Visa perjalanan ke Korea Selatan terbaru, yang disebut sebagai visa Hallyu, akan diluncurkan untuk menarik minat para pengunjung. Hallyu yang terjemahannya adalah Korean Wave atau Gelombang Korea, mengacu pada fenomena kebangkitan budaya pop Korea secara global—melalui K-pop, K-drama, dan film Korea.

Budaya Korea yang diperkenalkan melalui penayangan hiburannya telah berhasil mengumpulkan jutaan penggemar secara global, maka visa Hallyu dirancang untuk membuka kesempatan bagi orang asing yang ingin mempelajari budaya dan industri hiburan di Korea. 

Tujuan peluncuran visa Hallyu

Kabar Baik Bagi Para Penggemar, Korea Selatan Siapkan Visa Hallyu!GieAnywhere.com

Menurut The Korea Herald, visa Hallyu bertujuan untuk menarik lebih banyak talenta berbakat dan mendukung kedatangan mereka yang ingin belajar lebih jauh tentang budaya dan industri hiburan di Korea.

Kementerian Kehakiman Korea Selatan juga menjelaskan tujuan utama di balik peluncuran visa Hallyu. Peluncuran visa tersebut diharapkan mampu meningkatkan industri hiburan Korea, dan meminimalkan risiko akibat pandemi.

"Kementerian Kehakiman telah mendorong program visa Hallyu mengingat meningkatnya permintaan terhadap pendidikan budaya Korea, serta untuk meningkatkan momentum Korean Wave, dan mendukung budaya lokal dan industri musik yang terdampak pandemi."

Kabar Baik Bagi Para Penggemar, Korea Selatan Siapkan Visa Hallyu!Getty Images

Visa turis Korea yang saat ini memungkinkan seseorang untuk menetap di Korea Selatan hingga 90 hari. Setelah visa Hallyu secara resmi diterapkan, maka masa penetapan para pengunjung dapat diperpanjang. Salah satu syarat untuk mengajukan visa Hallyu adalah para pengunjung wajib terdaftar di institusi pendidikan yang berbasis hiburan.

Informasi lebih lengkapnya tentang visa Hallyu kemenungkinan akan dibagikan pada paruh pertama tahun 2022.

Para penggemar yang sudah menanti perkembangan visa Hallyu juga memberikan respons yang positif.

Respons para penggemar terhadap visa Hallyu

https://www.youtube.com/embed/rMHmhSEOPPM

Anna, seorang YouTuber berusia 27 tahun dari Kota Praha, Republik Ceko mengunjungi Korea sebagai mahasiswa Pertukaran Pelajar di Hankuk University of Foreign Studies. Dia berbagi bahwa visa ini akan membuka kesempatan bagi orang asing untuk berkunjung ke Korea.

"Banyak yang mengunjungi Korea saat berlibur atau ketika mengikuti Program Pertukaran Bahasa. Dan dari apa yang saya dengar, visa E-6 (visa kerja jangka panjang yang ditujukan kepada sektor budaya dan hiburan) sulit didapat karena persyaratannya yang ketat. Jadi, (visa Hallyu) meningkatkan peluang bagi orang asing yang tertarik untuk belajar dan menetap di Korea."

Yue, seorang mahasiswa pascasarjana Bahasa dan Sastra di KyungHee University yang berasal dari Tiongkok, berharap bahwa visa Hallyu akan meningkatkan peluangnya untuk bekerja di industri hiburan. Dia percaya bahwa bekerja di industri hiburan Korea akan membekalinya dengan pengalaman yang bermanfaat sebelum kembali ke negara asalnya untuk mengembangkan karier.

"Sudah hampir lima tahun sejak saya menetap di Korea. Mahasiswa Tiongkok seperti saya biasanya kembali ke negara asalnya untuk mencari pekerjaan yang lebih baik setelah menyelesaikan studinya di Korea."

Kabar Baik Bagi Para Penggemar, Korea Selatan Siapkan Visa Hallyu!James Welsh/YouTube

Seorang Youtuber kecantikan dari Inggris bernama James Welsh membagikan minatnya untuk mempelajari industri kecantikan di Korea. Keberadaan visa Hallyu akan memberikan peluang yang bermanfaat bagi James Welch untuk mendalami industri kecantikan di Korea.

"Sangat senang melihat kaum pria terwakili dengan baik di industri kecantikan Korea dan bahan-bahan yang digunakan dalam produk kecantikan Korea telah membuat saya tertarik selama lebih dari 10 tahun."

Meskipun dalam waktu dekat kita masih belum bisa mengunjungi Korea Selatan, namun  tidak ada salahnya kita mempersiapkan rencana perjalanan dahulu dari sekarang. Nah, apakah kamu juga tertarik berkunjung ke Korea Selatan dengan memanfaatkan visa Hallyu, Bela?

Baca Juga: Bukan Seoul, Ini 7 Kota Terbaik di Korea Selatan untuk Dikunjungi

Baca Juga: Uji Adrenalin di 7 Taman Hiburan Korea Selatan Ini, Dijamin Seru!

Baca Juga: Ingin Pindah ke Korea Selatan? Simak Dulu 11 Fakta Menariknya!