Sejak tahun 1950, Hari Film Nasional diperingati setiap tanggal 30 Maret. Hal ini untuk mengenang perilisan film Darah dan Doa atau juga disebut dengan Long March of Siliwangi, sebuah film nasionalis karya Usmar Ismail. Tidak hanya Hari Film Nasional ke-71, tahun ini juga sekaligus peringatan 100 tahun tokoh perfilman Indonesia, H. Usmar Ismail.

Hari Film Nasional selalu merupakan hari bersejarah yang diperingati oleh insan perfilman, juga seluruh masyarakat Indonesia, yang diharapkan dapat mendorong kecintaan dan lahirnya lebih banyak film-film nasional. Ini adalah hari untuk mengingat kembali dan merayakan kekuatan yang dimiliki film untuk menjangkau, menghubungkan, dan menginspirasi orang, lintas batas dan tak lekang oleh waktu.

Google hadirkan fitur yang mempermudah masyarakat menjadi film lokal favorit

Sambut Hari Film Nasional, Google Hadirkan Fitur Pencarian Film LokalDok. Google Indonesia

Hadirnya fitur seperti 'What to Watch' di Google Search, diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia menemukan informasi seputar film favorit. Selain itu, di fitur tersebut, kamu juga bisa menemukan rekomendasi di mana film tersebut dapat ditonton berdasarkan platform streaming langganan kamu.

Saat kamu menelusuri kata kunci seperti "film Indonesia" di Google Search atau Asisten Google, baik dari komputer atau perangkat seluler, kamu juga akan menemukan carousel "Pilihan untuk ditonton" atau "rekomendasi untuk Anda"; bahkan, ketika kamu mencari sesuatu dengan kata kunci yang lebih spesifik, seperti "film romantis Indonesia" atau "film action Indonesia".

Beri rating untuk film yang sudah kamu tonton

Sambut Hari Film Nasional, Google Hadirkan Fitur Pencarian Film LokalDok. Google Indonesia

Bukan hanya melihat rating, kamu juga bisa mulai memberi rating di setiap film tersebut untuk membantu meningkatkan rekomendasi tontonan kamu selanjutnya. Dari rating yang kamu submit, Google akan memperluas cakupan minat film dan acara televisi untuk membantu orang lain menemukan rekomendasi tayangan apa yang harus ditonton.

Wah, untuk kamu yang suka banget nonton, dua fitur ini wajib kamu coba. Terutama fitur rating. Beri rating film favorit kamu supaya semakin banyak yang terekomendasi untuk menyaksikan film kesayangan kamu.

Baca Juga: Sudah 95 Tahun, Ini 10 Film Indonesia Pertama dalam Sejarah

Baca Juga: Sejarah Film Horor Indonesia: Dari Hindia Belanda Hingga Masa Kini

Baca Juga: Begini Sejarah Panjang Perfilman Indonesia, Ada Rekomendasi Filmnya!