Indonesia tengah mempersiapkan babak baru demi melawan virus corona. Setelah upaya PSBB dilakukan, kini Presiden Joko Widodo berencana memberlakukan new normal.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo tengah mempersiapkan skenario new normal atau normal baru di tempat umum. Guna menghadapi cara hidup baru ini, orang nomor satu di Indonesia ini pun menurunkan pasukan TNI-Polri untuk menjaga beberapa titik keramaian, agar masyarakat semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Ini Aturan Presiden Jokowi untuk Disiplinkan Warga Jelang New NormalYoutube.com/Sekretariat Presiden

Dengan memperketat penjagaan protokol kesehatan di tempat umum, Jokowi yakin hal itu dapat mengurangi risiko penularan COVID-19. Instruksi itu disampaikan Jokowi saat meninjau Stasiun Moda Raya Transportasi (MRT) Bundaran HI dalam rangka persiapan skenario new normal.

1. Polri dan TNI diterjunkan secara masif agar masyarakat bisa disiplin

Ini Aturan Presiden Jokowi untuk Disiplinkan Warga Jelang New NormalYoutube.com/Sekretariat Presiden

Jokowi berharap, dengan adanya penjagaan ketat dari pasukan TNI-Polri tersebut, masyarakat bisa semakin disiplin menerapkan protokol kesehatan. Dengan begitu, penyebaran virus corona bisa terus ditekan.

"Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat ini, menyadarkan masyarakat, mengingatkan masyarakat, kita harapkan kurva dari penyebaran COVID ini akan semakin menurun," ujar Jokowi yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/5).

2. Jokowi sebut R0 atau nomor reproduksi dasar virus corona di sejumlah provinsi sudah di bawah 1

Ini Aturan Presiden Jokowi untuk Disiplinkan Warga Jelang New NormalYoutube.com/Sekretariat Presiden

Mantan Wali Kota Solo itu menuturkan, skala R0 atau nomor reproduksi dasar virus corona di sejumlah provinsi sudah di bawah 1. Dia berharap, ke depannya R0 bisa terus menurun.

"Kita melihat R0 di beberapa provinsi sudah di bawah 1 dan kita harap semakin hari makin turun dengan digelarnya pasukan dari TNI dan Polri di lapangan secara masif," ucapnya.

3. Pasukan TNI-Polri akan disiplinkan masyarakat di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota

Ini Aturan Presiden Jokowi untuk Disiplinkan Warga Jelang New NormalYoutube.com/Sekretariat Presiden

Jokowi mengungkapkan, mulai hari ini, aparat keamanan akan ditugaskan untuk mendisiplinkan masyarakat di 4 provinsi dan 25 kabupaten/kota. Nantinya, pasukan TNI-Polri itu akan ditempatkan di titik-titik keramaian.

"Akan digelar di 4 provinsi dan 25 kabupaten kota mulai hari ini, sehingga kita harapkan kedisplinan yang kuat dari masyarakat akan semakin terjaga," kata Jokowi.

Bukan hanya TNI-Polri yang bisa menyukseskan skenario new normal ini Bela. Kita sebagai warga negara juga punya andil besar. Yuk mulai saat ini biasakan untuk selalu gunakan masker dan sarung tangan saat keluar rumah, rutin mencuci tangan, dan menjaga jarak dengan orang lain. Semoga saja virus ini dapat segera dikendalikan.

Disclaimer: artikel ini sudah pernah tayang di laman IDNTimes.com dengan judul "Jelang New Normal, Jokowi Terjunkan Polri-TNI untuk Disiplinkan Warga"

Baca Juga: Bahaya Gelombang Kedua COVID-19 Saat New Normal Berlaku, Ini Buktinya

Baca Juga: Berdamai dengan Corona, Inilah 6 Tips Menjalani New Normal

Baca Juga: Rutin Pakai Skincare Dapat Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Pandemi