Padatnya jalanan Ibukota Jakarta ternyata nggak menyurutkan langkah saya dan tamu lainnya untuk datang ke Grand Ballroom Ritz Carlton, Jakarta Selatan. Hari itu (4/3), Samsung merilis seri ponsel terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy S20 Series.

Di tengah merebaknya kabar virus corona yang sudah ‘mampir’ ke Indonesia, Samsung tetap menyelenggarakan acara tersebut. Dengan proteksi keamanan yang cukup ketat, setiap tamu wajib diukur suhu tubuh dan menggunakan hand sanitizer sebelum masuk ke venue acara.

Setelah melewati proses tersebut, tepat pukul 12.00 siang, acara dimulai. Kwon Jae Hoon, Presiden Direktur Samsung Electronics Indonesia, membuka acara dan langsung memperkenalkan tiga seri ponsel terbaru milik Samsung, yakni Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20+, dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Ketiganya menjadi ponsel dengan teknologi paling baru yang sebelumnya tak pernah ada di ponsel di kelasnya.

Tak hanya melihat dan menjelaskan pemaparan dari Samsung, saya pun turut serta mencoba ponsel tersebut. Bagaimana spesifikasi, kelebihan serta harga dari ponsel tersebut? Simak ulasannya berikut ini ya.

Teknologi Kamera Mutakhir yang Mampu Mengabadikan Gambar Secara Keseluruhan

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Teknologi Space Zoom pada Galaxy S20 menggunakan kombinasi antara Hybrid Optical Zoom dan Super Resolution Zoom dengan dukungan AI-powered Digital Zoom, untuk memastikan pengguna dapat mengambil gambar dari kejauhan dengan kualitas yang terbaik. Teknologi Hybrid Optical Zoom pada Galaxy S20 menggabungkan sensor gambar beresolusi tinggi yang canggih dengan lensa terbaru, yang dirancang untuk memberikan nilai tambah kepada pengguna dibandingkan dengan teknologi Optical Zoom yang sebelumnya.

Berkat teknologi terbaru ini, Galaxy S20 dan S20+ dapat melakukan 3x Hybrid Optical Zoom, sedangkan Galaxy S20 Ultra dapat melakukan lebih jauh lagi, yaitu 10x Hybrid Optical Zoom. Dengan Digital Zoom yang ditenagai AI, pengguna dapat melihat lebih jauh hingga 30x dengan S20 dan S20+, serta 100x dengan S20 Ultra. Tidak perlu khawatir memilih satu objek untuk bercerita lebih, karena foto yang diambil menggunakan Galaxy S20 series memiliki banyak resolusi untuk cropping dan tetap menghasilkan foto yang berkualitas tinggi.

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Teknologi Nona-Binning menggabungkan sembilan piksel menjadi satu, sehingga sensor 108MP dapat menghasilkan foto 12MP. Ukuran piksel yang lebih besar dari teknologi Nona-Binning dapat mengambil lebih banyak cahaya hingga 9x untuk meningkatkan kejernihan foto, sekalipun dalam kondisi cahaya yang minim.

Galaxy S20 dan Galaxy S20+ dibenamkan kamera beresolusi 64MP, sedangkan Galaxy S20 Ultra dibenamkan kamera 108MP, yang mampu merekam video hingga kualitas 8K hingga 30fps. Terlebih lagi, Galaxy S20 series juga memiliki performa unggulan dengan dukungan RAM LPDDR5 hingga 12GB.

Dengan kamera ini, kita bisa mengambil foto maupun video dengan kualitas terbaik. Super steady-nya memungkinkan goyangan pada video meskipun kita mengambilnya tanpa menggunakan tripod. Mau mencobanya, Bela?

Procesor Hebat yang Mendukung Semua Hobimu

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Ditenagai oleh AI, sistem arsitektur kamera seri Galaxy S20 merupakan gabungan antara software yang inovatif dan hardware yang terbaik di industri. Samsung menyematkan prosesor terbarunya, yaitu Exynos 990, yang menjadi nyawa bagi seri premium Galaxy S20 untuk dapat menghadirkan performa flagship yang tak tertandingi.

Dengan dukungan RAM LPDDR5 hingga 12GB yang memiliki kecepatan transmisi data 5.500Mbps, seri Galaxy S20 menghadirkan performa 28,9% lebih cepat dibandingkan pendahulunya. Samsung juga mengombinasikan dapur pacu tersebut dengan One UI yang paling intuitif, simpel, dan bersih untuk menghadirkan performa mengoperasikan smartphone yang paling lancar dan mulus.

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Mengusung layar Infinity-O Display (3200X1440) berteknologi Quad HD+ Dynamic AMOLED 2X, seri Galaxy S20 menawarkan pengalaman menyaksikan konten video dan foto dengan tingkat kejernihan yang tinggi untuk menghasilkan warna yang sebenarnya. Dengan baterai berkapasitas besar, 4.000mAh pada Galaxy S20, 4.500mAh pada Galaxy S20+, dan 5.000mAh pada Galaxy S20 Ultra, pengguna dapat menikmati beragam teknologi dan inovasi yang ditawarkan lebih lama lagi.

Samsung Galaxy Z Flip, Ponsel Lipat Praktis nan Stylish

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Samsung telah memimpin pasar folded phone sejak tahun lalu. Di tanggal yang sama (4/3), Samsung juga meresmikan Galaxy Z Flip. Samsung mengoptimasi Foldable UX pada Galaxy Z Flip menjadi semakin mudah untuk penggunanya. Menampilkan layar lipat yang mengubah bentuk layar 6,7 inci menjadi bentuk yang ringkas nan stylish.

Berkat inovasi Flex Mode, Galaxy Z Flip dapat ditekuk, lalu merekam gambar tanpa tripod atau chatting melalui Google Duo, cukup diletakan di mana saja. Foldable UX membagi dua layar untuk membuka dua aplikasi yang berbeda. Pengguna Galaxy Z Flip dengan nyaman dapat memilih aplikasi favorit hanya dengan menggeser dari kiri ke kanan layar, lalu memasukan ke dalam Multi-window tray. Dalam keadaan tertutup, pengguna pun dapat berpose selfie dengan menekan tombol volume. Galaxy Z Flip menghadirkan berbagai pengalaman baru dengan desain ringkas dan elegan.

Harga Samsung Galaxy Seri Terbaru

Rilis Seri Baru, Samsung Siap Jadi Pelopor Smartphone Masa DepanDok. Samsung

Untuk semua series terbaru, Samsung menetapkan harga resmi, yakni Galaxy S20 Rp 12.999.000, Galaxy S20+ Rp 14.499.000, Galaxy S20 Ultra Rp 18.499.000 dan Galaxy Z Flip sebesar Rp 21.888.000. Semua produk seri terbaru Samsung Galaxy ini bisa didapatkan mulai tanggal 6 Maret 2020.

Tertarik untuk memilikinya, Bela?

Baca Juga: Boros! Tanpa Kamu Sadari, 7 Aplikasi Ini Menguras Baterai Ponselmu