Melakukan perjalanan tentu membutuhkan perencanaan anggaran yang matang dan tepat. Sering kali, ada biaya tambahan yang tidak terduga sebelumnya, yang harus kamu keluarkan demi kelancaraan acara perjalananmu. Popbela telah merangkum biaya tersembunyi apa saja yang bisa muncul dalam perjalanan, namun tetap bisa kamu hindari demi menghemat anggaranmu. Simak, yuk!

1. Reservasi

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@dylandgilis

Ketika kamu memesan secara online, kamu sebenarnya menghemat waktu dan uang untuk perusahaan perjalanan. Karena itu, ketika kamu memilih untuk menelepon dan berbicara dengan agen langsung, biasanya mereka akan mengenakan sejumlah tambahan dari harga reservasi asli. 

Jadi, sebaiknya kamu cukup memesan secara online dan pastikan saja ketika kamu melihat jumlah pembayaran, kamu tidak melihat adanya biaya tambahan atas reservasi.

2. Bagasi tercatat

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@markuswinkler

Tahukah kamu jika maskapai penerbangan menghasilkan pendapatan sekitar US$3,4 miliar dari biaya bagasi terdaftar? Sejak 2007, ketika maskapai penerbangan mulai mengenakan biaya untuk bagasi terdaftarmu, para pelancong telah belajar untuk menggabungkan barang-barang bagasi yang akan mereka bawa. Coba kamu ikuti juga tips dari mereka, ya.

3. Bagasi kelebihan berat

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@tuckergood

Jika kamu memilih untuk tidak mendaftarkan bagasi, kamu bisa menghemat rata-rata sekitar Rp55.000 - Rp100.000 (untuk 5 kg) per tas sebagai upaya untuk menghindari kejutan biaya bagasi kelebihan berat. Timbanglah bagasimu sebelum berangkat. Jika berlebih, kamu bisa memilah barang-barang bawaanmu kembali untuk dibawa dan kamu akan menghemat sejumlah uang, yang dapat kamu alokasikan untuk perjalanan menyenangkanmu.

4. Bahan bakar

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@jeshoots

Kamu tidak akan tahu apakah biaya tambahan bahan bakar hanyalah teknik pemasaran lain untuk menutupi kenaikan tarif. Jika seperti ini, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu terhadap semua maskapai yang akan melakukan penerbangan ke tempat tujuanmu. Kemudian, kamu bisa memilih pilihan yang paling terjangkau di antara maskapai lainnya.

5. Pengembalian

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyatravelobiz.com

Beberapa maskapai penerbangan, menawarkan periode pemesanan fleksibel 24 jam, yaitu kamu bisa mendapatkan pengembalian uang atau mengubah penerbanganmu tanpa penalti. Jika kamu menghabiskan banyak uang untuk tiket pesawat, mungkin ada gunanya membeli asuransi perjalanan untuk melindungimu dari pengeluaran uang jika sakit, kehilangan bagasi, atau keadaan darurat pribadi yang dapat mengganggu liburanmu.

6. Wi-Fi

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@inlytics

Mungkin sekarang kamu harus membayar banyak kenyamanan dan kemudahan yang telah biasa kamu dapatkan. Kamu memerlukan Wi-Fi untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan di bandara atau selama penerbangan? Pada setiap bandara, biasanya fasilitas ini bisa kamu dapatkan gratis di ruang-ruang tertentu. Manfaatkan hal tersebut, untuk menghemat biaya pemakaian internet ponselmu.

7. Air

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@jon_chng

Keamanan bandara terlalu ketat untuk membiarkanmu membawa air ke area keberangkatan. Jika kamu haus di pintu keberangkatan atau kedatangan, kamu bisa menghabiskan sekiar Rp15.000 - Rp20.000 air mineral kecil berukuran 300-600 ml. 

Kamu selalu bisa mendapatkan minuman gratis di pesawat. Namun untuk menyiasatinya, kamu hanya perlu membawa botol air minum dan bertanya kepada petugas dimana mesin air minum berada. Banyak bandara yang menyediakan fasilitas ini, tetapi ada juga yang tidak.

8. Makanan

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@marlusspike

Tersedia banyak sekali outlet makanan cepat saji di bandara. Namun, harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal. 

Untuk itu, kamu bisa membawa camilan bar padat berkandungan karbohidrat, lemak dan protein. Cara ini akan membantumu untuk menghemat anggaran tetapi tetap membuat tubuhmu terisi energi.

9. Biaya atas belum cukupnya usia

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@igalness

Pengemudi yang berusia di bawah 25 tahun biasanya dilarang menyewa mobil di sebagian besar perusahaan sewa. Sekarang, perusahaan persewaan mengizinkan pengemudi berusia antara 21 dan 25 untuk menyewa dan dikenakan tarif lebih tinggi untuk rentan usia itu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan transportasi umum atau bergabung dengan rombongan trip lain agar bisa membagi biaya perjalanan bersama.

10. Biaya penginapan

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@yukhachou

Percaya atau tidak, ada hotel akan mengenakan biaya yang dikenal sebagai "biaya resor hotel" saat checkout. Seringkali, biaya ini akan menjadi tambahan 10% per malam. Jadi, meskipun kamu telah melakukan pembayaran melalui situs seperti Expedia atau TripAdvisor, kamu tetap harus membayar ekstra 10% saat kamu melakukan pembayaran.

Ini pada dasarnya adalah tarif per malam yang lebih tinggi, tersembunyi dalam struk pembayaran kecil. Lakukanlah pengecekan kembali pada tagihan sebelum melakukan pembayaran.Jika memungkinakan kamu bisa bertanya pada pihak hotel apakah itu perlu dibayar atau tidak.

11. Makanan ringan pada mini bar hotel

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyatripsavvy.com

Dalam aturan penginapan, apa yang ada di dalam lemari es, dibayar sesuai dengan yang kamu makan. Tipsnya, jangan sentuh minibar sama sekali. Sebagian besar hotel memiliki minimarket di dekatnya, jadi belilah makanan ringan di sana.

12. Parkir

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@john_matychuk

Jika kamu berkendara ke hotel dengan mobil sewaan dari bandara, kamu mungkin harus membayar biaya valet atau parkir. Tidak seperti hotel di daerah pedesaan atau pinggiran kota, hotel kota mungkin mengenakan biaya garasi atau valet karena parkir terbatas di daerah dengan lalu lintas tinggi. Pastikan untuk bertanya tentang pilihan alternatif dan akomodasi parkir, sebelum kamu memesan hotel. 

13. Penyimpanan barang bawaan

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@erol

Sebagian besar hotel akan memintamu untuk checkout pada siang hari atau bahkan lebih awal, tetapi jika kamu ingin menjelajahi daerah tersebut pada sore hari, kamu mungkin harus membayar untuk menyimpan barang bawaanmu di hotel. Sekalipun ini bukan biaya formal di hotel, biasanya pelancong memberi tip kepada petugas atau pelayan dengan biaya per-bawaan. 

Kamu bisa bertanya durasi penitipan barang bawaanmu di concierge hotel, sehingga kamu tidak perlu repot membawa barang selama waktu tertentu.

14. Handuk

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@enginakyurt

Jika kamu menginap di hotel dengan kolam renang atau dekat pantai, kamu mungkin akan dikenakan biaya untuk menggunakan handuk. Saat kamu memasuki area kolam, cari tanda sebelum kamu mengambil handuk bersih. Jika kamu meminjamnya dari kamar mandi, pastikan untuk mengembalikannya jika tidak ingin dikenakan biaya.

15. Tempat peyimpanan barang berharga

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaproductnation.com

Sebagian besar hotel menawarkan brankas gratis untuk menyimpan barang berharga, tetapi, ada beberapa hotel memungut biaya per malam saat kamu menggunakannya. Jika kamu tinggal lebih dari beberapa hari, biaya ini akan bertambah. 

Langkah terbaik, periksalah terlebih dahulu sebelum kamu memesan, Karena, beberapa hotel akan mengenakan biaya ini terlepas dari apakah kamu benar-benar menggunakan brankas atau tidak.

16. Surat kabar, majalah, atau koran

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@marjan_blan

Jika kamu melihat dalam cetakan kecil bahwa hotelmu mengenakan biaya untuk majalah atau bacaan yang mereka tinggalkan di kamarmu, hubungi saja resepsionis tempat kamu menginap dan minta mereka untuk tidak mengirimkannya. Terkadang pihak hotel akan mengenakanmu biaya meskipun biaya tersebut tidaklah besar.

17. Fasilitas kebugaran dan spa

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@dncerullo

Berhati-hatilah dengan fasilitas hotel berupa pusat kebugaran dengan spa. Biasanya, kamu bisa menggunakan fasilitas gym dengan bebas, namun akan berbayar untuk spa perawatan tubuh. Tipsnya, lakukan perawatan tubuh di luar sarana hotel, atau justru setelah kamu kembali dari perjalananmu.

18. Biaya pelabuhan

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@leakytriangle

Jika kamu berpikir untuk berlibur dengan menginap di kapal (seperti pesiar atau island hopping), biasanya kapal dikenai biaya pelabuhan, yang diteruskan oleh jalur pelayaran kepada wisatawan, dengan harga yang bervariasi sesuai dengan tujuan para pelancong.

Kamu bisa melihat kembali biaya pelabuhan bervariasi menurut tujuan. Biasanya, sudah termasuk dalam tarif kapal. Tetapi jika kamu akan pergi dengan jalur pelayaran yang lebih kecil, periksa kembali untuk memastikan biaya ini benar-benar sudah termasuk.

19. Gratifikasi bawaan pada pelayaran

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@sam_truong

Apakah menurutmu minuman tanpa harga saat makan malam itu gratis? Pikirkan lagi. Banyak jalur pelayaran menambahkan biaya sekitar 10-15% untuk minuman, meskipun tidak disajikan oleh pelayan kepadamu. Cara menghindarinya, kamu cukup bertanya terlebih dahulu lalu buat penawaran, karena para bartender yang menghidangkan itu semua berorientasi pada tip.

20. Laundry

Hati-Hati! Ini 20 Biaya Travelling Tersembunyi dan Cara Menghindarinyaunsplash.com/@andyfitz

Jika pelayaranmu berlangsung lebih dari beberapa hari, kamu mungkin perlu mencuci pakaian. Kapal kelas menengah hingga atas akan menawarkan dry cleaning dengan harga per potong baju dan kamu akan dikenakan biaya untuk kebersihan layanan kamar. 

Triknya, bawa sendiri detergen sachet, yang bisa kamu gunakan untuk mencuci pakaianmu sendiri, setidaknya satu hingga dua potong saja per hari. Penghematan di pengeluaran laundry akan sangat besar sekali, Bela.

Itulah 20 biaya perjalanan tersembunyi dan cara menghindarinya. Sekarang, sebelum membuat rencana perjalanan, perhatikan keamanan dan anggaranmu, ya.

Baca Juga: Buat Travel Wish-list, Ini Destinasi Domestik yang Wajib Kamu Kunjungi

Baca Juga: Ingin Traveling dengan Biaya Murah? Ini Trik dari Sang Ahli

Baca Juga: Ini Rute, Harga Tiket dan Hotel, Wisata Nusa Lembongan