Belakangan kita tentu sering mendengar kasus pelecehan seksual. Kasus tersebut terungkap bukan hanya karena dari keberanian korban yang mau mengungkap kejadian yang mereka alami. Tapi, juga karena dukungan orang di sekitarnya.

Kasus pelecehan seksual bukan hanya marak terjadi di Indonesia. Selebriti Hollywood pun tersandung masalah yang sama. Kali ini, kasus ini menyeret nama Chris Noth sebagai pelaku pelecehan seksual.

Ada dua korban yang melaporkan apa yang dilakukan Chris. Meskipun masalah ini sudah banyak diberitakan di media massa, namun Chris masih mengelak dan membantah tuduhan tersebut.

Seperti apa kasus ini? Simak selengkapnya berikut.

Dua sosok perempuan muncul dan mengaku mendapatkan pelecehan seksual dari Chris

Kasus Pelecehan Seksual Menyeret Aktor Sex and the City, Chris NothBloomberg.com

Melansir dari The Hollywood Reporter, ada dua perempuan yang mengirimkan pesan kepada mereka yang berisikan pengakuannya mendapatkan pelecehan seksual dari Chris.

Zoe (nama samaran) yang berusia 40 tahun mengatakan pernah mendapatkan pelecehan seksual dari Chris saat usianya 22 tahun, atau di tahun 2004. Pada tahun tersebut, Zoe bekerja di sebuah perusahaan dengan Chris sebagai salah satu kliennya. 

Saat pertama kali bertemu, menurut pengakuan Zoe, Chris sudah menggodanya. Bahkan, secara terang-terangan, melalui atasannya, Chris meminta nomor Zoe. Tidak curiga, Zoe memberikannya dengan anggapan hal ini sebagai salah satu bentuk pekerjaannya karena Chris merupakan klien perusahaannya, sehingga ia harus memberikan pelayanan terbaik.

Sampai suatu hari, Chris meminta Zoe datang ke salah satu apartemennya di West Hollywood untuk menemaninya berenang. Zoe pun datang bersama salah seorang teman kampusnya yang juga tinggal di apartemen yang sama dengan Chris. Di sanalah, Zoe mendapatkan pelecehan seksual yang membuatnya trauma hingga saat ini.

Kasus Pelecehan Seksual Menyeret Aktor Sex and the City, Chris NothMarca.com

Selang beberapa minggu sejak pengakuan Zoe, seorang perempuan bernama Lily (nama samaran) juga mengirimkan pesan serupa. Lily yang saat ini bekerja sebagai seorang jurnalis, mengaku telah mendapat pelecehan seksual dari Chris di usia 25 tahun atau di tahun 2015.

Saat itu, Lily bekerja sebagai seorang pelayan VIP di sebuah kelab malam di New York. Lily yang merupakan penggemar dari Chris sangat senang bisa bertemu dengan idolanya itu dan dengan senang hati bertukar nomor telepon. 

Mengetahui bahwa Chris sudah menikah dan memiliki seorang anak saat itu, membuat Lily enggan menghubunginya meskipun sudah menyimpan nomornya. Sampai akhirnya, Chris menghubungi Lily terlebih dulu dan mengajaknya makan malam.

Mereka pun bertemu dan makan malam mereka berakhir di Greenwich Village, New York salah satu apartemen Chris yang sudah dimilikinya sejak tahun 1994. Menurut pengakuan Lily, Chris terus mencoba untuk berhubungan badan. Meski ia menolak, akhirnya Lily pasrah dengan apa yang dilakukan Chris karena ia tak berani melawan.

Baik Zoe dan Lily sudah melayangkan tuduhan ini ke pihak berwajib setempat pada 16 Desember 2021 lalu. Bak efek domino, satu hari setelah melaporkan kasus ini, muncul tiga perempuan lainnya yang mengaku juga telah dilecehkan oleh Chris. 

Chris membantah semua tuduhan tersebut

Kasus Pelecehan Seksual Menyeret Aktor Sex and the City, Chris NothCnbc.com

Menanggapi pengakuan dari dua perempuan itu, melansir The Hollywood Repoter, Chris membantah semua tuduhan itu. Ia mengatakan hal tersebut tidaklah benar.

"Tuduhan terhadap saya yang dibuat oleh perempuan yang saya temui bertahun-tahun, bahkan beberapa dekade yang lalu adalah salah. Pertemuan itu konsensual. Saya tidak tahu pasti mengapa mereka muncul ke publik sekarang, tetapi tegaskan: saya tidak melakukan pelecehan terhadap mereka," bantah Chris.

Chris tak lagi bintangi The Equalizer

Kasus Pelecehan Seksual Menyeret Aktor Sex and the City, Chris NothCNN.com

Karena skandal ini, Chris dikabarkan tak lagi membintangi The Equalizer. Padahal, serial yang diangkat dari versi film berjudul sama itu sedang dalam tahap proses syuting untuk musim kedua mereka. Dalam serial tersebut, Chris berperan sebagai William Bishop.

Bukan hanya dari The Equalizer, agensi yang menaunginya, A3 Artists Agency, langsung mengeluarkan Chris dari manajemen mereka karena masalah ini.

Para korban mendapatkan dukungan dari pemeran Sex and the City

Kasus ini kemudian menjadi perbincangan, khususnya di kalangan para pemeran Sex and the City. Sarah Jessica Parker, Kristin Davis dan Cynthia Nixon menanggapi kasus ini dan memberikan dukungan untuk para korban.

"Kami sangat sedih mendengar tuduhan terhadap Chris Noth. Kami mendukung para perempuan yang telah maju dan berbagi pengalaman menyakitkan mereka. Kami tahu itu pasti hal yang sangat sulit untuk dilakukan dan kami memuji mereka untuk itu," tulis mereka.

Semoga saja masalah ini dapat diusut tuntas dan para korban mendapatkan keadilan, ya!

Baca Juga: Resolusi 2022: Zero Tolerance bagi Pelecehan Seksual di Ruang Publik

Baca Juga: Lakukan Pelecehan Seksual & Prostitusi, R. Kelly Divonis Bersalah

Baca Juga: Perbandingan Gaya Dulu dan Kini Para Pemain Sex and The City