Salah satu unggahan warganet di media sosial kemarin, Senin (8/3), menjadi sangat viral dan membuat warganet marah. Unggahan tersebut menampilkan seekor kuda nil yang sengaja diberi makan sampah plastik oleh salah satu pengunjung Taman Safari, Bogor. Mengetahui hal ini, warganet beramai-ramai mencari siapa pelaku tersebut karena nomor polisi sang wisatawan terekspos dengan jelas.

Bagaimana kronologi kejadian ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Berawal dari unggahan seorang warganet yang memperlihatkan wisatawan Taman Safari melempar sampah plastik

Kejadian ini bermula pada tanggal 7 Maret 2021 lalu. Melalui video amatir yang diunggah di akun Instagram @cyntiactcete, mobil di depannya yang berplat nomor D 1581 VN, terlihat mengayun-ayunkan plastik ke arah kudanil yang sedang bersantai di kubangan air. Saat kudanil membuka mulutnya, wisatawan tersebut melempar plastik tersebut ke mulut kudanil dan meninggalkannya begitu saja.

Padahal, Cyntia sudah memberikan peringatan kepada rombongan wisatawan tersebut dengan cara membunyikan klakson. Namun, peringatan Cyntia tidak digubris. Cyntia pun berinisiatif melaporkan kejadian ini ke pihak Taman Safari dan mengunggah video rekamannya ke media sosial agar menimbulkan efek jera.

Pelaku sudah ditemukan dan membenarkan kejadian tersebut

Tak perlu waktu lama, pada Senin (8/3) malam, akun Instagram @_manusiamu atau Billy Jo berhasil menemukan pemilik mobil yang ada dalam tersebut. Dalam pengakuannya kepada Billy Jo, pemilik mobil mengatakan bahwa saat itu mobilnya sedang dipinjam oleh salah satu saudaranya untuk berkunjung ke Taman Safari. 

Sang pemilik mobil sudah menghubungi saudaranya tersebut dan mengakui bahwa salah seorang dari rombongan di dalam mobil itu melempar sampah plastik ke arah kuda nil.

Pelaku meminta maaf dan berjanji akan menghubungi pihak Taman Safari Indonesia

Terkait kejadian ini, pelaku ditemani dengan salah seorang anggota keluarganya yang lain berjanji akan mendatangi Taman Safari Indonesia untuk mengklarifikasi sekaligus menyampaikan permohonan maaf.

Sebelum itu, sembari menggunakan masker, pelaku membuat video permintaan maaf atas kejadian yang mereka lakukan dan menjadi viral di media sosial.

Kuda nil telah memuntahkan sampah plastik yang dilemparkan kepadanya

Sementara itu, terkait kondisi kudanil, melalui akun Doni Herdaru Tona (Founder Animal Defender), pihak Taman Safari telah memberikan pernyataan bahwa benar kuda nil yang dimaksud hampir menelan sampah plastik. Namun, hewan tersebut telah memuntahkan sampah plastik yang dilemparkan kepadanya.

Menurut pihak Taman Safari, pihaknya sempat mengejar pelaku sampai ke area harimau. Sayangnya, tidak terkejar.

Melihat pernyataan dan klarifikasi dari kedua belah pihak, semoga saja masalah ini dapat diselesaikan dan menimbulkan efek jera. Kita juga berharap, tak ada lagi orang yang memperlakukan hewan secara semena-mena.

Baca Juga: 14 Foto Hewan di Transportasi Umum yang Bikin Perjalanan Seru!

Baca Juga: 10 Hewan Raksasa Ini Bikin Pengidap Megalophobia Merinding

Baca Juga: Hampir Mustahil Ditemukan, Ini 11 Hewan Paling Langka di Dunia