Jumlah sampah plastik di Indonesia makin hari makin mengkhawatirkan. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), sampah plastik di laut Indonesia mencapai 6,8 juta ton per tahun. Duh, miris banget, ya?

Sebagai upaya untuk menguranginya, IKEA berkolaborasi dengan World Surf League (WSL) meluncurkan produk baru bernama KÅSEBERGA. Terinspirasi dari kehidupan peselancar, bahan produk ini menggunakan material terbarukan dan dapat didaur ulang. 

Hari ini kami memperkenalkan koleksi KÅSEBERGA yang seluruh produknya terbuat dari bahan-bahan didaur ulang dan diperbarukan. Kami percaya melalui produk ini, semakin banyak masyarakat yang terinspirasi untuk melawan polusi plastik dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih,” kata Country Marketing Manager IKEA Indonesia, Dyah Fitrisally.

Produk-produk KÅSEBERGA

Solusi Sampah Plastik, IKEA Rilis KÅSEBERGA yang Ramah LingkunganKÅSEBERGA Yoga Mat (dok. IKEA)

Pengguna KÅSEBERGA tak terbatas untuk kalangan peselancar saja. Masyarakat dari segala profesi juga dapat menggunakan produk ramah lingkungan fungsional dan stylish ini. Ada beberapa pilihan, mulai dari tas, matras yoga, meja, keranjang, gelas, handuk pantai, hingga wadah air minum. 

Setelah mencoba produk-produk KÅSEBERGA, menurut saya produk ini cocok untuk menunjang kegiatan sehari-hari active people. Seperti contohnya KÅSEBERGA backpack yang cocok untuk dipakai traveling karena bisa muat banyak barang,” ungkap Atlet Peselancar Internasional Indonesia, Dhea Natasya.

Gandeng organisasi Sungai Watch

Solusi Sampah Plastik, IKEA Rilis KÅSEBERGA yang Ramah Lingkungandok. IKEA

Selain itu, langkah nyata IKEA untuk menyelamatkan lingkungan dari bahaya sampah plastik adalah melakukan pembersihan sungai. Bersama organisasi Sungai Watch, kegiatan tersebut diadakan di sungai yang berada di kawasan Jimbaran, Bali.

Aktivitas river clean up yang kami lakukan hari ini adalah bentuk nyata dari langkah kecil kami untuk mendukung lingkungan yang berkelanjutan. Sampah plastik yang ada di sungai akan berdampak buruk pada laut, maka dari itu kami memilih untuk membersihkan sungai yang merupakan jalur utama sampah plastik sebelum menuju ke laut,” terang Sally.

Solusi Sampah Plastik, IKEA Rilis KÅSEBERGA yang Ramah LingkunganSebelum dan sesudah sungai dibersihkan (dok. IKEA)

Hal ini disambut baik oleh Dhea sebagai atlet selancar profesional. Menurutnya, tindakan ini akan membuat laut menjadi tempat yang lebih bersih, terutama untuk melakukan olahraga kesukaannya.

Saya senang dapat menjadi bagian dari aktivitas di mana saya bisa berbuat baik untuk bumi dan lingkungan secara langsung. Saya percaya aktivitas hari ini akan memberi pengaruh baik untuk masyarakat, khususnya teman-teman peselancar sehingga kami bisa melakukan aktivitas surfing dengan keadaan laut yang lebih bersih,” ujarnya.

Beli sambil donasi

Solusi Sampah Plastik, IKEA Rilis KÅSEBERGA yang Ramah LingkunganKÅSEBERGA Backpack (dok. IKEA)

IKEA menunjukkan keseriusan komitmennya untuk kebersihan lingkungan. Setiap pembelian produk KÅSEBERGA selama 13 Mei-13 Juni, pembeli akan terhitung berdonasi. Nantinya, hasil tersebut akan diserahkan kepada Sungai Watch untuk melakukan pembersihan sungai agar dapat menyelamatkan laut dari limbah plastik berbahaya yang berasal dari sungai. 

Saya juga ingin mengajak masyarakat untuk mendukung kebersihan laut Indonesia dengan berdonasi melalui pembelian produk KÅSEBERGA yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Saya yakin perubahan signifikan akan terjadi jika kita bersama-sama melakukan langkah kecil yang baik bagi lingkungan,” papar Sally.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Kado Akhir Tahun di Bawah Rp150 Ribu dari IKEA

Baca Juga: Jangan Dibuang! 8 Sampah Dapur Ini Bisa Jadi Penyubur Tanaman

Baca Juga: 8 Ide Kreatif Daur Ulang Barang Lama Jadi 'New Stuff' yang 'Cool'