Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!

Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!

Tiket masuk bisa gratis setiap sebulan sekali di tahun ini

Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!

Setelah menghadapi hiruk pikuk perkotaan yang kerap kali membuat penat, tidak ada salahnya untuk menyambangi suatu destinasi wisata yang dekat Jakarta untuk sekadar refreshing. Salah satu objek wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Ancol yang berlokasi di Jalan Pasir Putih, Jakarta Utara.

Kali ini, ada kabar gembira untuk kamu yang ingin mencoba ke pantai dengan beragam tempat wisata interaktif. PT Pembangunan Jaya Ancol berencana menggratiskan tiket masuk kepada pengunjung setiap satu bulan sekali. Pemberlakuan tiket gratis ini sebagai jawaban dari keluhan masyarakat yang terbebani biaya saat hendak berlibur di Pantai Ancol.

Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!travelspromo.com, idntimes.com

Melansir dari IDN Times, Direktur Utama (Dirut) PT Pembangunan Jaya Ancol, Winarto, telah menyampaikan permasalahan ini dalam rapat kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta pada Kamis (19/1/2023).

"Sudah banyak sekali kami mendengar keluhan. Tapi kami yakini memang harusnya masuk pantai publik itu gratis. Persoalannya bagaimana kita mentransformasi dari yang sekarang bayar menjadi nanti gratis," kata Winarto, mengutip dari ANTARA, Jumat (20/1/2023).

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya tengah melakukan percobaan dengan lebih menekan pada pengelolan Ancol terhadap bidang food and beverages (F&B). Menurut Winarto, pendapatan yang baru didapat hanya sekitar 7%. Ia pun berusaha untuk meningkatkan bagian tersebut.

PT Pembangunan Jaya Ancol juga akan menguji coba kebijakan tiket gratis terlebih dahulu sebelum pemberlakuannya resmi. Uji coba mulai dilakukan saat ini selama setahun.

Ide pemberlakuan tiket gratis ini rupanya berkaca pada PIK 2 yang retailnya tidak pernah sepi, meskipun tidak membayar langsung ke pantainya. Hal inilah yang membuat Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Wahyu Dewanto, mengharapkan penerapan tiket gratis untuk pengunjung seperti Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. 

Menurutnya, perusahaan tidak perlu khawatir soal menurunnya pendapatan lantaran terdapat cara alternatifnya dengan menyajikan berbagai kuliner lengkap bagi semua kalangan.

Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!fiaformulae.com, wartakota.tribunnews.com

Ancol juga bisa menerapkan hal yang sama dengan PIK, terlebih di kawasan Ancol Timur yang memiliki beragam tempat kunjungan. Wahyu berharap PT Pembangunan Jaya Ancol dapat merevitalisasi kawasan untuk menghidupkan bisnis sehingga akses pantai bisa gratis.

"Termasuk kini, dengan adanya JIS, kan dari Ancol Timur kan JIS keliatan, itu 'connection bridge' harapannya bisa mulai diwujudkan ya 2023, tapi ternyata tidak prioritas, padahal JIS kan sudah jadi, bakal banyak 'event', kemudian ada sirkuit Formula E sebagai bagian dari 'atraction'-nya," kata Wahyu.

Jadi Destinasi Favorit, Tiket Masuk Ancol Bakal Gratis!pantaisuka.blogspot.com

Adanya permintaan wisata pantai gratis yang sedari dulu masyarakat menanti hal tersebut terwujud, DPRD DKI Jakarta akan menyetujui permohonan Penanaman Modal Daerah (PMD) untuk PT Pembangunan Jaya Ancol dengan maksud perusahaan ingin merevitalisasi besar-besaran. 

"Program penggratisan Ancol yang akan dibuat dalam satu bulan sekali. Kalau bisa diungkapkan secara konkret saja. Karena dulu kita malah inginnya gratis. Kalau memang nanti dengan digratiskan ada efek terhadap retail dan sebagainya," ujar Wahyu.

Sekadar informasi, dulunya Ancol menetapkan harga tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang. Pengelola Ancol belum lama ini menggratiskan tiket masuk setahun sekali, bertepatan saat perayaan HUT DKI Jakarta kemarin.

Kebijakan tiket gratis ini akan diterapkan pada momen khusus, seperti Hari Kemerdekaan ataupun Hari Pahlawan. Hal ini juga berlaku untuk memantau dampaknya terhadap pendapatan bagi objek wisata tersebut.

Itulah rangkaian informasi terkait pemberlakuan tiket gratis untuk masuk ke Pantai Ancol. Setelah baca artikel ini, apakah kamu setuju dengan rencana ini, Bela?

Baca Juga: Bagaikan Surga, Ini 5 Pantai Eksotis Tersembunyi di Indonesia

Baca Juga: Ikuti Aturannya, Ini 7 Hal yang Dilarang Saat di Pantai

Baca Juga: Bersantai Sejenak di Walking Drums by The Beach Ancol

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

8 Pesawat Terbesar di Dunia, Bisa Tampung hingga 800 Orang

8 Pesawat Terbesar di Dunia, Bisa Tampung hingga 800 Orang

trending

Trending

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

Mengenal 12 Nama Bulan dalam Kalender Islam dan Keutamaannya

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Biar Kuku Nggak Rusak, Ini Tips Menggunakan Nail Extension yang Tepat

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

10 Tempat Wisata Alam di Kota Ambon, Banyak Pantai Indah!

10 Tempat Wisata Alam di Kota Ambon, Banyak Pantai Indah!