Bentuk geografis negara-negara di dunia bervariasi. Ada yang besar seperti Tiongkok dan Rusia, tapi ada pula negara yang luasnya berkali-kali lebih kecil dari Pulau Bali.

Destinasinya pun tak kalah indah. Tempat wisata di negara-negara terkecil ini juga menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara.

Inilah enam negara terkecil di dunia. Sebagian di antaranya bisa dikelilingi dalam sehari.

1. Kerajaan Sealand

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehariinstagram.com/sealandgov

Terletak di lepas pantai Harwich, Inggris, ada sebuah bekas benteng peninggalan Perang Dunia II bernama Rough Tower yang dibangun pada tahun 1941. Bekas benteng itu dideklarasikan menjadi sebuah negara bernama Kerajaan Sealand pada 2 September 1967 oleh Roy Bates dan istrinya, Joan.

Negara yang memiliki pemandangan laut tak terbatas cuma memiliki luas 25.000 meter dan 30 kamar. Sebagai sebuah negara, Kerajaan Sealand memiliki paspor dan mata uang sendiri lho.

2. Vatikan

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehariinstagram.com/ilhan1077

Negara yang menjadi destinasi umat Kristiani ini dikelilingi tembok besar yang menjadi penanda perbatasan wilayahnya. Meski luas areanya saja 0,44 kilometer persegi, di Vatikan berdiri gereja terbesar di dunia bernama St. Peter's Basilica.

3. San Marino

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehariinstagram.com/vivien.bass

Negara yang bertetangga dengan Italia ini memiliki luas sekitar 61 kilometer persegi saja. Selain menyandang predikat sebagai salah satu negara terkecil, San Marino merupakan negara konstitusional tertua di dunia yang didirikan pada 3 September 301 oleh seorang tukang batu bernama Santo Marinus dari Pulau Rab, Italia.

Di San Marino, destinasi wisata favorit Turis berdasarkan ulasan Google yang bisa kamu kunjungi antara lain gunung Monte Titano, benteng Guatita, kastil De La Fratta, dan balai kota Palazzo Publico.

4. Kepulauan Marshall

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehariinstagram.com/thewanderlustersus

Negara mikro ini tersebar di Lautan Pasifik. Luas negaranya yang mencapai 181 kilometer persegi membuatnya menjadi salah satu negara terkecil.

Karena terletak di lautan, maka wisata unggulannya tak jauh-jauh dari pantai dan laut, di antaranya Pulau Ebeye dan Arno Atoll.

5. Maladewa

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehariinstagram.com/sandrinehecq

Maladewa atau yang populer dengan Maldives ini juga termasuk negara terkecil di dunia. Luasnya sekitar 300 kilometer persegi dengan jumlah mencapai 1.192 pulau yang tersebar.

Warna lautnya yang jernih dan alam bawah lautnya yang menawan membuat Maladewa menjadi destinasi favorit turis yang doyan menghabiskan waktu di pantai.

6. Malta

6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam SehariInstagram.com/lovinmalta

Terletak di Laut Mediterania, berdiri sebuah negara kecil bernama Malta. Luasnya hanya selisih sedikit dengan Maladewa. Yakni, 316 kilometer persegi.

Malta memiliki segudang destinasi indah yang menjadi rujukan para turis yang menyenangi wisata laguna, gua, tebing, dan snorkelling. Ada Comino, Jendela Dwejra, Valetta, dan Blue Lagoon.

Itulah enam negara terkecil di dunia. Meski kecil, destinasi wisatanya nggak kalah indah kan?

Disclaimer: Artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "6 Negara Terkecil di Dunia Ini Bisa Kamu Kelilingi dalam Sehari"

Baca Juga: Inspirasi Tempat Wisata dari 5 Lokasi Film Cinta Itu Buta di Busan