Acara lari rutin tahunan dari Pertamina akhirnya siap digelar kembali, Bela. Bertajuk sebagai Pertamina Eco RunFest 2022 yang akan digelar di Istora Senayan, Jakarta pada 27 November 2022 tak hanya menyuguhkan ajang lari Eco-Run. 

Namun, juga menghadirkan Eco-Fest yang terdiri dari festival musik “Energizing Music Festival” dan bazar dalam negeri “Eco-Market”. Keseruan acara bazar, menghadirkan berbagai produk makanan maupun gaya hidup ramah lingkungan. 

Penasaran dengan informasi lengkapnya? Simak dalam artikel berikut, yuk, Bela! 

Tema menginspirasi generasi muda

Pertamina Eco RunFest 2022: Ajang Lari & Festival Ramah LingkunganDok. Pertamina Eco RunFest 2022

Eco-Run kali ini makin spesial, karena hadir dengan konsep baru yang lebih fresh dari ajang lari tahunan Pertamina yang sebelumnya. Kegiatan kali ini, mengusung tema "Energizing The Great Start" yang bertujuan untuk menyalakan energi positif dan menginspirasi semua generasi untuk memulai gaya hidup berkelanjutan (sustainable living).

"Mengapa sustainable living ini penting? Kita semua tahu bahwa kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang bahayanya semakin nyata di depan mata, seperti naiknya suhu bumi, kenaikan batas air laut dan juga terjadinya banjir dan badai," pungkas Brahmantya Satyamurti Poerwadi selaku Corporate Secretary Pertamina dalam Press Conference Pertamina Eco RunFest 2022 pada, Kamis (27/10/2022). 

Atas terselenggaranya kembali acara Eco-Run, cukup menarik banyak antusias para calon peserta, dan membuat jumlah tiket untuk peserta kegiatan Eco-Run sudah habis terjual. 

"Alhamdulillah, saat ini untuk tiket Eco-Run sudah habis terjual sebanyak 7500 tiket. Apresiasi yang sebesar-besarnya bagi para peserta yang sudah mendaftar. Sedangkan untuk Eco-Fest, saat ini tiket masih tersedia. Tiket masih dijual dengan harga presale namun jumlahnya juga sudah semakin menipis," katanya.

Kategori lari Pertamina Eco RunFest 2022

Pertamina Eco RunFest 2022: Ajang Lari & Festival Ramah LingkunganDok. Pertamina Eco RunFest 2022

Tahun ini pecinta lari bisa menikmati kembali serunya berlari bersama dalam berbagai kategori. Penasaran? Informasi kategori peserta lari secara lebih rinci sebagai berikut.  

  • 1,5K Family Run dapat diikuti oleh anak (usia 7 - 12 tahun) dan juga pendamping (lebih dari 17 tahun) 
  • 5K Fun Run dapat diikuti oleh semua usia, 10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun), 
  • Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun), 
  • Half Marathon 21K Race menjadi kategori baru dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

"Para peserta Eco-Run akan mendapatkan race pack Eco-Run berupa Jersey Exclusive, Tas Serut, dan BIB (nomor pelari) yang dapat diambil pada tanggal 24-26 November 2022. Selain itu, seluruh peserta juga berkesempatan untuk meraih doorprize dan mendapatkan Medali Exclusive pada hari pelaksanaan serta hadiah senilai ratusan juta rupiah untuk para pemenang lari di kategori 10K dan 21K,” jelas Satrio Guardian sebagai Race Director Pertamina Eco RunFest 2022.

Satrio menambahkan pada hari pelaksanaan Eco-Run, persiapan akan dilakukan semaksimal mungkin. “Tentunya titik pengamanan marshall akan ditempatkan di sepanjang rute, lengkap dengan titik Hydration Point per 2 KM, serta support ambulance yang dilengkapi dengan alat pacu jantung," ujarnya.

Gandeng musisi favorit Tanah Air

Pertamina Eco RunFest 2022: Ajang Lari & Festival Ramah LingkunganDok. Pertamina Eco RunFest 2022

Bagi kamu yang makin penasaran, Eco-Fest nantinya digelar pada hari yang sama dan terdiri dari Eco-Market serta Energizing Music Festival digelar mulai pukul 09.00 - 23.00 WIB. Di Eco-Market, pengunjung dapat menikmati pengalaman festival musik dan berburu beragam produk organik dan ramah lingkungan. 

"Di Eco-Market, Pertamina berkolaborasi dengan puluhan UMKM lokal dan ramah lingkungan, mulai dari produk kuliner, local brands dan UMKM binaan Pertamina. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati communal area dan beragam instalasi dan workshop menggunakan reusable material. Dalam kegiatan ini Pertamina juga menyiapkan waste management untuk keseluruhan sampah di Pertamina Eco RunFest 2022 ini yang akan diolah kembali (recycle),” tutur Ayu Fadhillah, selaku Program Director Pertamina Eco RunFest 2022.

Jika kamu memiliki kesempatan untuk datang di Pertamina Eco RunFest 2022, akan ada penampilan seru dari musisi Tanah Air yang tampil di panggung Energizing Musik Festival. Secara teknis, nantinya akan menyiapkan tiga panggung yang tersebar di area Istora Senayan. 

Kemeriahan panggung musik di Pertamina Eco RunFest 2022 akan menggandeng penyanyi lintas generasi seperti Cokelat, Gigi, Rossa, Rizky Febian, Marion Jola, JKT48, RAN, Maliq & D'essentials, Pusakata, Hivi!, The Changcuters, Oom Leo Berkaraoke x Ello x Cantika Abigail, Lalahuta x Jaz, Rendy Pandugo, Soegi Bornean, Dekat Band dan Riri Moeya. Keseruan Eco-Fest dapat kamu nikmati dengan membeli tiket masuk presale Eco-Fest Rp115.000, sedangkan harga tiket normal Rp165.000.

Komitmen mendukung program sustainability

Pertamina Eco RunFest 2022: Ajang Lari & Festival Ramah LingkunganDok. Website Pertamina Eco RunFest 2022

Pada rangkaian acara ini, secara antusiasme sampai diikuti oleh beberapa publik figur ternama, seperti Andien Aisyah dan Irfan Wahyudi yang menyampaikan dukungannya.

“Acara yang menarik di akhir pekan bersama keluarga dan orang terdekat. Konsep Eco-Friendly yang sangat diperhatikan di seluruh kemasan acara. Ada edukasi gaya hidup berkelanjutan (sustainable living) yang dikemas secara fun bagi berbagai generasi, lalu disediakan fasilitas water refill station untuk mengurangi sampah plastik dari air minum kemasan dan juga mendorong pengunjung membawa tumbler sendiri,” ujar Andien. 

Ia semakin kagum dengan acara yang digelar Pertamina, lantaran ada beberapa material yang digunakan sudah berupa eco-friendly dan reusable. Selaras dengan komitmen sustainability yang diusung pada gelaran ini, Pertamina juga memilki program TJSL yang disebut Desa Energi Berdikari memberikan akses Energi Baru Terbarukan (EBT).

Pertamina mendukung masyarakat di berbagai desa untuk memanfaatkan energi baru terbarukan secara mandiri, energi tersebut dapat berasal dari potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing desa. Di antaranya, energi matahari (solar), angin, mikro hidro, energi biogas hingga limbah sampah. Saat ini Pertamina sedang membina 25 (dua puluh lima) Desa Energi Berdikari di seluruh Indonesia, di antaranya di Desa Bondan, Cilacap; Desa Merbau, OKU dan Desa Keliki, Ubud.

“Melalui pemanfaatan energi yang terbarukan dan gaya hidup berkelanjutan, kita semua akan berkontribusi bagi upaya menyelamatkan bumi dan menjamin masa depan yang lebih baik,” simpul Brahmantya.

Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih jelas terkait Pertamina Eco RunFest 2022, dapat mengunjungi www.pertaminaecorunfest.com, atau media sosial Instagram resmi @pertamina.ecorunfest. 

Jadi, kamu bakal ikut jadi calon peserta di Pertamina Eco RunFest 2022, Bela? Tulis lewat kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Pocari Sweat Run 2022, Ajang Lari Maraton Hybrid Terbesar di Indonesia

Baca Juga: Berusia Setengah Abad Lebih, Deretan Artis Ini Hobi Berolahraga 

Baca Juga: Rekomendasi Sepatu Lari yang Nyaman dan Bisa Dipakai Sehari-hari