Apa kamu sudah tau Bela, kalau sejak tahun 2019 ini ada kebijakan baru yang diterapkan oleh maskapai bertarif rendah, seperti Lion Air dan Wings Air? Para maskapai tersebut mengenakan tarif pada bagasi penumpang. Padahal sebelumnya, bagasi dinyatakan gratis meski dalam batasan tertentu.

Istilah 'no frills' dalam maskapai berbiaya rendah memang merujuk pada tidak adanya layanan tambahan dalam penerbangan. Maskapai-maskapai ini meniadakan pelayanan makanan minuman gratis, bagasi cuma-cuma, bahkan hingga calon penumpang tidak diberi keleluasaan untuk memilih tempat duduk. Lalu, berapa sih harga bagasi Lion Air sendiri? Simak yuk!

Barang bawaan penumpang untuk masuk kabin maksimal 7 kilogram

Harga Bagasi Lion AirPexels.com/Tranmautritam

Kalau kamu memilih bepergian dengan maskapai Lion Air, kamu harus mengetahui aturan ini. Penumpang hanya diperbolehkan membawa barang bawaan ke kabin seberat 7 kilogram, berdimensi maksimal 40 cm x 30 cm x 20 cm secara Cuma-cuma. Sebab, barang yang tercatat dalam bagasi nantinya akan dikenakan tarif.

Harga bagasi Lion Air akan lebih murah menggunakan pre-paid baggage

Harga Bagasi Lion AirPexels.com/bruce mars

Jadi, untuk tarif bagasi maskapai penerbangan yang masuk dalam kategori LCC, termasuk Lion Air, akan lebih murah kalau menggunakan sistem pre-paid baggage atau dibeli maksimal enam jam sebelum penerbangan melalui sistem online. Para penumpang yang akan membawa bagasi bisa melakukan pembelian voucher bagasi melalui agen perjalanan, website Lion Air, dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

Harga bagasi Lion Air tergantung rute tujuan dan jam penerbanganmu ya!

Harga Bagasi Lion Air

Berikut harga bagasi Lion Air kisaran pada penerbangan dengan flight hours lebih dari 3 jam, seperti rute Jakarta-Gorontalo, Jakarta-Manado, dan Jakarta-Kupang :

5 kg : Rp 155.000

10 kg : Rp 310.000

15 kg : Rp 465.000

20 kg : Rp 620.000

25 kg : Rp 755.000

30 kg : Rp 930.000

Kamu bisa membeli bagasi pada saat pembelian tiket atau saat check in menuju keberangkatan, dengan resiko ketika check in kamu akan mendapat harga bagasi yang jauh lebih mahal. Sebagai contoh, untuk penerbangan dari Jakarta ke Singapura, harga bagasi Lion Air per kg-nya adalah Rp 80 ribu. Lumayan kan? Untuk pembayarannya, sudah disediakan mesin electronic data capture (EDC) untuk meminimalisir antrean di bandara. Bagi para penumpangnya, dihimbau juga untuk tiba di bandara lebih awal atau 120 menit sebelum keberangkatan.

Penghilangan fasilitas bagasi gratis tidak hanya berlaku untuk penerbangan domestik saja ya, melainkan juga untuk rute internasional. Untuk mendapat harga pasti sesuai rute dan jam penerbangan yang kamu ambil, jangan ragu untuk menelpon ke customer care maskapai ya, Bela!

Baca Juga: Ini Maskapai Penerbangan dengan Kelas Ekonomi Terbaik di Dunia