Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Sejarah

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarah

Direncanakan menjadi tempat akad pernikahan Kaesang Pangarep

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarah

Kabar bahagia datang dari putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep. Diketahui, ia berencana akan menggelar akad nikah pada Sabtu (10/12/2022). Sang calon istri, Erina Gudono akan melangsungkan midodareni di Sleman, Yogyakarta sehari sebelum akad. Rencananya, akad akan berlangsung di Royal Ambarrukmo baru dilanjutkan dengan acara ngunduh mantu di Loji Gandrung dan jamuan syukuran di Pura Mangkunegaran Solo. 

Royal Ambarrukmo sendiri terletak di Sleman, Yogyakarta. Dahulu, tempat ini berfungsi sebagai istana dan taman Kerajaan Yogyakarta, kini telah disulap menjadi hotel mewah bintang lima. Dalam pengoperasian Royal Ambarrukmo, pemerintah daerah turut berperan sebagai pengawas, sebab bangunan ini masuk dalam kategori cagar budaya. 

Direncanakan menjadi tempat untuk mengucap janji suci antara Kaesang dan Erina Gudono, apa saja fasilitas yang disediakan hotel bintang lima ini?

1. Sejarah Royal Ambarrukmo

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Royal Ambarrukmo merupakan hotel warisan hidup yang dulunya dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono V pada tahun 1857—Pesanggrahan Ambarrukmo—untuk digunakan sebagai tempat menjamu tamu. Baru di tahun 1895-1897, Sultan Hamengku Buwono VII merenovasi bangunan ini dan menjadikannya tempat tinggal setelah ia turun takhta.

Hotel ini menampilkan koleksi karya arsitektur Jawa otentik dari abad ke-18 serta karya seni dari tahun 1964. Salah satu karya seni yang dapat kamu temukan yakni patung perunggu hasil karya pembuat patung terkenal ‘Keluarga Artja Studio’ yang sebagian besar ditempatkan di area kolam renang dan Royal Garden. 

Hotel ini berdiri di kompleks bekas kediaman istana Ambarrukmo sekaligus saksi era hari Kemerdekaan Indonesia. Untuk pertama kalinya, hotel ini dibuka pada tahun 1966 dan mengalami pemugaran di tahun 2004, baru kemudian di tahun 2011 hotel ini kembali beroperasi.

Menurut Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta, kompleks Kedhaton Ambarrukmo terdiri dari tujuh kawasan, yaitu Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Bale Kambang, Gandhok, Pacaosan, dan Alun-Alun. 

2. Cerita masa lalu dari lokasi ikonik di Royal Ambarrukmo

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Pendopo Agung merupakan bangunan semi outdoor tanpa dinding yang melambangkan keterbukaan raja kepada rakyatnya. Bangunan ini memiliki lantai yang lebih tinggi dari halaman untuk mencerminkan penghargaan kepada tamu. Atapnya ditopang oleh total 36 pilar dari tiga jenis, yakni 4 Saka Guru (pilar utama), 12 Saka Penanggap (pilar sub utama), dan 20 Saka Penitih (pilar luar dan pendukung).

Bale Kambang terletak di bagian utara kompleks Ambarrukmo yang berbentuk segi delapan. Desain bangunanya sendiri terinspirasi dari Istana Air Taman Sari yang memadukan antara gaya kolonial Belanda dengan filosofi arsitektur asli Jawa. Sebelum masuk, diharapkan para pengunjung melepas alas kaki yang digunakan. 

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Gadri merupakan lokasi yang dulunya digunakan oleh Sultan Hamengku Buwono V sampai VII dan keluarga mereka untuk menyantap makanan. Gadri terletak di antara Bale Kambang dengan Pawon Ageng (dapur utama) di bawahnya dan Ndalem Ageng yang sekarang menjadi Museum Ambarrukmo.

Museum Ambarrukmo terletak di antara pusat perbelanjaan dan hotel. Museum Ambarrukmo menempati bangunan utama Royal Residence, tepat di belakang Pendopo yang megah. Diresmikan pada 28 Mei 2013 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur sekaligus Raja Keraton Yogyakarta. Pada awal abad ke-19, tempat ini berfungsi sebagai kediaman resmi mendiang Sri Sultan Hamengku Buwono VII, segera setelah ia melepaskan tahtanya.

Gandhok Tengen bagian dalam (sayap utara) dulunya adalah tempat tinggal para putri dan kerabat keraton lainnya. Kemudian bagian luar (sayap selatan) untuk tamu wanita dari kerajaan atau negara lain. Hingga kini, bangunan ini masih dilestarikan sebagai situs warisan kerajaan yang kini difungsikan sebagai 'Nurkadhatyan The Ritual Spa'.

3. Lokasi Royal Ambarrukmo

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto No.81, Ambarukmo, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta 55281

Hotel yang terletak di Sleman Yogyakarta ini berlokasi hanya beberapa langkah dari Plaza Ambarrukmo. Cocok menjadi tempat menginap untuk kamu yang sedang dalam perjalanan bisnis, hanya diperlukan waktu selama 15 menit untuk sampai ke Bandara Adisucipto, serta 30 menit ke Bandara Internasional Yogyakarta. Sedang, untuk kamu yang berniat liburan, hotel ini juga dekat dengan lokasi wisata seperti Candi Prambanan dan kawasan perbelanjaan Malioboro.  

4. Fasilitas dan kemewahan bintang lima

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Megah dan mewah adalah dua kata yang melekat pada Royal Ambarrukmo. Memiliki 247 kamar tamu dan akomodasi suite, hotel ini akan memberikan pengalaman menyelami kenyamanan dalam kemewahan lewat balutan tradisi dan warisan Kraton Yogyakarta.

Setiap kamar dilengkapi dengan akses wifi gratis, Smart LED TV, coffee, hingga tempat tidur premium. Terdapat beberapa pilihan kamar yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Deluxe Double menyediakan kamar seluas 40 meter persegi yang dilengkapi balkon dengan pemandangan kolam renang dan taman kerajaan. 
  • Premiere Double mempertontonkan pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi serta Royal Garden, serta dilengkapi balkon. 
  • Studio Room dirancang untuk kamu yang datang untuk perjalanan bisnis. Memiliki balkon seperti dua kamar sebelumnya, Studio Room dilengkapi dengan ruang tamu serta kamar yang menghadap ke kolam renang. 
  • Junior Suite hadir dalam luas 60 meter persegi dengan tempat tidur ganda yang ditujukkan untuk relaksasi dan kenyamanan terbaik untuk para tamunya. 
  • Executive Suite berukuran dua kali lipat dari Deluxe Double. Setiap kamar memiliki ruang tamu yang terpisah, dua balkon pribadi, serta kamar mandi yang dilengkapi bathtub. 
  • Ambarrukmo Suite merupakan kamar seluas 120 meter persegi yang menghadirkan kamar tidur dengan sofa single, kamar mandi luas dan mewah, pantry dengan area makanan dan bar, serta ruang tamu. 

5. Harga per malam untuk menginap di Royal Ambarrukmo

Mengenal Royal Ambarrukmo, Hotel Mewah yang Kental Akan Sejarahinstagram.com/royalambarrukmo

Untuk kamu yang berniat menginap dan menikmati fasilitas lengkap yang berada di hotel ini dapat mulai menyiapkan bujet sesuai dengan pilihan kamar yang ingin ditempati. Berikut daftar harga untuk per satu malam.

  • Deluxe Double mulai dari Rp1.408.000
  • Premiere Double mulai dari Rp1.508.000
  • Studio Room mulai dari Rp1.808.000
  • Junior Suite mulai dari Rp4.008.000
  • Executive Suite mulai dari Rp5.908.000
  • Ambarrukumo Suite mulai dari Rp9.689.000

Melansir dari situs resmi royalambarrukmo.com itulah rangkaian sejarah serta fasilitas yang dapat kamu temukan dan nikmati di Royal Ambarrukmo. Hingga saat ini, Royal Ambarrukmo masih dimiliki oleh Keraton Yogyakarta yang menggandeng PT Putera Mataram Mitra Sejahtera untuk mengembangkan dan mengelola kompleks Ambarrukmo. 

Baca Juga: 10 Hotel Terbaik di Dunia Tahun 2022, Ada Indonesia!

Baca Juga: Bak Bangsawan, 10 Potret Hotel Mewah Jungkook 'BTS' saat di Qatar

Baca Juga: Rekomendasi Hotel Mewah Bintang Lima di Bandung, Mulai dari Rp1,1 Juta

  • Share Artikel

TOPIC

Related Article

10 Kelenteng Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia Saat Imlek

10 Kelenteng Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia Saat Imlek

trending

Trending

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

10 Nama Malaikat dan Tugasnya dalam Agama Islam, Ingat Kembali, Yuk!

This week's horoscope

horoscopes
Aquarius

Ramalan Zodiak Aquarius Hari Ini - Zodiak Aquarius berasal dari k... read more

See more horoscopes here

Exclusive

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

6 Fakta Diet Skincare yang Sedang Ngetren di Korea Selatan

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Lutesha Bicara Soal Body Shaming: Fokus Dulu ke Diri Sendiri!

Tidak usah hiraukan pendapat orang lain

Latest from Travel

10 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Bentang Alamnya Menakjubkan!

10 Rekomendasi Tempat Camping di Bandung, Bentang Alamnya Menakjubkan!