Jika melihat daftar jadwal tayang film yang rilis di Netflix awal Januari 2022 ini, Penyalin Cahaya menempati urutan paling atas. Sebab, film besutan sutradara Wregas Bhanuteja ini menjadi film paling ditunggu. Bagaimana tidak, dari 22 kategori nominasi, Penyalin Cahaya berhasil membawa pulang 12 piala Festival Film Indonesia 2021 yang otomatis membuatnya menjadi film terbaik tahun 2021.

Namun, gegap gempita suasana menunggu film tersebut seolah sirna karena kasus pelecehan seksual yang menimpa salah satu kru mereka. Menanggapi hal ini, pihak rumah produksi sudah mengambil sikap dan menghapus nama terlapor pelaku pelecehan seksual dari daftar kredit film. 

Pernyataan sikap dari sutradara dan kru film Penyalin Cahaya

Sejak ramai di media sosial Twitter, pihak rumah produksi Penyalin Cahaya, Rekata Studio, Kaninga Pictures dan sutradara Wregas menentukan sikap untuk memberikan ruang aman yang bebas dari pelecehan seksual dan berpihak pada penyintas. 

Mereka mengakui bahwa salah satu kru yang bertugas di balik terciptanya Penyalin Cahaya, tercatat sebagai terlapor atas dugaan kasus pelecehan seksual di masa lalunya. Sebagai bentuk tanggung jawab dan etika atas komitmen dari sikap yang telah ditentukan, pihak kru Penyalin Cahaya menghormati pelaporan ini dan proses yang terjadi selanjutnya.

Siapa terlapor yang diduga melakukan pelecehan seksual?

Dalam pernyataannya, Tim Penyalin Cahaya sama sekali tidak menyebutkan siapa terlapor yang dimaksud. Namun, warganet yang geram dengan kasus ini langsung menyebutkan secara gamblang siapa terlapor tersebut.

Dari informasi yang dihimpun, terduga terlapor pelaku pelecehan seksual adalah Henricus Pria, co-writer dari Penyalin Cahaya

Nama terduga terlapor sudah dihapus dari daftar kredit Penyalin Cahaya

Sesuai dengan komitmennya untuk mendukung proses yang berjalan, kru Penyalin Cahaya kemudian menghapus nama terlapor pelaku pelecehan seksual dari daftar kredit film. Jika dilihat di situs resminya, nama terlapor sudah dihapus dan selanjutnya tidak akan lagi dicantumkan di materi publikasi film.

Mendukung penyintas pelecehan seksual

Kru 'Penyalin Cahaya' Diduga Pelaku Pelecehan Seksual, Ini FaktanyaIMDB.com

Tim Penyalin Cahaya mendukung semua langkah dilakukan oleh penyintas pelecehan seksual. Termasuk, mengawal proses penyelesaian agar dapat mengakomodir kepentingan penyintas ke depannya.

Apakah tetap tayang di Netflix?

Kru 'Penyalin Cahaya' Diduga Pelaku Pelecehan Seksual, Ini FaktanyaDok. Netflix

Sejak kasus kontroversi ini mencuat ke publik, hingga saat ini, belum ada konfirmasi apapun dari Netflix, platform yang akan menayangkan Penyalin Cahaya, apakah jadwal tayangnya akan mundur atau tidak. Jika tidak mundur, Penyalin Cahaya akan tayang di Netlfix pada 13 Januari 2022 mendatang.

Semoga saja kasus ini dapat segera diselesaikan dan penyintas bisa mendapatkan keadilan, ya, Bela.

Baca Juga: Daftar Lengkap Peraih Piala Citra 2021, 'Penyalin Cahaya' Mendominasi

Baca Juga: ‘Dear Nathan Thank You Salma’, Kritik Sosial untuk Kasus Pelecehan

Baca Juga: Kasus Pelecehan Seksual Menyeret Aktor Sex and the City, Chris Noth