Setiap kota maupun negara di penjuru dunia memiliki ciri khas tersendiri. Seperti sejarah hingga adat istiadat masyarakat lokal, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang mengunjungi.

Di antara sekian banyaknya kota yang 'lahir' di seluruh penjuru dunia, tidak sedikit yang dijuluki aneh karena berbagai alasan yang tak masuk akal. Mulai dari kota yang 'dihuni' oleh mayat, kota di bawah tebing, hingga kota neraka, sehingga sulit dipercaya bahwa kota tersebut benar-benar 'lahir' di dunia.

Berikut adalah 10 kota paling aneh di seluruh dunia namun nyata yang dirangkum Popbela dari berbagai sumber.

1. Kota yang 'dihuni' oleh mayat

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Colma, California merupakan salah satu kota teraneh yang menampung jumlah kematian terbanyak, hingga dijuluki sebagai kota yang 'dihuni' oleh mayat! Jumlah kuburannya terus meningkat, karena pemerintah memutuskan untuk memindahkan semua kuburan dan mayatnya dari San Francisco ke kota ini.

Kota sunyi ini dulu hanya ditempati oleh penggali ubur, pemilik toko bunga, hingga pengurus kuburan. Namun, pada tahun 1980an, sekumpulan orang yang berprofesi lainnya mulai menetap di kota ini. 

2. Kota di bawah tebing

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Setenil de las Bodegas di Spanyol menarik wisatawan dari seluruh penjuru dunia, karena dibangun di atas tebing yang dulunya digunakan bangsa Moor, penduduk Arab yang pernah menguasai kota Spanyol.

Pemandangan di kota ini cukup unik, karena kamu dapat melihat sekumpulan bebatuan yang menggantung di atas sehingga tidak ada langit yang nampak. Batu ini sekilas nampaknya bisa jatuh, namun telah bertahan selama berabad-abad. 

3. Kota di tengah laut

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia https://brightside.me/

Neft Daşlar merupakan salah satu kota industri yang berlokasi di Azerbaijan. Posisinya terletak di platform logam di laut terbuka, tepat di atas ladang minyak. 

Tidak ada penduduk yang menetap di kota ini. Namun, kota ini dikunjungi sekitar 2.000 orang pekerja secara bergiliran selama beberapa bulan.

4. Kota alien

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Pada tahun 1947, sebuah UFO jatuh di dekat kota Roswell, New Mexico. Kebenaran UFO ini sesungguhnya masih jadi bahan perdebatan, namun Roswell hingga saat ini dijuluki sebagai kota Alien. Bahkan kerap masuk dalam film atau serial Hollywood bertema alien.

Kota aneh ini juga mengadakan festival tahunan bertema alien, termasuk ada cabang McDonald's di kota ini, yang gedungnya dihias dengan ilustrasi alien. 

5. Kota paling biru

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Sekumpulan dinding, pintu, hingga tangga di kota Chefchaouen, Maroko semuanya bernuansa biru. Sebuah teori menunjukkan bahwa nuansa biru ini dilukis oleh orang Yahudi yang dulu menetap di sini. 

Biru dipilih warnanya karena menggambarkan kesucian bagi penduduk lokal di kota teraneh ini.

6. Kota di satu gedung

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Seluruh kota Whittier, Alaska, terletak hanya di sebuah gedung dengan 14 tingkat yang merupakan bekas gedung militer. Gedung ini menampung semua toko, kantor polisi, rumah sakit, hingga gereja yang menempati kota tersebut.

Tujuannya menetap di sebuah gedung adalah untuk menghemat pemakaian pemanas, karena cuaca di sini sangat dingin dan berangin sepanjang tahun. Jumlah penduduk di kota ini hanya 220 orang saja lho, Bela. Gosip cepat menyebar, nih!

7. Kota di dalam gua

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Matmata yang berlokasi di Tunisia Selatan ini, hanya terdiri dari tempat tinggal bawah tanah yang masih dihuni oleh penduduknya. Pada tahun 1970-an, rumah-rumah permukaan banyak yang dibangun di kota ini, namun banyak penduduk setempat lebih memilih tinggal di rumah tradisional mereka.

Penggemar Star Wars mengenali tempat ini sebagai rumah milik Luke Skywalker!

8. Kota tanpa tujuan

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Slab yang terletak di California ini dihuni oleh sekumpulan gelandangan, para pensiun, serta orang-orang yang tidak memiliki tujuan hidup. Mereka menempati sebuah mobil atau gubuk tanpa air mengalir dan listrik menyala. 

Kota yang tidak memiliki alamat ini juga tidak disertai fasilitas umum, serta pembayaran pajak dan biaya sewa juga merupakan pengecualian. Kota ini pun dijuluki sebagai 'Kota bebas terakhir di Amerika'.

9. Kota neraka

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Michigan, Amerika Serikat, merupakan kota di mana kamu dapat menemukan sebuah neraka, Bela. Kota dengan asal usul nama yang patut dipertanyakan ini dihuni oleh para penduduk yang mempertahankan citra 'nerakanya'.

Turis yang berdatangan begitu bersemangat mengambil foto dengan sebuah papan yang berbunyi 'Selamat Datang di Neraka!'. 

10. Kota tanpa kematian

Ada Kota Mayat, Ini 10 Kota Paling Aneh di Dunia brightside.me

Kota Longyearbyen, Svalbard merupakan salah satu kota yang terletak di pulau Spitsbergen, Norwegia, yang tidak menampung kematian penduduk. Meskipun kota  tersebut dulunya memiliki tanah untuk kuburan, namun sudah tidak terpakai selama 70 tahun. 

Cuaca yang sangat dingin di kota ini mencegah pembusukan mayat, sehingga kota ini pun menjadi habitat berbagai jenis hewan liar. Orang-orang yang mati kemungkinan besar akan diangkut dengan pesawat ke daratan Norwegia.

Itulah 10 kota paling aneh di seluruh penujuru dunia namun nyata. Kamu sendiri berani tinggal di mana, Bela? 

Baca Juga: 10 Kota dengan Suhu Paling Panas di Indonesia, Gerahnya Bikin Emosi

Baca Juga: Minim Kejahatan, Inilah Daftar 10 Kota Paling Aman di Dunia

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Paling Aneh di Dunia, Ada yang Berpasir Hijau