Berpetualang mengarungi sungai, mendaki gunung, atau menyelami lautan dalam adalah liburan menyenangkan bagi sebagian orang. Sedangkan, sebagian lainnya lebih suka menjelajahi tempat yang belum terjamah, menyimpan berbagai rahasia, bekas tragedi masa lalu, hingga angker. 

Rasa ingin tahu yang besar telah menarik para pelancong untuk datang dan menyaksikan sendiri sudut-sudut paling mengerikan di dunia. Entah karena masa lalu yang kelam, lokasi yang terbengkalai, atau tempat penuh penghormatan bagi para leluhur yang membuat beberapa tempat ini menjadi begitu mengerikan. Penasaran? Let's check it out!

1. Gates Of Hell, Turkmenistan

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniinsider.com

Dikenal sebagai gerbang neraka atau pintu negara, objek wisata yang tidak disengaja ini adalah ladang gas alam yang runtuh. Belum ada informasi secara pasti tentang asal muasal ngarai yang terbakar ini, namun satu teori menyatakan jika pengeboran yang dilakukan oleh Uni Soviet di tahun 1971 menghantam goa gas. 

Dalam upaya membakar kelebihan gas beracun yang keluar, perusahaan tersebut menyalakan api yang dirasa akan padam dalam beberapa minggu, namun ternyata masih menyala setelah 50 tahun. Lubang ini terus terbakar sepanjang tahun dengan kedalaman sekitar 20 meter dan diameter kurang lebih 70 meter.

2. Mount Huashan, Tiongkok

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanichinahighlights.com

Gunung Huashan terkenal sebagai akar budaya Tiongkok—tempat asli peradaban Tiongkok —yang memiliki jalur pendakian paling berbahaya di dunia. Penduduk setempat menyebut gunung setinggi 2154 meter ini sebagai ‘gunung paling terjal di bawah langit’.

Gunung ini memiliki lima puncak yang terkenal, yaitu Puncak Utara, Barat, Selatan, Timur, dan Timur Tengah. Salah satu bagian paling menegangkan adalah saat para pendaki perlu melintasi papan kayu sempit di sisi tebing pada ketinggian 2000 kaki di udara. 

3. The Catacombs of Paris, Prancis

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanicatacombes.paris.fr

Rasakan sensasi darah membeku saat kamu mengunjungi The Catacombs of Paris. Peringatan di awal berbunyi, “Arrête! C'est ici l'empire de la Mort"  yang artinya “Berhenti! ini adalah kerajaan kematian”.

The Catacombs Of Paris merupakan terowongan bawah tanah sepanjang 1,5 km dengan tengkorak lebih dari 6 juta mayat yang tersusun rapi di sisi kanan dan kiri, namun tidak semua area terbuka untuk umum.

4. Trans-Allegheny Lunatic Asylum, Amerika Serikat

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanilatimes.com, aaa.com

Trans-Allegheny Lunatic Asylum seharusnya menjadi tempat pemulihan, namun semua berubah menjadi kegilaan. Semua berawal saat bangunan tersebut menampung sepuluh kali lipat dari jumlah penghuni yang dapat ditampung, menyebabkan kualitas perawatan mulai menurun. 

Akibatnya, pasien tanpa pengawasan mulai bertingkah dengan membuat beberapa kebakaran serta membunuh sesama penghuni. Pada akhirnya, fasilitas ini ditutup pada tahun 1994 dan membiarkan kamar-kamar masih dipenuhi peralatan medis dan kursi roda yang berserakan di lorong—seakan-akan seluruh pasien dan perawat menghilang begitu saja. 

5. Eastern State Penitentiary, Amerika Serikat

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniwhyy.org, guidetophilly.com

Eastern State Penitentiary dulu terkenal sebagai penjara paling mahal di dunia. Tempat ini dikenal karena arsitekturnya yang megah, sebuah penjara yang dirancang untuk menumbuhkan rasa penyesalan di hati para narapidana.

Beroperasi dari tahun 1829 hingga 1971, tempat ini telah menampung sekitar 80.000 narapidana. Bahkan, pernah menampung mafia Al Capone, lho! Kini, Eastern State Penitentiary masuk dalam Landmark Bersejarah Nasional Amerika Serikat, yang terbuka untuk umum sebagai museum untuk tur mulai dari pukul 10 pagi hingga 5 sore.

6. Island of the Dolls, Mexico

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniamusingplanet.com

Julian Santana Barrera—sang penjaga pulau—meninggal di tahun 2001, meninggalkan pulau penuh boneka yang menggantung di pohon. Semasa hidupnya, ia pernah berkisah jika dirinya menemukan mayat gadis mengambang di danau, dan tak lama sebuah boneka juga muncul di dekatnya. 

Sejak kejadian tersebut, ia mulai menggantung boneka di pohon atau bangunan sebagai upaya menangkal roh si anak. Merasa satu tidak cukup, ia mulai mengais boneka dari tempat sampah dan kembali menggantungkannya. Setidaknya, ada 1000 boneka dengan tampilan yang kotor dan mengerikan di pulau ini. 

7. Winchester Mystery House, Amerika Serikat

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanimercurynews.com

Winchester Mansion memiliki lebih dari 160 kamar dan 40 kamar tidur, 10.000 jendela, beberapa lift, pancuran air panas, dan ruang bawah tanah. Awalnya, Sarah Winchester membeli sebuah rumah pertanian kecil dengan delapan kamar. Ia kemudian memulai proyek renovasinya dan itu berjalan selama 36 tahun, baru berhenti ketika ia meninggal di tahun 1922. 

Lantas, apa yang menyebabkan ia terus menerus membangun kembali tempat tinggalnya? Meski tidak pernah ada yang tahu pasti mengapa ia melakukannya, diyakini jika Sarah Winchester terus dihantui oleh roh dari mereka yang terbunuh dengan senapan Winchester Repeating Arms. Kemudian, seorang paranormal mengatakan kepadanya untuk pindah ke barat, membeli rumah, dan membangunnya tanpa henti.

8. Port Arthur, Australia

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanibooking.com

Kota kecil Port Arthur terletak di bagian selatan Semenanjung Tasman, dengan koleksi bangunan yang terdaftar di dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Dulunya, kawasan ini dianggap sebagai penjara yang tidak memiliki jalan keluar, bahkan lewat desas-desus yang tersebar mengatakan jika perairan di sekitar Semenanjung Tasman dipenuhi hiu dan satu-satunya rute palarian darat telah diblokir. 

9. Brighton Asylum, Amerika Serikat

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanionlyinyourstate.com

Terkenal sebagai bagunan paling berhantu di New Jersey, dulunya kompleks industri Brighton digunakan sebagai tempat untuk menampung orang-orang yang tidak stabil secara mental dan rusak secara psikologis. Gedung pusat utama atau sering disebut Brighton Asylum, merupakan tempat bagi pasien yang paling kejam. 

Kabarnya, saat bangunan ini masih aktif digunakan ada eksperimen medis aneh, menghilangnya beberapa staf, adanya kekerasan, hingga teriakan aneh yang suaranya mencapai pemukiman warga. Pada akhirnya, fasilitas ini resmi ditutup secara permanen pada tahun 1952 dan baru kembali dibuka di tahun 2011 sebagai haunted attraction

10. Hoia Baciu Forest, Romania

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanimybestplace.com

Terletak di pinggiran Cluj Napoca, di perbatasan utara Rumania, hutan Hoia Baciu membentang seluas 250 hektar di Transylvania. Hutan ini menjadi begitu terkenal ketika di tahun 1960, seorang ahli biologi bernama Alexandru Sift memotret objek terbang di langit di atas hutan. 

Setelah kejadian tersebut, ada lagi kejadian tak terduga, yaitu hilangnya seorang gembala dan 200 ekor dombanya. Ada juga kasus menghilangnya seorang gadis berusia lima tahun yang baru ditemukan setelah lima tahun, dengan pakaian yang sama tanpa terlihat perubahan pertumbuhan sama sekali.

11. Burg Wolfsegg, Jerman

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniamyscrypt.com

Wolfsegg merupakan desa kecil dan terpencil di Jerman, terkenal berkat Kastil Wolfsegg yang megah dan juga karena cerita hantu yang mengikutinya. Berasal dari abad ke-13, kastil ini dibangun oleh Ulrich Von Laaber. Salah satu kisah supernatural yang terkenal adalah ‘The Hole’, dan cerita penampakan hantu perempuan yang dipercaya seabagai istri dari Ulrich bernama Klara von Helfenstein.

Konon—tidak terlalu jauh dari kastil—di dalam hutan, terdapat lubang yang membuat beberapa orang hilang secara misterius, termasuk Ulrich dan anak-anaknya. Beberapa lainnya berspekulasi bahwa ada monster hidup di dalamnya. Teori ini didukung oleh klaim bahwa ada suara-suara aneh yang berasal dari hutan. Namun, banyak yang beranggapan jika hal ini hanya isu yang dibuat untuk menakut-nakuti orang agar tidak menjelajahi hutan. 

12. The Queen Mary, Amerika Serikat

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniqueenmary.com

Queen Mary adalah sebuah kapal yang berubah menjadi hotel megah di Long Beach, California sejak tidak lagi beroperasi. Berlayar selama 30 tahun di laut, kapal tersebut telah mencatat lebih dari 50 kematian, membuat desas-desus mengenai kapal yang berhantu semakin dipercaya banyak orang. Saat ini, Queen Mary sedang ditutup untuk perbaikan agar tidak tenggelam. 

13. Poveglia, Italia

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanithelittlehouseofhorrors.com

Selama satu abad, Pulau Poveglia digunakan sebagai lokasi untuk karantina korban wabah kolera dan pes. Pulau ini juga dikenal sebagai kuburan massal, sebab setengah dari tanahnya menyimpang sisa tulang belulang mayat.

Tahun 1922, pulau ini berubah fungsi menjadi rumah sakit jiwa, namun warga lokal mengatakan jika sang dokter juga menderita gangguan jiwa karena sering menyiksa dan membantai pasiennya sendiri.

14. Aokigahara Forest, Jepang

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberaniyamanashi-kankou.jp

Terletak di kaki Gunung Fuji, hutan Aokigahara juga dikenal sebagai hutan bunuh diri dan lautan pohon karena kepadatan pohonnya sangat tinggi. Aokigahara merupakan hutan yang unik, sebab hampir tidak ada satwa liar sehingga terasa sangat sepi, menjadikannya tujuan populer di kalangan penduduk setempat. Setelah sebuah novel menggunakan hutan ini sebagai latar, hutan Aokigahara menjadi tempat bunuh diri yang populer. 

Sebelum memasuki hutan, ada peringatan yang menyentuh untuk mencegah seseorang untuk bunuh diri. Satu tanda di pintu masuk berbunyi, "Hidupmu adalah sesuatu yang berharga yang diberikan kepadamu oleh orang tuamu" sementara yang lain bertuliskan "Renungkanlah orang tuamu, saudaramu dan anak-anakmu sekali lagi. Jangan susah sendiri." Namun, tidak diketahui secara pasti ada berapa banyak kasus bunuh diri di sini, sebab polisi memutuskan untuk berhenti mempublikasikan data. 

15. Capuchin Catacombs, Italia

15 Tempat Paling Menantang di Dunia Untuk Para Pemberanislate.com/blogs/atlas_obscura

Capuchin Catacombs merupakan makam di bawah tanah yang terletak di Palermo, Sisilia, Italia. Di sini, terdapat hampir 8000 mayat yang berjejer dinding, duduk di bangku, dan tersimpan di rak dan peti mati terbuka. Bernuansa remang-remang, Capuchin Catacombs dipisahkan menjadi beberapa koridor, masing-masing menyimpan tipe orang tertentu. 

Ada ruang untuk tokoh agama—terutama yang berafiliasi dengan biara. Ruang untuk profesional seperti dokter, dan ruang untuk perempuan, perawan, dan bayi. Mayat tertua dalam koleksi mengerikan ini adalah Silvestro da Gubbio, seorang biarawan yang meninggal pada tahun 1599. Kabarnya, atmosfer yang sangat kering di sini memungkinkan mumifikasi alami tubuh.

 Setelah melihat daftarnya, apa kamu tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga: 7 Rumah Sakit Jiwa Paling Angker di Dunia, Mengerikan!

Baca Juga: Berbahaya, Ini 9 Negara dan Destinasi yang Nggak Baik untuk Disambangi

Baca Juga: 10 Pantai Paling Berbahaya di Dunia, Memakan Banyak Korban!