Belajar dan bekerja dari rumah masih terus dilakukan entah sampai kapan, selama masa pandemi ini terus terjadi. Dengan kecanggihan teknologi seperti saat ini, kita bisa, kok, memanfaatkannya untuk menjelajahi dan lebih memahami dunia. 

Google, sebagai mesin pencari terbesar di jagat dunia maya, selalu diandalkan untuk menjawab berbagai pertanyaan. Mulai dari siswa yang sedang mempelajari fotosintesis hingga orang tua yang sedang mencari mobil baru untuk keluarga. 

Lewat Google Lens dan Augmented Reality (AR) bisa membantumu menjelajahi dunia lebih jauh. Bagaimana caranya? Simak berikut ini, ya!

1. Google Lens, membantu memahami hal yang kita lihat

Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual Dok. Google Indonesia

Google Lens saat ini dapat mengenali 15 miliar objek—bertambah pesat dari 1 miliar dari dua tahun lalu—untuk membantu kamu mengenali tanaman, binatang, tempat dan bangunan, dan objek lainnya. Jadi, kalau kamu baru saja menemukan suatu objek yang ingin kamu cari tahu lebih lanjut informasinya, tinggal langsung foto, unggah, dan klik! Voilà! Semua informasi langsung tersaji di ponselmu.

2. Membantumu belajar bahasa baru

Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual Dok. Google Indonesia

Jika kamu sedang belajar bahasa baru, Google Lens juga bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa, seperti Spanyol dan Arab, secara real-time maupun dari gambar atau screenshot yang kamu unggah. Nggak hanya mengartikannya, kamu juga bisa mendengar cara pengucapan kata tersebut.

3. Berbelanja dengan Google Lens

Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual Dok. Google Indonesia

Nggak hanya mencari informasi, menggunakan Google Lens, kamu juga dapat berbelanja langsung, lho! Caranya adalah dengan menyentuh lama sebuah gambar pakaian di aplikasi Google atau Chrome di Android, Google Lens akan menampilkan pakaian yang sama persis atau mirip, dan menyarankan berbagai gaya untuk memakainya. 

Google Lens menggunakan teknologi Style Engine yang memadukan database produk terbesar di dunia dengan jutaan gambar gaya pakaian. Kemudian, pengenalan pola digunakan untuk memahami konsep-konsep seperti “lengan lonceng” atau “jins vintage” dan bagaimana jenis pakaian itu jika dipadukan dengan item lainnya.

4. Belajar dengan melihat

Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual Dok. Google Indonesia

Terkadang, kita lebih bisa memahami sesuatu dengan melihat. Misalnya, visualisasi cara kerja sel tanaman atau elemen-elemen dalam tabel periodik dalam 3D akan lebih membantu daripada teks dalam buku. Dengan AR, kamu dapat belajar dengan “melihat langsung” dari rumah, memungkinkanmu mengeksplorasi konsep dari jarak dekat di tengah keluarga. Belajar jadi lebih seru!

5. Membantumu memahami konsep matematika dengan lebih menyenangkan

Maksimalkan Ponselmu, Ini 5 Cara Jelajahi Dunia Secara Virtual Dok. Google Indonesia

Jika adik kamu yang sedang sekolah online memiliki pertanyaan tentang hal-hal yang tidak lagi kamu ingat, misalnya persamaan kuadrat, kamu bisa bertanya dan memahami konsep dasarnya melalui Google. 

Caranya, melalui kotak penelusuran di aplikasi Google pada Android maupun iOS, kamu dapat menggunakan Google Lens untuk membantu mengerjakan PR mereka. Cukup dengan memotret dan mengunggahnya, kamu bisa memahami kembali berbagai konsep dasar untuk memecahkan soal matematika, kimia, biologi, hingga fisika.

Bagaimana Bela, ternyata belajar di rumah dibantu dengan teknlogi Google Lens dan Augmented Reality dari Google benar-benar menyenangkan, ya! Kamu lagi belajar apa, nih, hari ini?

Baca Juga: 3 Cara Mudah Mengakses Google Classroom Tanpa Internet

Baca Juga: Masuk Google Doodle, Ini 5 Fakta Unik Subak Budaya Pertanian Bali

Baca Juga: Ulang Tahun Ke-15, Ini 15 Momen Tak Terlupakan Google Maps