Pertambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per hari Selasa kemarin (14/7), semakin membuktikan bahwa penyebaran virus corona di Indonesia belum ada tanda menunjukkan kurva menurun dengan cepat. Totalnya menjadi 78.572 setelah ada penambahan sebanyak 1.591 orang. Kemudian untuk pasien sembuh menjadi 37.636 setelah ada penambahan 947 orang dan kasus meninggal menjadi 3.710 dengan penambahan 54.

Waspadai Ruangan Berpendingin, COVID-19 Bisa Mengintaimucovid19.go.id

Kondisi pelonggaran PSBB hingga istilah new normal pun dipertanyakan. Baru akhir minggu lalu juga, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan bahwa istilah new normal tersebut adalah diksi yang salah, Bela. Duh.

Menurutnya, istilah yang pemerintah berikan, tidak mudah dipahami oleh masyarakat. Ia menilai, masyarakat fokus pada kata "normal"-nya. "Yang dikedepankan bukan new-nya, tapi normal-nya. Padahal, ini sudah kita perbaiki dengan adaptasi kebiasaan baru," ujarnya.

Waspadai Ruangan Berpendingin, COVID-19 Bisa Mengintaimuunsplash.com/AdrianPranata

Hal ini pula yang kembali diingatkan oleh Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro. Beberapa hari belakangan ini muncul kekhawatiran masyarakat terkait dengan penularan COVID-19 yang disebarkan melalui udara atau airborne

Meskipun penelitian mengenai konteks tersebut terus dikaji, setiap individu perlu tetap waspada dan siap siaga untuk mengantisipasi potensi penularan—khususnya terkait peredaran udara di ruang tertutup berpendingin atau air conditioner.

Waspadai Ruangan Berpendingin, COVID-19 Bisa Mengintaimucovid19.go.id

Ia pun berpesan untuk memperhatikan hal berikut ini, jika kamu terpaksa harus berkegiatan di dalam ruangan dengan penyejuk ruangan:

  • Ventilasi atau sirkulasi udara yang benar, berikut dengan sinar matahari yang cukup
  • Tetap jaga jarak dengan orang lain jika di dalam ruangan cukup ramai
  • “Segera mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer, bila terlanjur memegang permukaan benda tersebut. Jangan menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi. Ingat, mata pun memiliki saluran langsung menuju ke saluran pernapasan. Artinya, mata bisa menjadi jalur masuknya virus SARS CoV-2, penyebab COVID-19 ini,” jelasnya.
  • Bersihkan permukaan meja kerja atau benda-benda di sekitarmu dengan cairan desinfektan secara berkala.
  • “Pastikan tidak memegang bagian luar, pastikan hanya memegang tali saat mencopot masker. Tidak diturunkan ke dagu, apalagi jarang mengganti masker. Ingat, ganti masker setiap 4 jam sekali, atau apabila basah atau lembab. Ini penting sekali diperhatikan agar terhindar dari infeksi kuman yang menempel pada masker,” katanya lagi.

 

Ok, here we go again.

Baca Juga: Bukti Baru, WHO Akhirnya Akui Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Udara

Baca Juga: Kasus Positif COVID-19 Capai 2,657, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

Baca Juga: Bisa Timbul Kematian Massal, Ini Hubungan Herd Immunity dan COVID-19