Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sadarkah kamu bahwa tujuan setiap manusia sebenarnya hanya fokus pada satu hal yaitu, merasakan kebahagiaan? Namun, kamu pun menyadari bahwa kebahagiaan juga ditentukan oleh faktor-faktor eksternal yang salah satunya adlaah  tempat di mana seseorang berpijak.

Nah, berbicara mengenai tempat maupun keadaan lingkungan, melansir dari Kobi Education, Sustainable Development Solutions Network merilis hasil survey mereka terhadap tingkat kebahagiaan masyarakat di 156 negara pada 2019. Berikut adalah lima negara paling bahagia di dunia.

1. Finlandia

5 Negara Paling Bahagia di Dunia: Ada Negara Frozen!kompas.com

Berdasarkan Sustainable Development Solutions Network, Finlandia sekali lagi dinobatkan sebagai negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia. Bahkan hasil tersebut semakin diperkuat oleh laporan bertajuk "World Happiness Report 2021" yang dikeluarkan PBB dengan hasil serupa.

Berdasarkan kedua laporan tersebut, Finlandia dianggap meraih respon yang positif pada beberapa aspek kehidupan sosial dan bernegara. Mulai dari dukungan sosial, kebebasan pribadi hingga rendahnya tingkat korupsi. Sebagai tambahan, para peneliti pun mempertimbangan upaya menangani COVID-19.

2. Denmark

5 Negara Paling Bahagia di Dunia: Ada Negara Frozen!goalsbeforeyoudie.com

Bagaimana mungkin kamu melupakan negara Denmark yang terkenal dengan ciri khas penduduk yang dinilai memiliki karakter dan attitude yang positif. Setidaknya, pernyataan tersebut diakui oleh seorang blogger dan photographer bernama Dewi Nielsen yang menuliskan kesan tersebut pada blog pribadinya.

Namun, secara resmi, Sustainable Development Solutions Network membuktikan bahwa Denmark turut dianggap sebagai negara yang mengedepankan relaxed approach demi membudidayakan kultur work-life balance pada masyarakat. Alhasil, Denmark selalu menjadi langganan di posisi tiga teratas negara paling bahagia di dunia.

3. Norwegia

5 Negara Paling Bahagia di Dunia: Ada Negara Frozen!dailyscandinavian.com

Kamu pasti cukup familiar dengan kisah persaudaraan antara Anna dan Elsa dalam film animasi Frozen (2013) andalan Disney, bukan? Namun, apakah kamu mengetahui bahwa kisah tersebut mengambil setting tempat di Norwegia yang penuh dengan keindahan alamnya yang memesona.

Cara hidup orang-orang di Norwegia nyatanya turut menarik perhatian, lho! Berdasarkan Sustainable Development Solutions Network, penduduk Norwegia dinilai sangat mengedepankan strong sense of community, sehingga membuahkan perasaan bahagia satu sama lain.

4. Islandia

5 Negara Paling Bahagia di Dunia: Ada Negara Frozen!lastest.news

Berbicara mengenai negara yang memiliki ciri khas alam yang begitu indah, kamu tentu tidak boleh melupakan negara Islandia. Sebut saja pemandangan gunung-gunung yang berjejer bagaikan lukisan, hingga fenomena cahaya di musim dingin yang selalu mengundang turis dari berbagai negara.

Tapi pertanyaannya, bagaimana dengan penduduk di Islandia? Kabar baiknya, para penduduk di Islandia nyatanya mendapatkan kesejahteraan sosial yang memang dijunjung tinggi oleh pemerintah setempat. Tidak aneh, hasil survey membuktikan bahwa orang-orang di Finlandia terbilang sangat bahagia.

5. Belanda

5 Negara Paling Bahagia di Dunia: Ada Negara Frozen!worldatlas.com

Setiap kepala negara dan pemerintah selalu berupaya untuk memberikan kenyamanan yang maksimal kepada penduduknya. Tanpa terkecuali pemerintah Belanda yang disebut-sebut berhasil memberikan kenyamanan bagi masyarakat setempat dalam setiap aspek kehidupan sosial.

Menariknya, hal tersebut nyatanya tidak hanya diakui oleh penduduk lokal, melainkan penduduk imigran di Belanda. Terbukti dari hasil survey yang menampilkan indeks yang terbilang cukup tinggi untuk kategori immigrant happiness atau kebahagiaan bagi para imigran.

Wah, ternyata para penduduk di kelima negara di atas cukup beruntung, ya!

Baca Juga: Catat! Ikuti 12 Hal Ini Sebagai Kunci Hidup Bahagia

Baca Juga: Ada Negara Tak Rayakan Ulang Tahun, Ini 10 Fakta Unik Negara di Dunia

Baca Juga: Begini Tata Cara Pindah Kewarganegaraan Asing