kebanggaan Indonesia, lho. Mau tahu alasannya? Berikut fakta menarik tentang Taman Nasional Lorentz yang telah Popbela rangkum dari berbagai sumber.

1. Taman nasional terluas di Asia Tenggara

5 Fakta Unik Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Iniroamindonesia.com

Taman nasional yang dihuni oleh ribuan spesies fauna ini merupakan taman nasional terluas di Asia Tenggara, dengan luas mencapai 2,350 ribu hektar. Di dalam area seluas itu, kamu bisa menemukan hutan tropis, tundra hingga gletser. Karena areanya yang begitu luas, masih banyak tempat yang belum dijelajahi dan dipetakan oleh manusia. Nggak heran jika Taman Nasional Lorentz masih dihuni oleh begitu banyak ragam fauna dan flora endemik yang belum sempat diidentifikasi.

2. Jadi situs warisan dunia UNESCO

5 Fakta Unik Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Inidok.internet

Pada tahun 1999, tepatnya di tanggal 4 Desember, UNESCO menetapkan Taman Nasional Lorentz sebagai situs warisan dunia. Itu artinya, sudah 20 tahun taman nasional tersebut dilindungi. Bahkan, 2 tahun sebelumnya, kawasan ini sudah dijadikan sebagai taman nasional. Mengutip dari situs resmi UNESCO, meski menjadi situs warisan dunia UNESCO, otoritas Taman Nasional Lorentz tetap di bawah Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup RI. Tenang saja, walau dilindungi, kamu juga bisa berkunjung ke sini.

3. Asal nama Lorentz

5 Fakta Unik Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Iniwikipedia.org

Meski terletak di Indonesia, namun namanya terdengar asing. Kata ‘Lorentz’ sendiri diambil dari nama belakang penjelajah asal Belanda yaitu Hendrikus Albertus Lorentz yang tengah berekspedisi dan menemukan wilayah tersebut pada tahun 1909. 

4. Punya satu dari tiga gletser tropis di dunia

5 Fakta Unik Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Inidok.internet

Salah satu keunikan yang dimiliki Taman Nasional Lorentz adalah keberadaan glasier tropis, di mana glasier ini sangat sulit ditemukan. Selain itu, taman nasional ini juga mencakup Puncak Jaya, yaitu satu dari 7 puncak tertinggi di dunia.

5. Dihuni oleh berbagai suku

5 Fakta Unik Taman Nasional Lorentz yang Jadi Google Doodle Hari Inipapuanews.org

Taman Nasional Lorentz yang begitu luas juga menjadi rumah bagi beberapa suku di sana, seperti Suku Asmat, Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme dan Suku Sempan. Bahkan, kemungkinan masih ada kelompok masyarakat yang tinggal di dalam hutan belantara. Salah satu karya yang dikenal dari komunitas di sana adalah Noken, yaitu anyaman tas yang terbuat dari serat pohon dan daun. 

Buat kamu yang punya jiwa petualang, tertarik untuk berkunjung ke Taman Nasional Lorentz, Bela?

Baca Juga: Takjub, 3 Taman Nasional Ini Lindungi Flora dan Fauna Langka