Mayoritas warga negara India tidak hanya menganut agama Hindu, namun juga agama Islam. Agama Islam pun menjadi agama kedua terbesar di India.

Negara dengan budayanya yang kental tersebut, menghadirkan beberapa bangunan yang memiliki ciri khas Islam, seperti monumen, masjid dan menara yang sangat memukau.

Mulai dari arsitektur bangunan-bangunannya, hingga fungsinya, kaya akan sejarah agama Islam. Bangunan-bangunan ini lantas menjadi populer di kalangan turis, dan patut masuk dalam daftar wisata religi ketika kalian berkunjung ke India, Bela. 

Mari kita simak apa saja bangunannya berikut ini.

1. Masjid Solah Khamba, Bidar

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiainstagram.com/lipibharadwaj

Dibangun oleh Qubil Sutani di Tahun 1423-1424, masjid Solah Khamba merupakan masjid kuno yang terletak di Benteng Bidar, tepatnya berjarak 2,8km dari Stasiun Kereta Api Bidar. 

Masjid yang merupakan bangunan muslim tertua ini juga biasanya disebut sebagai Masjid Zanana, karena letaknya berada di Area Zanana. Bangunannya yang megah dibangun berdasarkan 16 pilar yang berjajar.

Jika mengunjungi masjid Solah Khamba, kamu bisa merasakan beribadah di dalam benteng, Bela.

2. Masjid Jama, Delhi

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiatripadvisor.co.id

Masjid Jama merupakan salah satu masjid terbesar di India yang mampu menampung sekitar 25.000 orang, berlokasi di Jalan Chadni Chowk, Pusat Kota Tua Delhi. 

Masjid ini dibangun pada tahun 1644 oleh kaisar Mughal Shah Jahan, yang juga membangun Taj Mahal. Menjadi bagian pariwisata kota Delhi, bangunan masjid ini terdiri dari empat menara dan tiga gerbang besar.

Bangunannya yang setinggi 40m dibangun dari pasir merah dan marmer putih. Lantai masjid ini juga dilapisi marmer berornamen putih dan hitam, sehingga mirip dengan motif sajadah Muslim.

3. Nizamuddin Dargah, Delhi

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiaindiatvnews.com

Nizamuddin Dargah merupakan sebuah kawasan pemakaman dari ulama sufi, yang paling dihormati di kota Delhi, yaitu Syed Muhammad Nizamuddin Auliya. Makam ini menampung lebih dari 70 kuburan tokoh-tokoh ternama di India. 

Setiap minggunya, makam Nizamuddin Dargah dikunjungi oleh ribuan peziarah. Biasanya terdengar nyanyian Islam sufi yang disebut Qawwali, dari para pendatang sehabis maghrib. 

4. Masjid Haji Ali Dargah, Mumbai

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiainstagram.com/story_of_auliya_allah)

Masjid Haji Ali Dargah meruakan salah satu masjid yang menjadi tempat wisata utama di Kota Mumbai. Masjid ini menarik begitu banyak pengunjung karena lokasinya dan arsitektur bangunannya yang mengesankan.

Dibangun dari marmer putih, masjid tersebut tampak tenang dan kuat berdiri tegak di tengah lautan, meskipun ketika ombak datang menghantam strukturnya. 

Arisekturnya mengikuti gaya Islam, yang dilengkapi kubah dan menara putih. Menara masjidnya beserta gerbang masuknya yang dibuat dari marmer putih. 

Masjid ini juga menyimpan sejarah, karena menjadi  tempat pemakaman seorang sufi terkenal bernama Pir Haji Ali Shah Bukhari, yang menurut legenda, datang ke negara India untuk menyebarkan agama Islam. Makamnya terletak di aula utama dan dikelilingi pagar yang terbuat dari marmer putih.

5. Char Minar, Hyderabad

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiainstagram.com/arryamann

Dibangun pada tahun 1591, Char Minar atau artinya ‘Empat Menara’ dalam bahasa Urdu ini merupakan sebuah monumen ikonik yang terletak di Kota Hyderabad, India. Bangunan berbentuk persegi ini memiliki empat menara setinggi 56 m.

Bangunan Char Minar sendiri terbuat dari granit, mortar, dan marmer yang didominasi warna krem. Char Minar sering dikunjungi di malam hari karena menghadirkan panorama indah dari lampu-lampu yang menghiasi gedungnya.

6. Masjid Cheraman Juma, Kerala

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiatwitter.com/advaidism

Masjid di kota Kerala ini dianggap sebagai masjid yang pertama kali dibangun di India, tepatnya pada tahun 629 M. Dibangun oleh Malik Deenar Arab, bangunan dari masjid ini telah direnovasi berkali-kali selama bertahun-tahun, dan tetap berdiri dengan kokoh hingga saat ini.  

Mengusung konsep arsitektur gaya Kerala, bangunan masjid ini berisi lampu minyak kuno, yang dianggap telah menyala terus selama lebih dari seribu tahun.

7. Bara Imambara, Lucknow

Bisa Jadi Pilihan Wisata Religi, Ini 7 Bangunan Khas Islam di Indiafabhotels.com

Bara Imambara dianggap sebagai bangunan yang memiliki keajaiban arsitektur paling menakjubkan di India. 

Bangunan ini termasuk yang terbesar dan tidak memiliki penahan. Seluruh bangunan terbuat dari batu bata berukuran kecil beserta kapur, tanpa bahan yang berkokoh seperti kayu ataupun logam. 

Pembangunan gedung keagamaan ini memakan waktu 14 tahun lamanya, dan dimulai pada tahun 1784. Labirin di dalam gedungnya terdiri dari sekitar 1.000 lorong, 489 pintu masuk, beserta jumlah tangga yang banyak.

Itulah 7 bangunan Islam paling mengesankan di India yang patut dikunjungi ketika berlibur ke India. Jangan lupa siapkan religi tour ketika kamu berkunjung ke India ya, Bela.

Semoga pandemi cepat berakhir, agar kita semua bisa segera merancanakan liburan!

Baca Juga: Penuh Kisah, Ini 10 Bangunan Bersejarah Islam di Seluruh Dunia

Baca Juga: Liburan ke Bali? Inilah 6 Tempat Wisata Religi Islam di Bali 

Baca Juga: Deretan 7 Bangunan dengan Arsitektur Unik dan Menarik di Seluruh Dunia