Nggak diragukan lagi jika Indonesia masuk sebagai salah satu destinasi favorit di dunia. Mengutip dari ucapan George Hendrata, CEO Tiket.com saat dijumpai di acara Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 Sabtu (18/1) di The Tribata, Jakarta, Indonesia akan masuk sebagai 4 teratas destinasi dunia. Ini karena Tanah Air kita kaya akan kepulauan yang menawarkan panorama indah, serta wisata alam maupun historik lainnya yang nggak kalah menakjubkan.

Di momen yang sama, Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate pun mengungkapkan kalau saat ini pemerintah, khususnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menargetkan 5 destinasi wisata super prioritas di tahun 2020. Lima daerah tersebut akan menjadi prioritas utama di mana pemerintah akan membenahi infrastrukturnya sampai mengembangkan industri ekonomi kreatif di daerah-daerah tersebut. 

Lalu, daerah mana saja yang termasuk ke dalam 5 destinasi wisata super prioritas ini? Yuk, tengok bersama-sama, Bela!

1. Borobudur, Jawa Tengah

#IMS2020: Ini 5 Destinasi Super Prioritas yang Disiapkan PemerintahInstagram.com/Ana.japan

Candi Budha yang didirikan sekitar tahun 800-an masehi ini termasuk ke dalam salah satu keajaiban dunia dan terdaftar dalam Situs Warisan Dunia oleh Pemerintah dan UNESCO. Borobudur menjadi destinasi pertama yang akan menjadi super prioritas di tahun 2020.

2. Danau Toba, Sumatera Utara

#IMS2020: Ini 5 Destinasi Super Prioritas yang Disiapkan PemerintahInstagram.com/Novian_altelucav

Danau Toba yang menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara ini turut masuk ke dalam destinasi super prioritas tahun 2020. Menteri Johnny mengungkapkan kalau akan ada pembangunan besar-besaran di daerah tersebut untuk meningkatkan kualitas fasilitas sehingga para turis dapat lebih nyaman berwisata.

3. Likupang, Manado

#IMS2020: Ini 5 Destinasi Super Prioritas yang Disiapkan PemerintahInstagram.com/Indtravel

Selain Bunaken, Manado juga punya destinasi menarik lainnya bernama Likupang. Di daerah ini, terdapat 4 destinasi cantik yang sedang diincar para turis. Ada Pulau Lihaga,  Pantai Pulisan, Bukti Pulisan, dan Pulau Gangga.

4. Mandalika, Nusa Tenggara Barat

#IMS2020: Ini 5 Destinasi Super Prioritas yang Disiapkan PemerintahInstagram.com/Wonderfulntb

Sudah tahu kabarnya? Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan MotoGP 2021, dan akan digelar di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Karena itu, Pemerintah tengah gencar melakukan pembangunan sirkuit dan pengembangan kawasan wisata di daerah ini.

5. Labuan Bajo

#IMS2020: Ini 5 Destinasi Super Prioritas yang Disiapkan PemerintahInstagram.com/Ariefsatria_

Rumah untuk para komodo yang hanya ada di Indonesia, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Kabarnya, Labuan Bajo akan menjadi lokasi pertemuan G20 dan Asean Summit pada tahun 2023. Makanya, pemerintah pun sedang melakukan pembangunan besar-besaran di daerah tersebut. Belum lagi ada banyak wisata alam yang memanjakan mata saat ke sana. Sudah pasti akan jadi destinasi favorit!

Itulah 5 destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah. Pembangunan sedang dilakukan untuk membuat pengalaman wisata di masing-masing daerah menjadi lebih nyaman dan lebih mudah. Pemerintah berharap pariwisata Indonesia dapat maju, serta berdampak menyeluruh, termasuk peningkatakan kualitas hidup masyarakat di daerah destinasi itu.

Baca Juga: Ternyata Destinasi di Indonesia Ini Pikat Hati Turis Mancanegara