Setelah melalui proses sidang penetapan (isbat), pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah pada tanggal 24 April 2020. Penetapan tersebut dilakukan berdasarkan pemantauan Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama/Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada Kamis (23/4) yang telah melakukan rukyatul-hilal bil fi'il atau pengamatan di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan telah berhasil melihat hilal.

"Menetapkan awal 1 Ramadan 1441 Hijriah jatuh pada esok hari, bertepatan hari Jumat tanggal 24 April 2020," kata Menteri Agama Fachrul Razi di Gedung Kementerian Agama, Jl. MH. Thamrin No. 6, Jakarta, Kamis (23/4), seperti dikutip dari IDNTimes.com.

Sidang isbat tersebut dihadiri oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Abdullah Zaidi, Ketua Komisi VIII Yandri Susanto, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Resmi! Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 1441 Hijriah BesokDok. IDNTimes.com

Melalui pengumuman itu pula, pemerintah mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk melaksanakan secara khusyuk ibadah Ramadan di rumah, mengingat kondisi saat ini yang tidak memungkinkan untuk melakukan acara yang melibatkan kerumunan orang.

Mulai dari salah wajib, salat tarawih, hingga tadarus sebisa mungkin dilakukan bersama keluarga inti di rumah. Kegiatan tablig dan buka puasa bersama juga dilarang.

Selamat berpuasa kepada semua pembaca Popbela yang melaksanakan ibadah puasa. Semoga kita bisa melaluinya dengan baik dan wabah ini bisa segera berlalu.

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Tarawih Sendiri Saat #DiRumahAja

Baca Juga: Keutamaan, Hukum dan Jumlah Rakaat Salat Tarawih

Baca Juga: Bacaan Doa Salat Tarawih