Menghabiskan waktu untuk berlibur merupakan salah satu cara untuk menghilangkan stres. Tidak perlu jauh-jauh bepergian ke luar negeri, Indonesia menyimpan banyak destinasi wisata menarik yang menunggu untuk dikunjungi.

Mulai dari menikmati sunset dari pinggir pantai, menyelam bersama puluhan biota laut, mendaki gunung, hingga wisata edukasi dapat kamu pilih. Masih bingung mau pergi ke mana? Yuk, cek rekomendasi dari Popbela berikut ini!

1. Kepulauan Gili, Nusa Tenggara Barat

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahwater-sport-bali.com

Sejak tahun 1980-an, Kepulauan Gili menjadi keunggulan Lombok yang terdiri dari tiga pulau, yaitu Gili Trawangan, Meno dan Air. Sebagai pulau yang paling besar, Gili Trawangan memiliki kunjungan wisatawan yang lebih banyak, sedangkan Meno merupakan pulau kecil yang sering digunakan wisatawan untuk bulan madu. 

Wisatawan dapat menikmati olahraga air sembari menikmati pemandangan di bawah laut  seperti scuba diving dan snorkeling. Di pulau ini, penduduk masih terbiasa menggunakan alat transportasi tradisional seperti delman dan becak. 

2. Danau Kelimutu, Nusa Tenggara Timur

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/antobajo_

Terletak di puncak gunung berapi Kelimutu, danau ini memiliki tiga warna berbeda, yaitu merah, putih dan biru. Disebut sebagai salah satu lokasi yang memiliki panorama sunrise terbaik di dunia, Danau Kelimutu diselimuti alam yang masih asri.

Agar tidak terlambat, pengunjung disarankan bermalam di Desa Moni jika ingin menyaksikan panorama sunrise. Di desa ini, terdapat Air Terjun Mono yang tidak boleh terlewatkan, serta pemandangan perbukitan dan sawah terasering yang sayang jika tidak diabadikan.

3. Pulau Bali

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahfreepik.com

Pulau Bali menyimpan berbagai destinasi wisata populer yang sulit untuk dilewatkan oleh wisatawan. Bali punya Pantai Kuta untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan matahari tenggelam yang apik.

Di sisi lain, ada Ubud yang menyediakan tempat wisata dengan suasana pedesaan yang kental. Ada juga berbagai wisata lain yang tidak kalah populer seperti Bedugul, Tanah Lot, Pura Agung Besakih, hingga Bali Safari & Marine Park.

4. Gunung Bromo - Jawa Timur

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/wonderfulbromoindonesia

Bukan cuma dikenal oleh wisatawan lokal, Gunung Bromo telah dikenal oleh banyak wisatawan asing. Padang pasir, savana, dan kawah gunung berapi merupakan ikon wisata di sini.

Bagi para pengunjung yang datang untuk mendaki, Gunung Bromo memiliki ratusan anak tangga yang akan membantu siapa saja untuk sampai ke puncak. Dekat dengan berbagai destinasi wisata lain, pengunjung juga dapat mengunjungi Gunung Semeru, Gunung Tengger dan Gunung Batok.

5. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/mariuskaening

Wilayah timur Indonesia memang dikenal karena keindahan alamnya yang menakjubkan. Kepulauan Raja Ampat sendiri terkenal karena keindahan bawah lautnya, cocok untuk kamu yang gemar diving dan snorkeling. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar, yakni Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, serta 1.847 pulau kecil lainnya, membuat wisatawan bebas memilih lokasi untuk berlibur.

6. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/bunaken.island

Taman Nasional Bunaken dapat dicapai menggunakan speedboat dari pelabuhan Manado. Taman Laut Bunaken merupakan rumah dari 390 jenis terumbu karang dan banyak biota laut yang membuat siapa saja terpukau.

Terdapat pula hutan mangrove yang menjadi rumah dari kepiting, lobster dan juga burung laut. Di Pulau Bunaken, terdapat pantai yang menjadi favorit pengunjung, yaitu Pantai Liang. Di Pantai Liang, masyarakat banyak menjual makanan, minuman, hingga penyewaan alat menyelam. 

7. Candi Borobudur, Jawa Tengah

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/olanations

Tertarik dengan wisata edukasi? Yap, kamu dapat mengunjungi Magelang untuk melihat kemegahan arsitektur Candi Borobudur. Terkenal hingga mancanegara, Candi Borobudur merupakan monumen Buddha terbesar di Indonesia yang telah dibangun sejak abad ke 8 masehi. Kemegahan candi ini sempat terkubur bertahun-tahun lamanya akibat erupsi gunung merapi, namun telah mengalami pemugaran dan kini dapat dikunjungi oleh wisatawan.

8. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/zaleventures

Terletak di ujung barat provinsi Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar yang dipisahkan oleh laut.

Di sini, komodo yang termasuk ke dalam spesies kadal terbesar di dunia, hidup dan berkembang biak. Selain menikmati panorama alamnya yang indah, dunia bawah laut di pulau ini juga tak kalah memukau. Wisatawan dapat menemukan banyak spesies karang, bunga karang, lumba-lumba, penyu hijau, hingga hiu dan paus.

9. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahinstagram.com/ode_hida

Mendapat julukan “Caribbean Van Celebes”, Wakatobi merupakan singkatan dari nama pulau di Sulawesi Tenggara, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Terkenal karena surga di dalam lautnya, Wakatobi menyimpan berbagai biota laut yang memukau. Wakatobi termasuk ke dalam jalur segitiga emas karang dunia bersama Thailand, Malaysia, Filipina, Timor Leste, Papua Nugini dan Kepulauan Solomon, menjadikannya banyak dikunjungi turis asing.

10. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahgoodnewsfromindonesia.id

Ingin menghabiskan waktu dengan wisata budaya? Kamu dapat mengunjungi Tana Toraja yang merupakan ikon budaya dan pariwisata di Sulawesi Selatan. Uniknya, di sini wisatawan dapat melihat mayat-mayat yang belum dikubur, karena keluarga harus melakukan prosesi adat bernama Rambu Solo.

Selain untuk ditinggali, deretan rumah adat di Tana Toraja juga digunakan untuk berkegiatan sosial dan melangsungkan upacara adat. Masyarakat di Tana Toraja banyak yang berprofesi sebagai penenun, sehingga wisatawan yang datang dapat membeli dan membawa kain sebagai oleh-oleh.

11. Pulau Derawan, Kalimantan Timur

11 Destinasi Wisata Dalam Negeri dengan Pemandangan Alam Paling Indahunsplash.com/BayuAnggoro

Disebut sebagai surga tropis Kalimantan Timur, Pulau Derawan masih jarang dijamah. Terdiri dari empat pulau, Pulau Sangalaki paling terkenal sebagai tempat untuk diving dan snorkeling. Sementara itu, di Pulau Kakaban, pengunjung dapat berenang bersama puluhan ubur-ubur tanpa perlu takut disengat. Dua pulau lainnya yaitu, Maratua dan Derawan juga tidak kalah menarik. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai permainan air seperti banana boat, perahu dan jetski.

Itulah beberapa destinasi wisata dalam negeri dengan pemandangan alam yang memukau. Tentunya keindahan ini perlu sama-sama kita rawat agar tetap terjaga keasriannya. Tertarik mengunjunginya, Bela?

Baca Juga: Nggak Cuma Pantai, ini 10 Wisata Air Terjun di Lombok

Baca Juga: Worth to Visit! 7 Wisata Alam Indonesia yang Mirip Grand Canyon

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata yang Berpotensi Ramai Saat Libur Lebaran 2022