Selain bersepeda, berkemah juga menjadi tren yang naik daun di kala pandemi. Melansir dari The Guardian, kegiatan untuk menetap sementara waktu di dalam tenda ini menjadi pilihan favorit dikarenakan tren liburan ke luar negeri atau naik kapal pesiar tak lagi menjadi pilihan menarik untuk banyak masyarakat. Nah, salah satu pilihan kemah yang cukup digandrungi adalah glamour camping atau yang populer disebut sebagai glamping.

Glamping sendiri di Indonesia identik dengan tidur di dlaam tenda premium, dengan nuansa alam bebas. Biasanya kegiatan ini ditawarkan oleh beberapa resort yang siap menyiapkan tenda dengan fasilitas yang super mewah bak hotel. Berbicara soal harga, memang ada yang menawarkan dengan harga yang cukup murah dibanding dengan hotel. Namun, tak sedikit pula pula yang harganya setara atau bahkan melebihi hotel berbintang.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan kegiatan super seru ini, kamu bisa tengok daftar lokasi glamping di Jawa Barat berikut. Langsung saja, ini dia 5 lokasi glamping mewah dan seru di Jawa Barat.

1. Glamour Camping Legok Kondang

Berlokasi di Jl. Raya Ciwidey-Patenggang KM. 39, glamping yang satu ini menawarkan pemandangan yang super bagus. Untuk menikmati keindahan yang ditawarkan di sini, kamu perlu mengeluarkan budget mulai dari Rp1,1 juta per malamnya.

Glamping yang satu ini pun terdiri dari 9 tipe kamar sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan tipe kamarnya. Soal fasilitas, glamping yang berlokasi dekat Kawah Putih ini nggak perlu diragukan lagi. Mulai dari water heater, alat mandi, TV kabel, Wi-Fi, telepon, sarapan, hingga shuttle service dari area parkir ke tenda bisa kamu nikmati di lokasi glamping yang satu ini.

2. Highland Park Resort Bogor

Kalau kamu menginap di sini, siap-siap takjub dengan keindahan gunung Salak. Pasalnya, glamping yang berlokasi di Jalan Ciapus Curug Nangka, Tamansari, Kabupaten Bogor ini menawarkan pemandangan gunung Salak yang super indah. Selain itu, glamping ini juga memiliki daya tariknya tersendiri yang terletak pada arsitektur bangunannya. Ya, glamping yang memiliki banyak wahana liburan ini memiliki bangunan kamar seperti kemah-kemah khas beberapa suku Mongolia dan Apache. 

Tipe-tipenya pun beragam, mulai dari yaitu Apache Camps, Mongolian Camps, Standard Camp, Superior Camp, Tree House, Deluxe Camp, dan Superior Barrack. Nah, kalau kamu tertarik menginap di glamping yang mempunyai fasilitas ballroom, outbound, berkuda, kemah edukasi, golf, kebun binatang mini, hingga waterbom ini, kamu perlu menyiapkan uang mulai Rp1,3 juta untuk dua orang per malamnya.

3. Maribaya Glamping Tent Lembang

Siapkan kocek mulai dari Rp2,4 juta per malamnya untuk dua orang dewasa, jika ingin menginap di glamping yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung ini. Di lokasi glamping ini, kamu bisa mencoba fasilitas super mewah yang ditawarkan, yaitu pemandian air panas, arena barbecue, taman bermain anak, bar dan juga restoran.

4. Gunung Geulis Campsite

Kalau kamu ingin berwisata glamping yang dekat dengan Jakarta, maka pilihan lokasi glamping yang satu ini patut kamu coba. Berada di tengah-tengah Taman Nasional Gede-Pangrango dan Taman Nasional Halimun-Salak, lokasi glamping ini siap menyajikan keindahan suasana alam yang super indah. 

Untuk pilihan kamarnya sendiri, lokasi glamping ini menawarkan tipe kamar mulai dari tenda dome, tenda semi permanen dengan kamar mandi dan toilet dalam, serta pondokan permanen. Kalau kamu ingin mencicipi menginap di lokasi yang bisa menawarkan fasilitas seperti trekking, sepeda, berenang, paint ball, dan arung jeram ini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp285 ribu per malamnya untuk satu orang. 

5. Lakeside Glamping Rancabali

Perkebunan teh dan pemandangan danau Setu Patenggang, siap menyambut hangat dirimu ketika bermalam di glamping yang berlokasi di Rancabali, Bandung ini. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas yang super seru, seperti berkeliling menggunakan perahu di Setu Patenggang, berendam air panas di Kawah Rengganis, ke Batu Cinta, atau menyantap menu lezat menggugah selera di Phinisi Resto.

Menggiurkan banget, kan? Nah, kalau kamu ingin menginap di glamping yang memiliki tiga tipe kamar ini, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp1,2 juta per tendanya. Kamu juga akan dikenai biaya tambahan sekitar 15% ketika menginap di akhir pekan dan tambahan biaya 20% ketika high season.

Sekarang apakah kamu sudah menentukan glamping mana yang ingin kamu coba, untuk liburan kamu, Bela? Jangan lupa, tetap terapkan protokol kesehatan dan pilih hari yang tidak terlalu ramai pengunjung, ya.

Baca Juga: 9 Lokasi Glamping yang Super Cantik dan Instagramable

Baca Juga: 10 Wisata Seru Favorit Dikta Wicaksono, Langsung Masuk Bucket List!

Baca Juga: Info Rute, Lokasi, dan Harga Tiket ke De Ranch Lembang Bandung