Negara kelahiran K-pop dan K-drama yang mendunia ini juga dikenal dengan makanan khasnya yang mengunggah selera. Sebut saja dakgalbi, bibimbap dan tteokbokki, serta beberapa hidangan autentik Korea yang tidak asing lagi bagi kita.

Berbagai restoran populer di Korea pun bersifat muslim friendly dan menerima sertifikasi halal, untuk menarik minat wisatawan muslim yang berkunjung ke negara ginseng tersebut. 

Apa saja ya, pilihan restorannya? Berikut adalah sederetan restoran Korea halal di Seoul, Korea Selatan pilihan Popbela yang wajib dicoba!

1. EID – 이드 Halal Korean Food

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaKlook.com

Alamat: 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul

Jam buka: Selasa - Minggu: 11.30 - 21.00

Merupakan restoran pertama yang meraih sertifikasi halal dari Korean Muslim Foundation, EID terletak di Itaewon. Restoran ini menyajikan makanan Korea halal dengan suasana yang nyaman. 

Restoran ini dikunjungi turis mancanegara, baik yang muslim ataupun non-muslim karena masakannya yang enak. Mereka menawarkan tteokbokki (kue beras), bulgogi (daging sapi), jjimdak (ayam pedas manis), dan jja jang bap (nasi kacang hitam).

Kamu juga bebas refill sup, minuman dan side dish sepuasnya!

2. Makan Halal Korean Restaurant

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaFacebook.com

Alamat: 52, Usadan-ro 10 gil, Yongsan-gu, Seoul

Jam buka: Senin & Rabu - Minggu: 10.30 - 22.00

Restoran halal lainnya adalah Makan Halal Korean Restaurant yang terletak di kawasan Itaewon. Mereka menyajikan berbagai hidangan Korea seperti mulnaengmyon (mie dingin), bulgogi (daging sapi), dakdoritang (ayam rebus pedas), dan lain-lain.

Hal yang unik dari restoran ini adalah cara penyajiannya yang dilakukan dalam nuansa rumahan. Hidangannya dikemas dalam dosirak atau kotak makan siang, sehingga bukan jadi masalah kalau Bela nggak kebagian tempat ketika ramai. 

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaFacebook.com

3. Murree Halal Korean Food

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaFacebook.com

Alamat: 140-7 Itaewon-Dong, Yongsan-gu, Seoul 140-858

Jam buka: setiap hari, 10.30 - 23.00

Restoran ini menyajikan pengalaman makan autentik a la Korea, dengan jejeran side dish yang bervariasi. Sehingga, restoran di Itaewon ini termasuk salah satu yang menyajikan makanan halal paling beragam.

Bela bisa mencicipi samgyetang (sup ayam ginseng), kimchi bokkeumbap (nasgor kimchi), kimchi jeon (kue dadar kimchi), dan lain-lain. Kamu juga bisa nambah side dish sepuasnya tanpa tambahan biaya! Selain itu, mereka juga menyediakan aneka masakan India yang populer. 

4. Yang Good Korea BBQ

Alamat: 15, Nonhyeon-ro 95-gil, Gangnam-gu, Seoul

Jam buka: Senin – Sabtu, 16.00 – 23.30

Rekomendasi restoran halal di Korea Selatan selanjutnya adalah Restoran BBQ Yang Good, merupakan rekomendasi masakan BBQ yang dekat Stasiun Yeoksam. Semua pengunjung lokal maupun non-lokal disambut dengan hidangan barbecue daging domba khas Korea. 

Daging domba yang disajikan diimpor dari Australia dan halal. Berbagai jenis daging domba pun bisa kamu pesan, mulai dari daging bumbu, iga, hingga sate daging. Tekstur dagingnya empuk, tidak kering dan tidak berbau menyengat. 

5. Halal Kitchen Korea

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaHavehalalwilltravel.com

Alamat: 86-2 Samcheong-ro, Samcheong-dong, Jongno-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 11.00 – 21.00 

Lokasi restoran ini terletak di desa jantung Kota Seoul, Bukchon Hanok Village. Sehingga, menjadi tempat beristirahat populer bagi para wisatawan muslim di, setelah mereka lelah jalan-jalan di sekitar Bukchon Hanok Village atau Gyeongbokgung Palace yang terletak di dekatnya!

Berbagai hidangan daging disajikan di restoran halal di Seoul, Korea Selatan ini. Mulai dari dakgalbi (ayam tumis pedas),beef bulgogi , hingga nasi bibimbap. Pemandangannya desa yang indah mendukung suasana makan dan waktu istirahatmu di sana.

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan Popbelainstagram.com/latifahnoork

6. Chunja Daegutang

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan Popbelahttps://www.mangoplate.com/en/restaurants/q6sZd4K_g2

Alamat: 375-44, Seogyo-dong, Mapo-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 11.30 – 15.00 dan 17.00 – 22.00 

Restoran yang dikenal karena sup spesial ikan kodnya ini, terletak tepat di tengah jalan Hongdae. Ikan kod merupakan bahan utama dari sekumpulan hidangan Chunja Daegutang, sehingga terciptalah daegu-ppoljjim (bagian kepala ikan kod) hingga daegu-jeongol (hotpot ikan kod) yang menggugah selera. 

Jangan lupa mampir ke restoran halal ini ya, jika berkunjung ke kawasan Hongdae, Seoul, Korea Selatan.

7. Osegyehyang Vegetarian Restaurant

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaInstagram.com/@hopefulbangtae

Alamat: 14-5 Insadong 12-gil, Jongno-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 11.30 –  15.30 dan 17.00 – 21.00

Osegyehyang merupakan restoran vegan dengan kedelai sebagai bahan utama hidangannya untuk menggantikan daging. Karena berbasis kedelai, maka mereka menggunakan protein kedelai dan minyak perilla yang berkualitas ketika menyiapkan hidangannya. 

Dengan bujet 15.000 won/ orang, kamu bisa menikmati berbagai hidangan dengan porsi besar yang lezat. Beberapa hidangan yang paling populer adalah ttukbulgui (daging vegan yang disajikan dengan mangkuk batu), bulgui deopbap (nasi dan daging vegan), tang su yuk (daging yang digantikan jamur), dan masih banyak lagi.

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan Popbelahttps://www.havehalalwilltravel.com/

8. Busan Jib Restaurant

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaInstagram.com/@omaralattas

Alamat: 11-4 Myeongdong 8-gil, Myeong-dong, Jung-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 10.00 – 22.00 

Inilah salah satu restoran halal di kawasan Myeongdong, Seoul, Korea Selatan, yang wajib dikunjungi! Kamu bebas membuat sendiri gulungan bulgogi dengan selada yang seperti di drama-drama Korea pada umumnya. 

Menu populer lainnya adalah ayam kuah pedas dan ayam ginseng. Namun, jika kamu nggak suka daging, mereka juga menyajikan berbagai pilihan seafood yang sangat nikmat! Rekomendasinya adalah seafood kuah pedas, cumi-cumi pedas dan ikan bakar.

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaInstagram.com/ribenalemonad

9. Balwoo Gongyang

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaVisit Korea

Alamat: 56 Ujeongguk-ro, Jongno 1.2.3.4, Jongno-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 11.30 – 15.00 dan 18.00 – 21.30

Restoran vegan lainnya yang wajib dikunjungi adalah Balwoo Gongyang. Restoran ini mengikuti prinsip agama Buddha untuk menyajikan hidangan tradisonal Korea, sehingga hanya menggunakan bahan-bahan vegetarian organik pilihan untuk menggantikan dagingnya. 

Kesuksesan restoran ini pun membawanya berhasil masuk ke Michelin Guide!

10. Hajj Korean Halal Food

Enak & Autentik, Ini 10 Restoran Korea Halal di Seoul Pilihan PopbelaInstagram.com/@smile_uk

Alamat: 39 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul

Jam buka: setiap hari, 10.00 – 14.00

Restoran Hajj Korean Halal Food menawarkan hidangan khas Korea rumahan, yang bikin kita merasa seperti di rumah! Porsinya tidak hanya lezat, namun cukup besar sehingga pas untuk berbagi. 

Berbagai hidangan utama yang wajib dicoba adalah ayam pedas tumis dan ayam pedas kuah. Mereka juga menawarkan berbagai side dish yang tak kalah lezat, seperti seafood pancake, tahu kuah, bulgogi dan masih banyak lagi. 

Itulah sederetan rekomendasi restoran Korea halal di Seoul, Korea Selatan pilihan Popbela, yang wajib dicoba! Apalah artinya jalan-jalan ke Korea tanpa mencicipi masakannya yang luar biasa?

Baca Juga: Enak dan Autentik, 7 Bakmi Halal di PIK yang Wajib Kamu Coba

Baca Juga: What?! Soju Halal? Ini 4 Fakta Kehadirannya yang Berasal dari Bandung

Baca Juga: 15 Keunikan Korea Selatan yang Jarang Kita Ketahui